fbpx

Hindari Dampak Buruk Tidur Pakai Bra

Menggunakan bra ketika tidur masih menjadi perdebatan hingga saat ini, banyak yang beranggapan tidur menggunakan bra lebih baik demi menjaga bentuk payudara tetap indah dan tidak kendur. Ada pula yang tidak setuju dengan pendapat tersebut karena alasan kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa tidur dengan menggunakan bra dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Sebenarnya apa saja sih dampak buruk yang mungkin terjadi? Berbahayakah? Yuk, ladies ketahui dampak buruk tidur menggunakan bra di bawah ini:

Baca Juga: http://k-link.co.id/health/artno/687/Ini-Gejala-Kanker-Payudara-yang-Wajib-Anda-Ketahui

  • Kulit Iritasi


    (Foto : http://www.giardango.it)

    Bahaya menggunakan bra pada saat tidur sering terjadi pada penggunaan bra yang berkawat. Ketika Anda merubah posisi tidur secara tidak sadar, maka akan terjadi gesekan-gesekan yang dapat memicu kulit payudara menjadi iritasi. Selain itu, pemakaian bra pada saat tidur dapat menimbulkan bakteri dari keringat yang menempel pada bra, sehingga menyebabkan gatal pada bagian payudara.

  • Memicu Pertumbuhan Kanker


    (Foto : http://media.jamnews.ir)

    Menggunakan bra 24 jam sehari memperbesar risiko terkena kanker payudara. Hal yang menarik adalah negara dengan mayoritas wanita yang jarang menggunakan bra memiliki kemungkinan rendah terkena kanker payudara. Para peneliti yang meneliti penduduk asli Selandia Baru dan Australia menemukan bahwa mereka yang sepenuhnya terintegrasi ke dalam masyarakat barat memiliki peluang yang sama terkena kanker payudara. Sebaliknya, para penduduk asli Australia yang tidak berintegrasi ke dalam masyarakat barat tidak memakai bra, dan kemungkinan kecil terkena kanker payudara. Penekanan pada payudara akibat penggunaan bra ketika tidur dapat merusak sel tubuh di dalam DNA, sehingga memicu pergerakan sel yang abnormal di payudara dan dapat berubah menjadi sel kanker payudara.

  • Menghambat Peredaran Darah


    (Foto : https://healthy-zone.ro)

    Memakai bra pada saat tidur dapat menghambat aliran darah yang akhirnya menyebabkan payudara terasa nyeri pada saat terbangun dari tidur. Selain itu, penekanan yang disebabkan oleh penggunaan bra juga dapat mengganggu pernafasan.

  • Kulit Menggelap

    (Foto : https://pxhere.com)

    Pemakaian bra pada saat tidur dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan bekas di permukaan kulit. Akibatnya, terjadi penggelapan warna kulit didaerah tertentu.

  • Gangguan Tidur


    (Foto : https://www.rd.com)

    Gangguan tidur biasanya diawali dengan rasa tidak nyaman ketika tidur. Posisi tidur apapun menyebabkan Anda merasa tidak santai karena penekanan dari bahan bra yang menempel di kulit. Hal ini menyebabkan payudara Anda seperti sedang diganjal sesuatu. Bra yang mengganjal dan menekan payudara dapat mengganggu pernafasan menjadi kurang lancar dan tidur pun menjadi tidak berkualitas.

Meskipun hal tersebut masih menjadi perdebatan, namun para ahli menyarankan para perempuan untuk tidak tidur dengan menggunakan bra. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan?

Tentu dengan memperkecil penggunaan bra pada saat tidur belum tentu menjamin Anda akan terhindar dari kanker payudara. Selain menghindari penggunaan bra pada saat tidur, Anda juga harus menjalankan gaya hidup yang sehat.Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, salam sehat Mitra K-LINK. (Puput/Jody)

Artikel Rekomendasi: http://k-link.co.id/health/artno/733/Rawat-Payudara-Agar-Kencang-Secara-Alami