Ragam Manfaat Klorofil yang Sayang Jika Terlewatkan

Mendengar kata klorofil atau zat hijau daun mungkin membawa pikiran Anda pada pelajaran sains. Seperti yang diketahui, klorofil memiliki peran utama membantu tumbuhan melakukan proses fotosintesis. Namun siapa sangka, ternyata klorofil juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, lho.


Menurut ahli kesehatan, James Duigan, klorofil memiliki struktur menyerupai molekul yang mirip dengan hemoglobin, zat yang membuat darah merah dan berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Pada umumnya, klorofil bisa dikonsumsi langsung dengan olahan maupun berbentuk suplemen. Sebagian orang juga mengonsumsi suplemen klorofil sebagai alternatif untuk Anda yang tak suka makan sayuran. Ya, klorofil mengandung kebaikan vitamin, antioksidan, serta beberapa komponen yang dapat melawan penyakit.

Berikut ini manfaat klorofil yang sayang jika dilewatkan seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Bermanfaat Melawan Penyakit

Klorofil mempunyai beberapa sifat yang cukup kuat seperti antikanker. Menurut ahli kesehatan Dr Josh Axe, D.N.M., C.N.S, D.C, zat pekat ini terkenal akan kekuatannya memblokir karsinogen dalam tubuh. Ditambah, antioksidannya mampu memperbaiki kerusakan radikal bebas, yang mengakibatkan hipertensi sampai Alzheimer.

2. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Klorofil dipercaya dapat membantu menambah jumlah sel darah merah di tubuh. Tak hanya itu, komponen ini rupanya juga dapat meningkatkan kualitas sel darah merah yang diproduksi. Klorofil juga memiliki struktur yang mirip dengan hemoglobin, salah satu komponen utama penyusun sel darah merah. Hal ini membuatnya dinilai efektif untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kekurangan hemoglobin, seperti anemia.

3. Memaksimalkan Fungsi Hati

Organ hati berperan dalam produksi cairan empedu yang bertugas membantu dalam proses pencernaan makanan. Zat hijau ini dapat meningkatkan fungsi hati, sehingga bisa lebih efektif dalam membuang racun dan zat-zat lain yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Klorofil dapat membuat lingkungan sekitarnya menjadi basa. Selain itu, zat hijau pada daun ini juga disebut memiliki komponen yang membuatnya bersifat anti mikroba dan mengandung senyawa flavonoid alami, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Sebuah uji coba berskala kecil yang dilakukan pada 20 orang yang memiliki berat badan berlebih, konsumsi klorofil yang dilakukan bersamaan dengan konsumsi karbohidrat tinggi, bisa membuat para responden kenyang lebih cepat. Sehingga, asupan karbohidrat yang masuk ke tubuh pun bisa berkurang. Seiring berjalannya waktu, hal ini akan membuat berat badan turun secara perlahan.

6. Mengatasi Jerawat

Kandungan antioksidan alami, efek anti radang dan anti bakteri dalam klorofil telah teruji secara klinis memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit. Klorofil dinilai efektif dalam mengurangi peradangan akibat pertumbuhan bakteri yang merupakan faktor penyebab jerawat paling umum.

7. Deodoran Alami

Klorofil telah digunakan sejak 1940-an untuk menetralkan bau tertentu. Sebuah studi menemukan bahwa zat hijau ini secara signifikan menurunkan jumlah trimetilamina, suatu kondisi yang menyebabkan bau amis. Hingga saat ini masih banyak juga produk seperti deodoran dan obat kumur yang mengandung komponen ini. Beberapa orang juga mengonsumsi suplemen klorofil untuk mengurangi bau badan.


Untuk mendapatkan khasiat klorofil yang mudah, praktis dan aman, Anda bisa mendapatkannya pada K-Liquid Chlorophyll. Minuman kesehatan ini mengandung kebaikan klorofil (sari zat hijau daun) dari daun Alfalfa (Medicago Sativa). Tanaman yang dikenal dengan nama “bapak segala tanaman” ini mengandung 4x lipat jumlah klorofil lebih banyak dibandingkan semua jenis sayuran. Kandungan 60 jenis nutrisi di dalamnya siap membantu menjaga dan memelihara kesehatan tubuh, temukan juga manfaat lainnya di bawah ini:

  • Menyeimbangkan sistem hormonal dan asam basa tubuh
  • Meningkatkan jumlah kadar oksigen sehingga menjadikan tubuh lebih berenergi dan berstamina
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menghambat pertumbuhan bakteri
  • Menyegarkan mulut, tenggorokan dan mencegah bau badan
  • Membantu masalah pencernaan
  • Menguatkan fungsi paru-paru, meringankan asma dan bronkitis
  • Berperan sebagai anti kanker
  • Meningkatkan fungsi ginjal

Yuk, optimalkan kesehatan tubuh dengan nutrisi yang tepat. Kebaikan dan manfaat K-Liquid Chlorophyll sayang banget jika terlewatkan! (Jody/Rahma)