Kenapa Gusi Bisa Berdarah ?

Mungkin banyak di antara kita yang pernah mengalami saat sedang asyik menyikat gigi tiba-tiba muncul darah pada sikat gigi kita. Saat kita lihat ke kaca, ternyata ada darah yang muncul dari bagian bawah gigi. Hal ini umumnya berhubungan dengan adanya gangguan pada gusi kita.

Gusi/gum merupakan jaringan kokoh yang umumnya berwarna pink (merah muda) karena di daerah ini terdapat banyak pembuluh darah yang kecil dan rapat. Gusi membungkus tulang rahang atas dan bawah, serta menempel pada bagian bawah gigi. Karena itu, apapun yang terjadi pada gigi dapat berdampak pada gusi.

Terdapat 2 permasalahan umum yang terjadi pada gusi, yaitu gingivitis (peradangan pada gusi) dan periodontitis (infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan dapat menghancurkan gigi Anda). Saat mengalami kedua gangguan ini, umumnya gusi kita akan mengalami pembengkakan, disertai timbulnya rasa nyeri dan juga pendarahan.

Kenapa gingivitis maupun periodontitis dapat terjadi?

Ada beberapa penyebabnya, antara lain:

  1. Plaque
    Plak merupakan lapisan bakteri di mulut yang umumnya menyebabkan gangguan pada gigi maupun pada gusi.
  2. Iritasi
    Pemakaian pasta gigi yang tidak tepat, dan bersifat korosif yang tinggi juga dapat memicu terjadinya iritasi.
  3. Sisa makanan
    Sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi dapat menyebabkan terbentuknya plak dan akan mengganggu kesehatan gigi dan gusi.
  4. Obat-obatan tertentu
    Beberapa obat seperti obat darah tinggi dapat membuat pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi.

Nah, kini jelas sudah bukan bahwa penyebab gusi berdarah itu ada bermacam-macam. Salah satunya adalah karena penggunaan pasta gigi yang tidak tepat. Karena itu, jangan lupa memperhatikan jenis pasta gigi yang kita gunakan. Pasta gigi tersebut sebaiknya tidak menyebabkan pengikisan pada gigi kita, karena hal ini dapat memicu terjadinya gusi berdarah. (Jabbar/Marini)