Notice: Trying to get property 'slug' of non-object in /var/www/k-link/src2/src/wp-content/themes/k-link-wordpress-theme/functions/wordpress-custom-single-category-template.php on line 14
6 Cara Alami Ini Efektif Usir Insomnia – K-Link Indonesia

6 Cara Alami Ini Efektif Usir Insomnia

Insomnia dapat memengaruhi aktivitas sepanjang hari, dikarenakan kurang tidur membuat seseorang menjadi sulit berkonsentrasi dan tubuh akan terasa lemas. Itu mengapa, tidur merupakan proses penting, karena sel-sel akan melakukan regenerasi dan perbaikan ketika tubuh kita sedang beristirahat.

Ada dua jenis insomnia yang bisa dialami oleh manusia, yaitu insomnia akut dan insmonia kronis. Insomnia akut biasanya terjadi dalam jangka waktu yang tidak lama dan didasari sebab tertentu, misalnya rasa gugup dan cemas untuk menghadapi sesuatu. Sedangkan insomnia kronis bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama serta disebabkan penyakit psikologis tertentu.

Penggunaan obat tidur tidak selamanya baik bagi kesehatan. Tubuh kita akan bergantung secara tidak langsung pada obat tersebut, ditambah lagi jika penggunaannya di luar resep dokter, hal itu menjadi semakin berbahaya. Berikut 6 cara alami usir insomnia:

  • Lakukan Relaksasi


    (Foto : https://nit.pt/)

    Setelah lelah beraktivitas, ada baiknya Anda melakukan relaksasi agar tubuh menjadi lebih rileks. Cukup dengan lakukan peregangan sederhana sebelum tidur, Anda akan mendapati rasa kantuk lebih cepat datang. Untuk menangkan pikiran, Anda juga bisa menyalakan lampu dengan cahaya kecil, membakar lilin aromaterapi, serta mendengarkan lagu dengan tempo sendu selama proses relaksasi berlangsung.

  • Tentukan Jam Tidur


    (Foto : http://www.apdsramirao.pt)

    Menentukan jam tidur akan membuat tubuh Anda lebih mudah “membaca” kapan waktu untuk beristirahat. Aturlah jam tidur dengan waktu yang sama setiap harinya, minimal 7-9 jam bagi orang dewasa. Usahakanlah untuk tetap konsisten pada jam tidur Anda agar terhindar dari serangan insomnia. Jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk menunggu kantuk, seperti bermain ponsel atau game, karena hal tersebut bisa memicu rasa kantuk hilang dan Anda akan kesulitan untuk tidur.

  • Membaca Buku


    (Foto : https://unsplash.com)

    Daripada hanya melamun menunggu kantuk, lebih baik Anda mengisinya dengan membaca buku. Membaca dua sampai tiga halaman buku dapat memantik munculnya rasa kantuk. Hindari kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan saat Anda hendak tidur, dikarenakan saraf otak Anda akan memberi sinyal untuk terus bekerja. Lakukanlah hal yang santai dan membuat pikiran Anda rileks. Membaca buku fisik lebih disarankan daripada buku digital karena cahaya biru ponsel dapat mengganggu kerja hormon melatonin.

  • Atur Pola Makan Sebelum Tidur


    (Foto : https://www.ifarmakeia.gr)

    Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak saat hendak tidur, dikarenakan lambung akan bekerja dengan lebih lama untuk mencerna makanan. Makanlah kurang lebih 3-4 jam sebelum tidur, hal itu dilakukan untuk menghindari naiknya asam lambung atau refluks. Anda juga bisa mengonsumsi buah yang kaya akan melatonin seperti kiwi. Memakan buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat meningkatkan kuantitas serta kualitas tidur Anda.

  • Ubah Gaya Hidup


    (Foto : https://www.huffpost.com/)

    Insomnia juga disebabkan dengan gaya hidup yang tak sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi rokok dan kopi. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok serta kafein pada kopi menyebabkan seseorang sulit untuk tidur. Selain itu, imbangi pula gaya hidup dengan olahraga yang teratur. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar serta mendatangkan kantuk setelah lelah beraktivitas. Lakukanlah olahraga ringan seperti lari atau yoga untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

  • Memilih Bantal yang Nyaman


    (Foto : https://hellosehat.com)

    Memiliki peralatan tidur yang nyaman juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, karena rasa nyaman tersebut akan memancing rasa kantuk datang. Dapatkanlah pengalaman tidur nyenyak dan sehat bersama K-i LATEX PILLOW. Dirancang dengan teknologi tinggi, bantal terapi ini dilengkapi dengan ion negatif yang mampu meredakan stres dan memperbaiki suasana hati Anda.  Tak hanya itu, K-i LATEX PILLOW juga dapat memperlancar aliran darah serta menjaga kesehatan tubuh secara optimal.


Telah tersertifikasi oleh OEKO-TEX dan Howenstein Textile Institue di Jerman, K-i LATEX PILLOW dibuat dari bahan latex alami yang halus serta bebas dari bahan sintetis yang akan membuat aktivitas tidur Anda menjadi lebih aman.

Bantal ini juga didukung dengan bagian leher yang lembut serta kandungan antibakteri yang baik bagi penderita alergi atau asma, juga ramah bagi anak-anak. Kini, Anda tak perlu lagi meminum obat tidur untuk memancing kantuk, karena insomnia bisa diatasi dengan cara yang alami. Yuk, ucapkan selamat tinggal pada insomnia!