fbpx

Lindungi Mata Anak dari Bintitan dengan Cara Ini

Mendengar bintitan, kita langsung teringat mitos penyebab bintitan, yakni mengintip orang yang sedang mandi. Apakah benar? Tentu saja tidak. Mitos ini memang sudah dikenal oleh masyarakat, namun bintitan disebabkan oleh beberapa hal.

Apa itu bintitan?

Bintitan atau hordeolum (dalam bahasa medis), merupakan infeksi yang terjadi pada kelopak mata. Penyakit ini dapat menyerang orang dewasa juga anak-anak. Biasanya kondisi ini ditandai dengan mata berair, mata atau kelopak mata yang memerah, kelopak mata yang bengkak dan terasa nyeri. Kemudian muncul bintil mirip jerawat atau bisul di kelopak mata yang mengganggu penglihatan mata.

Ada dua jenis bintitan, yaitu hordeolum eksternum dan hordeolum internum. Jika anak Anda mengalami benjolan kecil di luar kelopak mata dan sekitar bulu mata, maka itu disebut hordeolum eksternum. Sebaliknya, jika mengalami kondisi benjolan di dalam kelopak mata dan menimbulkan benjolan yang lebih besar sehingga terasa mengganjal tandanya anak mengalami  hordeolum internum.

Baca Juga: https://k-link.co.id/manfaat-k-ion-nano-untuk-mata-lelah-kacamata-kesehatan-k-link-dengan-infra-red-berteknologi-nano/

Sebagai orang tua tentunya resah jika anak mengalami gangguan mata seperti ini. Meskipun bintitan bisa sembuh dengan sendirinya, namun cukup mengganggu buat mata anak-anak. Gangguan mata ini bisa cepat sembuh hanya 2-7 hari, dan juga bisa lama hingga 6 bulan bahkan lebih.

Penyebab bintitan pada anak

Bintitan pada anak sering disebabkan oleh debu yang menempel pada bulu mata. Kuman di bulu mata menyebabkan kelenjar minyak tersumbat dan kelopak mata terinfeksi. Kelenjar ini berfungsi untuk mengeluarkan minyak dan penyumbatannya membuat fungsinya menjadi terhambat.

Rutinitas anak pergi ke sekolah dan main di luar rumah memungkinkan anak terkena debu. Debu yang mengandung kuman menempel di bulu mata menyebabkan kelenjar minyak tersumbat dan kelopak mata terinfeksi. Hal ini dapat menyebabkan bintitan.

Kebiasaan anak sering mengucek mata dengan tangan yang kotor juga dapat menyebabkan masalah mata seperti ini. Tangan kotor sangat mungkin terdapat stafilokokus yang merupakan penyebab utama munculnya bintitan.

Cara mencegah bintitan pada anak

Lindungi mata anak Anda dari debu yang menyebabkan masalah mata pada anak dengan K-Ion Nano Kids. Kacamata kesehatan modern yang di desain khusus anak-anak ini mempunyai empat varian warna (hitam, putih, merah dan hijau). Dengan nano teknologi dan kandungan ion negatif serta sinar infra merah jarak jauh pada K-Ion Nano Kids membantu melindungi mata anak dari kemungkinan penyebab masalah pada mata seperti bintitan. (Isti/Jody)

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/yuk-intip-dua-produk-andalan-teranyar-dari-k-link-indonesia/