Manfaat Mandi Pagi Untuk Kesehatan

Mandi pagi, mungkin menjadi momen yang kadang Anda hindari karena beberapa hal yang mungkin Anda tidak sukai: seperti air di pagi hari yang sangat dingin, malas, dan beberapa hal lainnya. Tapi tahukah Anda bila mandi pagi sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan?

Pagi hari adalah momen yang tepat untuk beraktivitas. Hal ini dikarenakan udara pagi banyak mengandung beberapa unsur yang dibutuhkan oleh kesehatan. Beberapa unsur baik bagi kesehatan tersebut tercampur dengan air yang Anda gunakan untuk mandi di pagi hari, sehingga air di pagi hari mempunyai kualitas yang sangat baik.

Lalu apa saja dampak kesehatan mandi pagi untuk tubuh kita? Simak selengkapnya berikut ini:

  • Terhindar dari penyakit rematik


    (Foto : https://www.escuelaquiros.com)

    Kualitas air di pagi hari jelas berbeda dengan kualitas air di malam hari yang berbahaya karena dapat menyebabkan rematik. Kualitas air di pagi hari yang mengandung banyak karbon dioksida mampu menangkal dan menghindarkan Anda dari penyakit rematik. Sehingga bagi Anda yang memiliki masalah dengan penyakit rematik, cobalah untuk rutin mandi di pagi hari.

  • Menjaga kesegaran dan kelembapan kulit


    (Foto : https://www.escuelaquiros.com)

    Bukan hanya menghindarkan Anda dari penyakit, mandi di pagi hari juga bermanfaat mengeluarkan racun-racun yang melekat di kulit Anda (seperti proses detokfikasi). Kandungan karbon dioksida yang tinggi di air saat pagi hari, mampu memberikan kesegaran dan kelembapan yang baik bagi kulit Anda.

  • Sistem daya tahan tubuh akan meningkat



    Air di pagi hari tanpa kita sadari ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Ini terjadi karena adanya rangsangan pada tubuh yang memacu produksi sel darah putih yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh, sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

  • Mengurangi kadar gula dalam darah


    (Foto : https://pxhere.com)

    Bagi Anda yang memiliki masalah kadar gula yang cukup tinggi dalam darah, dapat diatasi dengan rutin melakukan mandi pagi. Karena proses detokfikasi yang terjadi saat mandi di pagi hari dapat menyeimbangkan kadar gula dalam darah oleh suhu tubuh. Tidak hanya itu saja, mandi di pagi hari juga mampu memberikan penangkal alami agar kadar gula dalam darah Anda tidak lagi tinggi.

  • Memperlancar sirkulasi darah


    (Foto : https://healthy-zone.ro)

    Mandi di pagi hari juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh Anda, maka seluruh organ tubuh pun akan tetap sehat. Manfaat lainnya adalah mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

  • Mengurangi tingkat stres


    (Foto : https://www.osteopathiepraktijken.nl)

    Saat tubuh Anda basah oleh air dingin di pagi hari, maka pasokan oksigen akan terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh Anda dalam jumlah yang cukup. Dengan terpenuhinya kebutuhan oksigen pada organ tubuh yang memerlukan oksigen, maka hal ini dapat mengurangi tingkat stres yang Anda alami.

  • Meningkatkan kesuburan sistem reproduksi


    (Foto : https://floridaweddingservices.com)

    Dengan mulai mandi air dingin di pagi hari secara rutin, akan menstimulasi sekaligus memicu produksi hormon testoteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita sehingga kesuburan baik pria maupun wanita akan meningkat.

  • Meningkatkan kesehatan rambut di kepala


    (Foto : https://beverlymay.com.au)

    Anda Tidak hanya menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut atau mahkota kepala Anda, namun mandi pagi dengan air dingin akan memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok maupun kusam.

Mandi pagi memang bukan hal yang sulit dilakukan, namun mandi pagi menjadi salah satu aktivitas yang rutin ‘malas’ untuk Anda lakukan. Padahal dengan kita rutin mandi di pagi hari, membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh kita sendiri. Karena itu, jaga kesehatan tubuh Anda dengan mandi di pagi hari secara teratur. Salam sehat! (Abn/Marini)