Jangan Sampai Salah! Begini Cara Merawat Miss V dengan Benar

Miss V atau vagina merupakan organ yang sangat sensitif bagi wanita, sehingga perlu untuk dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk merawat kesehatan Miss V adalah dengan rutin membersihkannya, terlebih saat menstruasi.

Perlu diketahui, bahwa miss V sangat mudah menyerap bakteri yang masuk, terlebih ketika dalam keadaan lembap. Kondisi ini tentu dapat memicu munculnya berbagai masalah kesehatan di area tersebut, seperti keputihan, infeksi vagina, kanker serviks, dan bahkan dapat menimbulkan masalah yang merambat ke organ reproduksi lainnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu merawat kesehatan miss V.

Baca Juga: Ini Cara Pilih Pembalut yang Tepat

Demi menjaga kesehatannya, berikut ini cara merawat miss V dengan benar yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Jangan Hanya Membersihkan Miss V Saat Mandi

Miss V perlu dibersihkan setiap saat seperti sehabis buang air kecil atau buang air besar, selesai olahraga atau setelah melakukan kegiatan berat yang membuat tubuh berkeringat, dan setelah berhubungan intim.

​2. Bersihkan Miss V dengan Benar

Pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih, gunakan air bersih, baik air hangat atau air suhu normal, lalu keringkan dengan tisu dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus. Hal ini penting untuk mencegah berpindahnya bakteri dari anus ke dalam vagina. Jangan lupa untuk mencuci tangan kembali setelah membersihkan vagina.

​3. Hindari Penggunaan Sabun yang Mengandung Parfum

Pemakaian sabun yang mengandung parfum dapat mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik di vagina serta menimbulkan iritasi pada area vagina. Jika tetap ingin menggunakan sabun untuk membersihkan miss V, pilihlah sabun yang berlabel hypoallergenic.

​4. Gunakan Pakaian Dalam yang Tepat

Pilihlah pakaian dalam berbahan katun yang mudah menyerap ketingat dan tidak terlalu ketat untuk menghindari kelembapan berlebih. Jangan lupa juga mengganti celana dalam secara teratur, terutama setelah beraktivitas.

​5. Rutin Mengganti Pembalut saat Menstruasi

Saat menstruasi, area miss V cenderung menjadi lebih lembap, sehingga bakteri dan jamur dapat berkembang biak dengan mudah. Sebaiknya, ganti pembalut setidaknya 3-4 jam sekali untuk memastikan miss V tetap kering, sehingga dapat mencegah infeksi dan bau tak sedap saat menstruasi.

Perlu diketahui, tidak semua pembalut dapat menjaga area miss V tetap kering selama menstruasi. Salah satu rekomendasi pembalut yang tepat adalah K-Sophie. Pembalut ini terbuat dari formulasi spesial: kombinasi antara bahan-bahan tradisional herbal dengan bio-teknologi dan ion negatif, sehingga tidak hanya dapat membantu menjaga area miss V tetap kering, namun juga mencegah munculnya bakteri pada saat menstruasi.

Dengan lapisan permukaan yang lembut dan daya serap maksimal membuat area miss V terasa kering dan nyaman walaupun kamu sedang melakukan banyak aktivitas. Selain itu, K-Shopie memiliki kemampuan untuk menguraikan protein dalam darah menstruasi, sehingga dapat mencegah bakteri berbahaya dan mencegah penyerapan kembali bakteri ke dalam tubuh.

Terdapat dua jenis pembalut K-Sophie yaitu K-Sophie Regular Flow dan K-Sophie Overnight. Keduanya sama-sama mengandung ion negatif yang baik untuk merawat area miss V. Gunakan K-Sophie Overnight saat malam hari, dan gunakan K-Sophie Regular Flow saat siang hari. Yuk, jaga kebersihan area miss V setiap hari, terlebih pada saat menstruasi. Menjaga area kewanitaan tetap bersih tentunya akan membawa keuntungan bagi kesehatan tubuhmu. (Ria/Isti/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Kenali 4 Faktor Penyebab Payudara Kendur