Kulit Wajah Kencang dan Kenyal Meski Sudah Usia Lanjut

Seiring bertambahnya usia, umumnya seseorang akan mengalami perubahan pada kondisi kesehatan tubuh, terutama kulit. Misal, pada usia di atas 30 tahun, biasanya akan muncul beberapa masalah kulit wajah seperti kulit kering, kusam, kendur, garis-garis halus dan lainnya. Masalah ini terjadi karena berkurangnya jaringan lemak, kolagen dan kelembapan kulit.

Jangan biarkan masalah kulit ini melanda saat bertambahnya usia. Rawat kulit dan cegah sejak dini sebagai investasi di masa tua. Sebelum kamu menyesalinya, yuk ikuti tips berikut agar kulit tetap kencang dan kenyal meski sudah usia lanjut, check this out!

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Plum untuk Kecantikan Kulit Wajah

1. Menjaga asupan cairan

(Foto : https://www.freepik.com/)

Tubuh memerlukan banyak air agar kulit tetap dehidrasi. Cukupi kebutuhan cairan pada tubuh dengan minum air kurang lebih 2 liter perhari. Selain tubuh terhidrasi, air putih juga dapat membantu tubuh mengeluarkan toksin dan membuat kulit lebih segar dan cerah.

​2. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran

(Foto : https://www.freepik.com/)

Buah dan sayuran mengandung nutrisi penting untuk kesehatan kulit yaitu dapat membantu mempercantik, mencerahkan dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Buah dan sayuran ini bisa kamu konsumsi mentah atau diolah dalam masakan. Malas mengonsumsi buah dan sayur bisa membuat kulit kusam dan kering.

​3. Istirahat yang cukup

(Foto: 1health.id)

Salah satu cara mudah agar kulit tetap cantik dan sehat sepanjang usia adalah dengan tidur cukup, yaitu 8 jam perhari. Kurangnya istirahat dan tidur terlalu larut membuat kulit nampak terlihat lelah, kusam serta memicu timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada wajah.

​4. Menjaga kebersihan kulit

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Membersihkan wajah adalah bagian paling penting dalam perawatan kulit agar wajah tetap cantik dan sehat sepanjang usia.  Jika wajah tidak dibersihkan, maka kotoran yang menumpuk atau tertinggal di wajah bisa memicu masalah-masalah kulit wajah, seperti jerawat, peradangan dan iritasi, sehingga membuat kulit terlihat lebih tua. Selain bertujuan untuk menghilangkan kotoran pada wajah, membersihkan wajah secara rutin juga dapat membantu kulit terjaga kesehatannya dan membuat skincare bekerja lebih baik.

​5. Gunakan pelembap

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Penggunaan pelembap juga tidak boleh dilewatkan. Salah satu kandungan pelembap yang dapat merawat kulit dan membuat kulit tetap kencang dan kenyal adalah Hyaluironic Acid.  Kandungan ini mampu menjaga kelembapan kulit, meningkatkan elastisitas, dan menjaga keremajaan kulit wajah.

Untuk poin lima, jika kamu bingung memilih pelembap yang tepat, Original Raw Black Jam bisa menjadi pilihan. Pelembap dengan kandungan Hyaluronic Acid dengan keutamaan Water Block System ini berfungsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga kulit tetap lembap.  Kandungan 100 bahan alami terdiri dari sayur-sayuran, 10 bahan super food, biota laut, biji-bijian dan buah-buahan membantu memenuhi nutrisi kulit.


Keutamaan lain dari Original Raw Black Jam adalah dapat meningkatkan elastisitas kulit, serta menjaga kadar air dan kolagen di dalam kulit. Rahasia kulit tetap kencang dan kenyal adalah kulit yang tingkat kadar kelembapannya tinggi. Dengan begitu, maka kulit terhindar dari tanda-tanda penuaan.

Gunakan Original Raw Black Jam secara rutin pada malam dan pagi hari untuk dapatkan kulit kencang dan kenyal sampai usia tua. Jangan lupa untuk gunakan secara disiplin untuk hasil yang maksimal. Kulit yang dirawat sejak dini adalah investasi kulit pada saat tua! (Diah /Isti/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Tips Merawat Kulit Wajah untuk Anda yang Super Sibuk