fbpx

Pilih Jenis Facial Yang Tepat Untuk Kulit Anda

Facial merupakan salah satu perawatan wajah agar kulit bersih, halus, dan terbebas dari komedo dan jerawat. Facial bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi. Banyak orang yang memilih perawatan wajah dengan cara rutin melakukan facial untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih. Sayangnya beberapa orang ada yang tidak mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan wajah tersebut, hal ini bisa terjadi dikarenakan mereka mengalami inflamasi dan kulit menjadi iritasi setelah facial atau bahkan jenis facial yang dilakukannya tidak sesuai dengan jenis kulitnya. Bagi Anda yang belum pernah melakukan facial, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis facial apa yang cocok untuk kulit Anda.

Yuk simak penjelasan beberapa jenis facial ini:

  1. Deep Cleansing Facial
    Facial jenis ini adalah facial yang paling umum karena cocok untuk semua jenis kulit. Untuk tahapan facialnya kurang lebih disetiap salon atau klinik kecantikan sama, mulai dari pembersihan, pengelupasan, pemijatan, masker dan diakhiri dengan pemberian pelembab
  2. Antiaging Facial
    Facial jenis ini sebenarnya cocok untuk semua jenis kulit, tetapi biasanya beautician menyarankan facial jenis ini untuk mereka yang sudah memiliki kerutan pada wajahnya karena facial jenis ini dapat mengatasi kerutan di wajah dan mencegah penuaan dini. Facial jenis ini biasanya menggunakan produk yang kandungannya dapat menjaga elastisitas kulit, menjaga keremajaan kulit dan mengandung banyak pelembap seperti alpha atau beta-hydroxy acids, squalence-collagen dan vitamin C.
  3. Oily and Acne Treatment Facial
    Untuk Anda yang bermasalah dengan kulit berminyak dan berjerawat, facial ini sangat dianjurkan. Selain membersihkan, facial ini akan melalui proses ekstraksi (pengangkatan komedo dengan alat khusus) dan menormalkan produksi minyak berlebih dengan produk yang mengandung belerang, enzim antibiotik atau trace element. Dalam facial jenis ini, massage tidak dianjurkan karena jika wajah yang berjerawat di-massage, akan memperparah peradangan pada daerah sekitar jerawat. Untuk hasil yang maksimal, dianjurkan untuk melakukan facial dua minggu sekali.
  4. Aromatherapy Facial
    Facial jenis ini cocok untuk Anda yang lelah dengan padatnya aktivitas sehari-hari yang membuat otot wajah menegang atau stress, karena facial ini akan memberikan sensasi pijatan untuk memberikan rasa tenang dan rileks. Biasanya diiringi dengan penggunaan minyak aromaterapi, seperti lavender, teh hijau atau melati.
  5. Whitening Facial
    Untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, biasanya kulit menjadi hitam dan kusam karena paparan sinar matahari, debu dan polusi. Disarankan untuk melakukan whitening facial secara rutin agar kulit tetap bersih dan cerah. Proses whitening facial ini kurang lebih sama dengan deep cleansing facial. Perbedaannya produk yang digunakan untuk jenis facial ini biasanya mengandung pemutih.
  6. Revitalizing Facial
    Facial jenis ini dapat memberikan energy baru untuk kulit. Perbedaan tahap facial jenis ini dengan yang lainnya adalah proses disemprotkannya oksigen murni dan cairan yang kaya akan vitamin. Hasil dari jenis facial ini adalah kulit menjadi lebih cerah, segar dan sehat.
  7. Hydrating Facial
    Facial jenis ini tentunya hanya untuk Anda yang jenis kulitnya sangat kering. Hydrating facial dapat melembapkan kulit wajah dengan pemberian pelembap ekstra pada kulit.

Dari penjelasan di atas, tentunya Anda sudah bisa memutuskan ya facial jenis apa yang cocok untuk keadaan kulit Anda agar kulit Anda senantiasa terjaga kesehatan dan kecantikannya. Namun, alangkah lebih baik bila Anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan wajah. So ladies, make sure you take care of your face. (Puput/Marini)