Basic Skincare Routine Pagi hingga Malam Hari, Pemula Kumpul

Untuk pemula basic skincare routine terkadang suka sedikit keliru, wajar sih namanya juga newbie. Namun, hal ini perlu Anda pahami agar kulit wajah tampak lebih sehat, cerah sampai awet muda. So, sudahkah Anda menerapkannya di pagi hingga malam hari?

Dilansir dari Kompas seperti ditulis SELF, skincare routine merupakan perawatan dasar dan pemeliharaan kulit Anda. Melansir WebMD, kulit yang Anda miliki mencerminkan kesehatan Anda sendiri. Untuk menjaganya, Anda harus membangun kebiasaan sehat seperti menerapkan basic skincare routine di waktu pagi hingga malam hari.

Ayo mulai urutan basic skincare routine berikut seperti dilansir dari Cleveland Clinic dan sumber lainnya, untuk pemula bisa banget!

1. Basic Skincare Routine Pagi Hari

  • Cleanser
    Sekalipun wajah terasa bersih di pagi hari, namun Anda harus tetap mencucinya dengan pembersih yang lembut dan tidak mengandung obat. Dengan begitu, kondisi kulit Anda akan tampak bersih tanpa membuatnya terlalu kering.

  • Krim, Serum atau Minyak Antioksidan
    Anda sedang mencari sesuatu yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C atau E atau ferulic acid? Studi menunjukkan antioksidan dapat melembapkan dan mencerahkan kulit Anda. Ketiganya juga menawarkan perlindungan dari molekul di sekitar (radikal bebas) yang dapat merusak kulit.

  • Moisturizer
    Meskipun minyak di wajah belum banyak di pagi hari, Anda tetap harus menambahkan nutrisi pada kulit dengan moisturizer. Perannya tak sekadar menjadi pelindung kulit wajah, tapi juga berguna untuk menghidrasi kulit. Agar pelembapmu bekerja dengan maksimal, aplikasikan saat kulit masih agak basah atau lembap.

  • Sunscreen
    Gunakan sunscreen setidaknya SPF 30 untuk melindungi kulit Anda dari radiasi sinar UV. Krim yang Anda gunakan pada langkah sebelumnya, atau concealer atau alas bedak yang akan Anda pakai selanjutnya mungkin sudah mengandung ini. Jika tidak, aplikasikan tabir surya wajah secara terpisah.

2. Basic Skincare Routine Malam Hari

  • Makeup Remover
    Kebanyakan cleanser tidak menghapus semua riasan keseluruhan, jadi bukanlah ide yang buruk untuk menghapus makeup terlebih dahulu. Ada beberapa produk yang bisa menghapus makeup, seperti tisu basah atau micellar water.

  • Facial Wash
    Sedikit berbeda dengan facial wash di pagi hari, rekomenasinya, Anda bisa pilih facial wash yang mengandung bahan-bahan lebih kuat yang mampu mengangkat kotoran dan minyak yang memicu tumbuhnya jerawat.

  • Toner (Opsional)
    Jika tidak menggunakan makeup remover sebelum mencuci muka, menyeka dengan toner sesudahnya dapat mengangkat kotoran dan riasan tambahan yang tidak didapat oleh pembersih wajah Anda. Baiknya, hindari beberapa toner berbahan dasar alkohol karena berpotensi menghilangkan minyak alami dari kulit, kulit kering atau iritasi.

  • Moisturizer Menjelang Tidur
    Menyempurnakan tahapan skincare dengan moisturizer menjelang tidur wajib dilakukan. Pengaplikasian saat malam dipercaya dapat membantu memperbaiki permasalahan kulit seperti kerutan, pigmentasi hingga penuaan dini.

Basic skincare routine pagi hingga malam hari selalu menyertakan moisturizer di dalamnya. Pilihlah yang mampu menutrisi kulit secara keseluruhan seperti Original Raw Black Jam. Moisturizer ini bekerja membantu menjaga kelembapan hingga 150 jam. Mengandung kebaikan 100 bahan alami. Secara klinis, bantu samarkan kerutan hingga menjaga kekencangan kulit.

Original Raw Black Jam mengandung Super Hyaluronic Acid, HY Filling Sphere, dan Volufiline yang dapat membuat kulit cerah secara merata, kulit kenyal, lembut dan halus. Ada pula filler effect dan anti-aging effect yang bantu memaksimalkan kulit agar kencang, sehat, hingga menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. Yang tak kalah penting produk ini bebas 7 bahan kimia, seperti hydroquinon, oil, paraben, ethanol, benzophenone, benzyl alcohol, dan triethanolamine.

Yuk, penuhi nutrisi kulit wajah Anda dengan Original Raw Black Jam serta urutan basic skincare routine di atas.

  • WebMD. Diakses pada 2022. Skin Care Basics.
  • Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. The Steps for a Basic, Everyday Skin Care Routine.
  • Kompas. Diakses pada 2022. Mengenal Basic Skincare dan Urutan Pemakaiannya agar Kulit Sehat.
  • Popbela. Diakses pada 2022. Dear Pemula, Ini 7 Tahapan Skincare Siang dan Malam yang Wajib Diikuti.