Langkah Sehat Bagi Penderita Asma di Masa New Normal

Semua orang di masa new normal sudah kembali melakukan berbagai aktivitas, namun tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Ya, pandemi COVID-19 ini bisa mengancam siapa saja, terlepas dari apa pun kondisi kesehatan mereka. Namun tahukah Anda, seseorang dengan riwayat penyakit gangguan pernapasan, salah satunya asma bisa jadi cukup berisiko terhadap virus ini.

Virus Corona yang saat ini menjadi pandemi global diketahui menyerang sistem pernapasan. Hal ini membuat penderita asma bertanya-tanya, apakah dirinya rentan terhadap COVID-19? Ya, asma mungkin punya risiko lebih besar jika terdampak Virus Corona daripada orang lain tanpa riwayat asma. COVID-19 umumnya seperti virus pernapasan lainnya yang dapat membuat gejala asma yang dialami bertambah buruk, bahkan berpotensi mengalami serangan asma yang mengancam nyawa.

Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi COVID-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mencantumkan asma bersama diabetes dan penyakit jantung sebagai kondisi yang membuat seseorang lebih rentan menjadi sakit parah akibat COVID-19. Ancaman serius Virus Corona bisa menyerang seseorang dengan daya tahan tubuh lemah dan penyakit kronis jangka panjang. Meskipun asma tidak dianggap sebagai penyakit penyerta, tetapi penyakit ini merupakan kondisi yang harus diwaspadai selama pandemi COVID-19, karena penderita asma sudah memiliki masalah pernapasan.

Dilansir dari bebagai sumber, berikut ini langkah sehat bagi penderita asma di masa new normal:
  • ​Hindari interaksi yang tidak perlu dengan orang lain, termasuk pertemuan besar, berjabat tangan, memeluk orang lain, dan menghindari perjalanan yang tidak terlalu penting, terutama menggunakan transportasi umum.
b

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

  • Jauhi keramaian seperti mal, restoran, dan bioskop. Jika memungkinkan, lebih baik bekerja dari rumah.
c

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

  • Tidak perlu mengisolasi diri sendiri, tetapi jaga kontak dengan orang lain seminimal mungkin.
d

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

  • ​Tingkatkan sistem imun tubuh.
e

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, Anda perlu istirahat cukup, kelola stres, menjaga pola makan sehat, serta mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan K-Liquid Chlorophyll, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant dan K-Sauda VCO.

K-Liquid Chlorophyll merupakan minuman kesehatan yang mengandung chlorophyll (zat hijau daun) dari daun Alfalfa (Medicago Sativa). Kandungan mineral magnesium di dalamnya bekerja melancarkan saluran pernapasan dan mengurangi gejala sesak atau mengi.

K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant merupakan makanan kesehatan yang mengandung spirulina dan tinggi kandungan protein, vitamin A, C dan E. Kandungan antioksidan seperti beta karoten dan enzym SOD (Super Oxide Dismustase) di dalamnya membantu menjaga sel epitel di saluran pernapasan serta meningkatkan sistem imun.

K-Liquid Chlorophyll, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant dan K-Sauda VCO

(Pic: https://k-link.co.id)

Terakhir ada K-Sauda VCO yang merupakan suplemen kesehatan yang mengandung virgin coconut oil (VCO), habbatussauda dan Vitamin E. Kandungan asam lemak laurat pada VCO bekerja sebagai antibakteri dan antivirus penyebab infeksi. Yuk, tingkatkan sistem imun untuk mencegah masalah asma dan penyakit infeksi lainnya dengan K-Liquid Chlorophyll, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant dan K-Sauda VCO. Pastikan tubuh Anda selalu sehat di masa new normal ya, mitra K-LINK!  Jangan lupa beli di K-Net dan K-Mart(Angga/Jody/Rahma) 


Artikel Rekomendasi: ​ Jelang New Normal, Waspada Terhadap Penyakit Faringitis