Inilah Cara Mudah Cegah Mata Lelah

Mata letih akibat banyak kegiatan bisa diatasi dengan penanganan yang praktis dan efektif. Rasa lelah pada mata bisa mengurangi kinerjanya. Pandangan jadi sering mengabur dan bahkan bisa menimbulkan rasa sakit. Gangguan yang biasa disebut astenopia ini terjadi karena penggunaan mata sangat intens dalam aktivitas sehari-hari. Walaupun tidak memerlukan penanganan yang serius, astenopia harus selalu diwaspadai dan cepat diatasi.

Lebih dari 70%, informasi dari dunia sekitar masuk lewat mata kita. Itu sebabnya, selain untuk melihat, mata juga digunakan untuk melindungi diri. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang membutuhkan indera penglihatan yang tajam. Profesi tertentu seperti pilot dan sopir bahkan sangat membutuhkan ketajaman mata yang baik karena bersangkutan dengan keselamatan orang banyak. Sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikan soal kesehatan mata.

Menatap layar laptop atau gadget terlalu lama. Bermain video game menggunakan layar kecil dengan gerakan objek yang cepat dan warna kontras. Melihat objek yang bergerak sepanjang hari, posisi membaca yang salah dan kuranganya waktu istirahat. Beberapa kegiatan tersebut bisa mengakibatkan astenopia dengan derajat kelelahan yang bervariasi. Apabila astenopia dibiarkan terus-menerus, maka bisa menghasilkan efek buruk berupa pandangan mengabur, rasa pegal, mata berair atau perih dan bahkan rasa mual. Efek buruk ini bisa bersifat sementara, tapi bisa juga berkepanjangan.

Untuk mengatasi astenopia dan mengembalikan kesegaran mata, ada baiknya mengambil waktu sejenak dan membiarkan mata Anda memperoleh periode relaksasi. Anda bahkan bisa melakukan yoga mata. Ambil posisi tegak sambil bersandar pada kursi, kemudian kedipkan mata dengan cepat sebanyak 50 kali. Lakukanlah setiap jam dan usahakan kedipan Anda semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Akhiri latihan dengan menutup mata sambil tarik nafas dalam-dalam sampai terasa pada otot-otot.

Relaksasi mata juga dapat dilakukan dengan mengalihkan pandangan. Setiap menggunakan gadget atau komputer setelah 15 menit, alihkan sejenak pandangan Anda kepada tumbuhan-tumbuhan hijau. Situasi berbeda yang terasa lebih tenang bisa membuat mata menjadi lebih relaks.

Perhatikan juga soal asupan makanan. Jangan lupa mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin A, C dan E, karena semuanya itu berkhasiat sebagai antioksidan utama mata. Sayuran dan buah-buahan adalah salah satu solusi alami untuk menjaga pandangan tetap jernih dan tajam.

Selain beberapa solusi yang sudah disebutkan, ada lagi cara yang efektif untuk mencegah mata lelah. Anda bisa mencoba K-Ion Nano, sebuah produk kacamata dari K-LINK yang khasiatnya sudah teruji. Kacamata yang terbuat dari bahan unik Thermoplastic Rubber (TR) ini didukung teknologi nano yang mampu memancarkan Energi Anion (Ion Negatif) dan Sinar Infra Merah Jarak Jauh (FIR) dalam bentuk partikel nano. Selain membantu menyegarkan dan menjaga kesehatan mata, inovasi ini juga dapat mengurangi masalah gangguan mata seperti glukoma, miopia, hipermetropi termasuk mata kering.

K-Ion Nano hadir dengan desain yang menarik dan trendi. Kacamata ini juga tersedia dalam beberapa varian warna, antara lain hitam, biru, ungu dan merah. Cara pakainya mudah dan praktis. Anda hanya harus menggunakannya secara rutin minimal 8 jam sehari. Setelahnya, kesehatan mata Anda dapat terjaga secara optimal.

Mata lelah dengan kinerja yang tidak maksimal bisa saja berakibat fatal. Untuk mengurangi kerugian yang dapat dihasilkannya, jangan pernah remehkan kesehatan mata Anda.