Ini Cara Masak Ketupat Praktis dan Enak

Menyambut hari raya Idul Fitri biasanya orang-orang mempersiapkan menu masakan khas daerahnya masing-masing. Salah satu pelengkap menu wajib hidangan opor ayam, rendang atau sambal goreng kentang ialah ketupat.

Sebenarnya ketupat berasal dari banyak budaya di kawasan Asia Tenggara, namun dalam filosofi Jawa, hidangan ketupat bukan sekedar hidangan khas hari lebaran saja. Ketupat atau kupat dalam bahasa Jawa merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat. Ngaku lepat artinya mengakui kesalahan. Laku papat artinya empat tindakan.

Baca Juga: https://k-link.co.id/7-bahan-alami-atasi-keracunan-makanan/

Ketupat yang berbahan dasar beras biasanya dibungkus dari anyaman daun kelapa muda atau janur, dibuat berbentuk kantong, dan kemudian dimasak dalam waktu lama. Memasak ketupat memang butuh keahlian tersendiri, jika Anda tidak sabar bisa-bisa ketupat menjadi lembek atau menjadi keras. Ternyata banyak hal yang harus Anda perhatikan ketika memasak ketupat, berikut tipsnya:

  • Pilihlah beras yang kualitas sedang hingga bagus. Pilih bungkus ketupat yang rapat dan bentuknya bagus. Jangan ambil janur yang sudah mengering.
  • Rendam ketupat selama satu jam supaya daun kelapa (janur) tidak mudah patah.
  • Cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Anda bisa menambahkan kapur sirih saat beras dicuci. 
  • Isi bungkus ketupat dengan kurang lebih tiga perempat dari tinggi bungkus ketupat.
  • Rebus selama 4 hingga 5 jam.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasak ketupat. Untuk Anda yang masih bingung cara memasaknya, dan ingin menggunakan cara praktis untuk memasak ketupat, K-LINK memiliki solusi yang lebih praktis. Yuk, cobain K-Tupat Mini dari K-LINK.



Tidak usah repot memasak ketupat dengan mengahabiskan waktu selama berjam-jam. Dengan K-Tupat Mini memasak ketupat menjadi lebih praktis. Berikut langkah praktis memasak K-Tupat Mini:

Buka K-Tupat Mini dari kemasan, cuci bersih menggunakan air.

Siapkan air untuk direbus dalam panci, pastikan isi K-Tupat Mini terendam semua dalam rebusan.

Rebus K-Tupat Mini selama 60 hingga 90 menit.

Ketupat siap untuk disajikan dengan berbagai hidangan.

Selain praktis, K-Tupat Mini memiliki beberapa keunggulan lain, diantaranya:

  • Memasak lebih cepat, hanya dengan direbus.
  • Plastik food grade, aman dimasak pada suhu panas.
  • Takaran yang sudah sesuai.
  • Bebas dari bahan BPA atau bisphenol - A, yang merupakan zat kimia berbahaya.

Dengan K-Tupat Mini Anda dapat memasak ketupat lebih simple, praktis dan anti gagal. Soal rasa tidak perlu diragukan, K-Tupat Mini memiliki rasa yang enak, ditambah dengan tekstur yang pulen dan empuk. Yuk, mom kreasikan menu hidangan andalan, sajikan dengan K-Tupat Mini, selamat mencoba Mitra K-Link! (Jody)  

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/gunakan-bahan-penyedap-rasa-makanan-non-msg-mulai-sekarang/