Nyeri Leher Akibat Salah Bantal? Begini Cara Mengatasinya!

Pernahkah Anda merasakan nyeri leher saat terbangun di pagi hari? Kondisi tersebut dijelaskan sebagai tortikolis atau yang biasa disebut “salah bantal”. Mengalami leher nyeri akibat salah bantal akan membuat Anda merasa tak nyaman sepanjang hari. Leher akan terasa kaku saat digerakkan, kemudian rasa nyeri semakin menjadi-jadi ketika Anda mencoba menoleh ke kanan maupun ke kiri.

Meski dikenal dengan istilah salah bantal, nyatanya kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Umumnya, salah bantal terjadi karena leher kita tidak menempati posisi yang benar saat tidur, alhasil leher menjadi kram karena adanya gangguan pada kontraksi otot. Namun, hal lain yang bisa terjadi pada kondisi ini disebabkan pula oleh cedera karena berolahraga dan jarang melakukan peregangan leher.

Jika Anda mengalami nyeri leher karena salah bantal, segera lakukan penanganan yang tepat agar leher kembali membaik. 5 hal ini bisa Anda coba untuk mengatasi nyeri leher akibat salah bantal:

  • Lakukan Peregangan Otot


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Cara paling umum untuk dilakukan dalam mengatasi nyeri leher adalah dengan melakukan peregangan otot. Lakukanlah peregangan dengan memutar kepala ke arah berlawanan agar otot-otot yang memendek dapat kembali pada posisi memanjang saat relaksasi. Kombinasikan pula dengan gerakan mendongak dan menunduk untuk memastikan seluruh otot bagian leher menjadi rileks. Hindari melakukan peregangan terlalu keras karena dapat memicu terjadinya kerusakan otot.

  • Mengoleskan Balsam


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Jika mengalami kram atau nyeri otot, mengoleskan balsam sering kali menjadi pilihan. Balsam melepaskan energi panas yang mampu menembus kulit hingga mengurangi rasa sakit. Hal itu dikarenakan balsam memiliki kandungan analgesik yang berfungsi meredakan rasa sakit. Sensasi panas yang dikeluarkan balsam juga dapat melancarkan peredaran darah, itu mengapa otot akan menjadi lebih lemas setelah diolesi balsam.

  • Hidroterapi


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Anda dapat melakukan hidroterapi dengan mudah di rumah. Berdirilah di depan shower kamar mandi Anda, kemudian atur suhu airnya menjadi sedikit panas. Arahkan air tersebut ke bagian belakang leher Anda dan tunggu selama beberapa menit hingga leher Anda terasa panas. Rasa panas tersebut akan menimbulkan efek relaksasi dan pemijatan. Setelah itu, kembalikan air pada suhu normal dan arahkan ke bagian belakang leher agar kulit Anda menjadi sejuk. Cara ini dapat dilakukan berulang kali hingga leher Anda terasa lebih baik.

  • Memijat Leher


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Memijat dapat dilakukan untuk menghilangkan nyeri pada bagian tertentu. Gunakanlah minyak pijat agar gerakan memijat menjadi lebih mudah dan tidak menyakitkan. Pijatlah dengan lembut dan satu arah agar kram di leher perlahan menghilang dan aliran darah menjadi lebih lancar. Hindari menekan dengan keras karena hal itu akan membuat leher Anda semakin nyeri.

  • Gunakan Bantal Tidur yang Tepat


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Postur tidur yang kurang tepat menyebabkan gangguan pada tulang belakang, alhasil otot di leher menjadi tegang dan nyeri karena adanya ketidakselarasan gangguan persendian dan persarafan. Untuk menghindari nyeri leher akibat salah bantal, Anda harus memilih bantal yang nyaman untuk tidur.

K-i LATEX PILLOW dapat membantu Anda mencegah terjadinya nyeri leher akibat salah bantal dan mengurangi risiko kram. Terbuat dari latex alami yang telah tersertifikasi OEKO-TEX, bantal terapi ini membantu proses relaksasi otot leher Anda sekaligus memperlancar aliran darah.


K-i LATEX PILLOW juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stres dan kelelahan, serta meningkatkan sistem imunitas dengan adanya chip yang memancarkan ion negatif. Berbeda dengan bantal lain yang mengandung latex sintetis, latex alami dalam K-i LATEX PILLOW dilengkapi dengan kandungan antibakteri yang aman bagi para penderita asma, serta menimbulkan sensasi halus dan lembut saat digunakan.

Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal pada leher nyeri akibat salah bantal, karena Anda bisa mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas bersama K-i LATEX PILLOW!