Notice: Trying to get property 'slug' of non-object in /var/www/k-link/src2/src/wp-content/themes/k-link-wordpress-theme/functions/wordpress-custom-single-category-template.php on line 14
Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh – K-Link Indonesia

Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Kita tentu sudah mengetahui bahwa alkohol atau minuman keras dapat merusak kesehatan manusia. Mengonsumsi alkohol, terlepas dari banyak atau tidaknya, tetap saja tidak mengurangi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh zat yang terkandung di dalamnya.

Lalu apa saja sebenarnya bahaya dari mengonsumsi alkohol? Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Waspada 4 Komplikasi Penyakit Akibat Asam Urat Tinggi

1. Merusak hati

Saat minuman beralkohol masuk ke dalam tubuh, hati akan berkerja lebih keras untuk memproses alkohol. Bahaya alkohol ini dapat membuat hati mengalami peradangan dan memicu munculnya gangguan, seperti penumpukan lemak di hati, sirosis, hepatitis alkoholik, hingga kanker hati.

​2. Kerusakan jantung

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat melemahkan otot jantung. Akibatnya, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Alkohol bisa mengakibatkan kardiomiopati yang ditandai dengan sesak napas, detak jantung tidak teratur (aritmia), kelelahan, dan batuk yang terus menerus. Tak hanya itu, alkohol juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

​3. Meningkatkan risiko kanker

Mengonsumsi alkohol juga meningkatkan risiko terserang penyakit kanker. Semakin sering Anda minum alkohol, semakin besar pula risiko terkena kanker dan meninggal akibat penyakit tersebut. Alkohol adalah senyawa karsinogen yang dapat sangat mudah memengaruhi bagian sekitar kepala dan leher. Selain kanker hati, jenis kanker lain yang juga dapat terjadi akibat sering mabuk adalah kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker esofagus, kanker usus besar, bahkan kanker payudara. Bahkan, minum minuman keras dalam jumlah banyak dan rutin, apalagi diikuti oleh kebiasaan merokok telah dikaitkan dengan peningkatan kanker mulut dan tenggorokan hingga 80 persen pada pria dan 65 persen pada wanita.

​4. Menurunkan fungsi otak

Fungsi otak bisa mengalami penurunan bila terlalu sering mengonsumsi alkohol. Hal ini dikarenakan bahaya alkohol dapat mengganggu kinerja zat kimiawi di otak yang berfungsi sebagai pengatur fungsi otak. Jika Anda mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak, Anda akan Kehilangan koordinasi, berkurangnya refleks tubuh, menurunnya penglihatan, gangguan mood, mudah lupa, pingsan, hingga meningkatnya risiko stroke.

Karena tingkat bahayanya yang tinggi, tentu sangat disarankan untuk berhenti mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, kita juga disarankan untuk mengubah pola makan dan pola hidup, seperti dengan mengonsumsi sayur dan buah, rajin berolahraga dan bila perlu mengonsumsi food supplement.

LIQUID CHLOROPHYLL


K-Liquid Chlorophyll, K-OmegaSquad Plus, K-Ayurveda AyuRin Plus adalah produk food supplement yang direkomendasikan. K-Liquid Chlorophyll yang merupakan zat hijau daun bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun akibat konsumsi alkohol yang berlebihan, serta mampu meningkatkan stamina.

K-OMEGASQUA PLUS


K-OmegaSqua Plus merupakan ekstrak omega 3 terbaik yang bermanfaat untuk meningkatkan dan melindungi kesehatan jantung. Hal ini penting mengingat jantung merupakan organ vital serta salah satu organ yang paling terkena dampak dari konsumsi alkohol.

K-AYURINPLUS


K-Ayurveda AyuRin Plus berasal dari ekstrak tanaman herbal India. Bermanfaat untuk meningkatkan kinerja hati dan ginjal, mengingat hati dan ginjal harus bekerja ekstra keras untuk memproses alkohol yang masuk ke tubuh kita.

Yuk, sayangi tubuh Anda dengan meninggalkan alkohol, lakukan pola hidup sehat serta rutin mengonsumsi food supplement (Dedi/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Kandungan Rokok yang Berbahaya Bagi Tubuh Manusia