Notice: Trying to get property 'slug' of non-object in /var/www/k-link/src2/src/wp-content/themes/k-link-wordpress-theme/functions/wordpress-custom-single-category-template.php on line 14
Memasuki New Normal, Pastikan Sistem Kekebalan Tubuh Tetap Terjaga – K-Link Indonesia

Memasuki New Normal, Pastikan Sistem Kekebalan Tubuh Tetap Terjaga

Selama masa pandemi Virus Corona atau COVID-19, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebarannya. Berbagai upaya seperti physical distancing, PSBB, WFH, himbauan menjaga kekebalan tubuh, perilaku hidup bersih dan sehat mulai dibiasakan masyarakat. Hingga pada awal Juni ini, pemerintah menerapkan masa new normal.

Penerapan masa new normal oleh pemerintah seakan menjadi menjadi fase kehidupan baru bagi masyarakat. Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmita mengatakan, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19, termasuk dalam hal melaksanakan pola hidup sehat demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu upaya untuk mencegah COVID-19 adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, guna mencegah serangan Virus Corona:

Baca Juga: ​ Hindari Virus dengan Nutrisi Harian Penambah Imun

  • Tidur Cukup

(Foto: https://www.freepik.com/)

Pastikan Anda untuk tidur selama 8 jam dalam sehari. Tidur nyenyak dan berkualitas adalah salah satu faktor yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari perangkat digital seperti smartphone saat sebelum tidur. Hindari kebiasaan begadang ya, pastikan tidur sekitar pukul 22.00 – 06.00.

  • Olahraga Teratur

(Foto: https://www.freepik.com/)

Olahraga rutin akan meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak perlu melakukan olahraga berat, hanya dengan berlari atau jogging di sekitar lingkungan rumah, berenang serta bersepeda saja juga sudah cukup.

  • Hindari Asap Rokok

(Foto: https://www.freepik.com/)

Asap rokok tidak baik untuk tubuh. Selain merusak paru-paru, asap rokok juga mengacaukan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih rentan terinfeksi virus. Nikotin dapat meningkatkan kadar kortisol yang membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi. Selain itu, perokok pasif bisa berisiko mengalami gangguan pernapasan. Untuk itu, sebisa mungkin hindari merokok atau berada di sekitar orang yang sedang merokok.

  • Kelola Stres

(Foto: https://www.freepik.com/)

Stres yang berkelanjutan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit. Jadi hubungan antara tubuh dan pikiran tidak bisa diremahkan, lho. Penting untuk Anda mengelola stres dengan baik guna menghindari menurunnya daya tahan tubuh.

  • Perhatikan Asupan Nutrisi

(Foto: https://www.freepik.com/)

​Antioksidan dalam makanan, khususnya vitamin C, punya fungsi untuk menguatkan sistem imun. Jika sistem imun kuat, tubuh pun tak mudah terkena penyakit. Perbanyak konsumsi buah, sayuran, daging matang, dan minum air putih. Bawang putih dan jahe juga dapat membantu melawan virus dan bakteri serta anti radang.

​Untuk memenuhi asupan nutrisi di masa new normal, K-Link Indonesia menyediakan berbagai suplemen dan multivitamin tambahan seperti K-Liquid Chlorophyll, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant dan K-Sauda VCO. Ketiganya bekerja secara sinergis untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa pandemi.

K-Liquid Chlorophyll merupakan minuman kesehatan yang mengandung klorofil dari daun alfalfa (Medicago Sativa). Kandungan nutrisi dan klorofil di dalamnya  berperan meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan menghasilkan energi untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Minuman ini juga mengandung vitamin A yang dapat melindungi sel sehat dari radikal bebas, sehingga menjadikan imunitas semakin optimal.


K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant merupakan makanan kesehatan yang mengandung spirulina dari California. Tinggi vitamin A, B kompleks, C, E, serta mineral selenium yang berperan dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan pigmen betakaroten, SOD (Super Oxide Dismustase) sebagai antioksidan di dalamnya menjadikan imunitas semakin maksimal dalam melawan virus. 


K-Sauda VCO merupakan suplemen kesehatan yang mengandung VCO (Virgin Coconut Oil), habbatusauda, dan vitamin E. Prof. Dr. Walujo Soerjodibroto MSc., Guru Besar Universitas Indonesia mengatakan, asam laurat pada VCO, terbukti sebagai antivirus, antibakteri, dan antiprotozoa. Kandungan vitamin E di dalamnya juga berperan melindungi sel sehat dari paparan radikal bebas yang mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh Anda.


Ayo siapkan diri Anda di masa new normal, terapkan protokol kesehatan. Pastikan untuk rajin mengonsumsi suplemen dan multivitamin tambahan seperti K-Liquid Chlorophyll, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant dan K-Sauda VCO untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Angga/Jody/Rahma)