7 Tips Menjaga Kebersihan Tubuh untuk Pria

Sudah bukan zamannya lagi pria abai terhadap kebersihan dirinya sendiri. Selain berkaitan dengan kepercayaan diri, tubuh yang bersih serta terawat juga menjadi jaminan kesehatan dan vitalitas. Anda tentu tak ingin berhadapan dengan masalah kesehatan seperti infeksi jamur atau sakit pada bagian internal tubuh lainnya. Berikut adalah 7 tips menjaga kebersihan tubuh untuk pria:

  1. Mandi Setiap Hari


    (Sumber : https://pxhere.com)

    Bagi penduduk negara beriklim tropis seperti Indonesia, mandi setidaknya wajib dilakukan sebanyak dua kali setiap harinya. Produksi keringat pada beberapa lipatan tubuh bisa menyebabkan bau tak sedap. Keringat dan kotoran yang menempel pada tubuh juga bisa mendorong perkembangan jamur dan bakteri. Menurut psikolog dari Harvard University, Shelley Carson, mandi juga bisa merangsang kreativitas.

  2. Perhatikan Kebersihan Mulut dan Gigi


    (Foto : https://www.rekoveryclinic.com)

    Sebagai salah satu pintu masuk bakteri, kondisi area mulut dan gigi harus tetap terjaga dengan baik. Infeksi pada pada rongga mulut dan gigi bisa memicu tiga penyakit sistemik, yaitu penyakit kardiovaskuler, diabetes mellitus, dan aterosklerosis. Demi menjaga kesehatan, jangan lupa untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari. Pilihlah pasta gigi yang tepat. Jika perlu, berkumurlah dengan formula antiseptik setelah menyikat gigi.

  3. Jangan Lupa Bercukur


    (Sumber : https://pxhere.com)

    Mencukur bulu di wajah dapat memberi manfaat positif, yaitu mampu mengangkat kulit mati, memperbaiki tingkat pertumbuhan bulu di wajah, serta meningkatkan perlindungan kulit. Jenggot cenderung tumbuh lebih cepat dibanding rambut lain pada tubuh, sehingga mudah memerangkap kuman di dalamnya dan mudah menyebabkan iritasi pada wajah. Jadi, cukur atau rapikan jenggot setiap beberapa hari sekali atau jika sudah terasa panjang untuk tetap menjaga kebersihan wajahmu.

  4. Perhatikan Kebersihan Wajah


    (foto : https://www.skygate.co.jp)

    Jangan sampai jerawat dan kulit wajah yang kusam bisa memengaruhi kepercayaan diri, Carilah formula pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda. Bersihkan wajah setidaknya dua kali dalam sehari, sebelum beraktivitas dan ketika hendak beristirahat. Jika mendambakan kesehatan wajah yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan pelembab setiap pagi sebelum beraktivitas.

  5. Jangan Lalai Menggunting Kuku


    (Foto : https://bilder.t-online.de)

    Pria sering lalai memerhatikan kebersihan kuku. Padahal kuku yang panjang dapat menjadi sarang kuman. Kuku kaki yang panjang juga bisa memicu perkembangan jamur atau infeksi pada kaki ketika memakai sepatu. Jangan biarkan kuku menjadi terlalu panjang, potonglah secara rutin. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kaki setiap selesai memotong kuku. Anda juga bisa mengoleskan lotion agar kelembapan kulit kaki tetap terjaga.

  6. Cuci Tangan Setelah Beraktivitas


    (Sumber : Shutterstock.com)

    Cobalah ingat-ingat, berapa banyak benda yang disentuh oleh tangan Anda saat beraktivitas setiap harinya? Apakah Anda juga selalu ingat untuk mencuci tangan setiap selesai dari toilet? Inilah salah satu perkara kecil yang kerap terlupakan. Padahal bakteri dan kuman ada di mana saja. Mencuci tangan setiap selesai beraktivitas, apalagi jika setelah keluar dari toilet, bisa mengurangi risiko perkembangan bakteri dan kuman yang menempel.

  7. Pilihlah Celana Dalam yang Tepat


    (Sumber : Shutterstock.com)

    Tak sedikit pria yang mengganti celana dalamnya setiap dua hingga tiga hari sekali. Meskipun berkesan sepele, celana dalam yang tidak higenis bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti gatal hingga infeksi saluran kemih. Faktor pemilihan celana dalam juga harus memerhatikan beberapa hal. K-LINK menghadirkan K-Man, celana dalam dengan material dan desain khusus, sebagai solusi terbaik pria ketika beraktivitas.

K-Man terbuat dari kapas asli antibakteri yang memiliki tekstur selembut sutra sehingga mendukung alur sirkulasi udara yang baik. Sisipan bahan thermal juga mampu menjaga suhu pada area testis dan buah zakar tetap sejuk, produksi sperma tetap terjaga dengan baik. Desainnya yang dirancang secara tiga dimensi menghasilkan ruang yang cukup nyaman bagi testis dan buah zakar.

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda masih enggan untuk menjaga kebersihan tubuh? Jangan sampai Anda baru sadar setelah penyakit datang menyerang. Mulailah untuk lebih peduli sekarang!

Tag: