Kenali Gejala GERD dan Pencegahannya

Mitra K-Link, banyaknya aktivitas yang menyita waktu dan tenaga, tanpa Anda sadari akan menggangu kualitas kesehatan Anda. Salah satunya adalah penyakit lambung yang biasa dikenal dengan nama GERD.

Menurut Dr. Ari Fahrial Syam MD.PHD.FACP, dari divisi Gastroenterologi, Universitas Indonesia Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo yang dikutip dari majalah Femina menuturkan, bila GERD mempunyai gejala utama yaitu nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Nyeri di dada kadang dibarengi dengan mulut pahit karena adanya asam yang naik dari kerongkongan.

Beberapa gejala tambahan juga akan menyertai gejala GERD antara lain mual, muntah, batuk, nyeri, sering sendawa, begah, dan cepat merasa kenyang. Untuk masyarakat awam, gejala-gejala ini sering dianggap sebagai gejala serangan jantung karena rasa yang amat panas pada dada dan maag yang tiba-tiba kambuh yang membuat rasa tidak nyaman dalam perut.

Yang dapat Anda lakukan bila sudah mengalami gejala-gejala ini adalah melakukan beberapa cara agar GERD dapat Anda kendalikan. Kami memiliki beberapa cara agar gejala GERD yang menyerang tubuh dapat teratasi, berikut penjabarannya untuk Anda :

Cegah kegemukan (Obesitas)

Saat Anda tidak memperhatikan pola makan, hal ini dapat mempengaruhi berat badan Anda yang dari hari ke hari akan meningkat. Ini akan menjadi masalah bila Anda tidak mengontrolnya dengan baik. Obesitas merupakan salah satu faktor yang menyebabkan gejala GERD, sehingga disarankan untuk Anda yang mengalami masalah terkait berat badan sebaiknya untuk coba lebih memperhatikan pola makan Anda agar terhindar dari gejala GERD.

Konsumsi daging dan lemak secara berlebihan

Makanan yang berbahan dasar daging memang sangat menggoda untuk dinikmati, namun ingat! Bila terlalu banyak, hal tersebut sangat tidak bagi kesehatan tubuh Anda. Dikarenakan makanan berbahan dasar daging atau makanan berlemak dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga menyebabkan produksi dalam lambung akan semakin banyak yang dapat menyebabkan gejala GERD.

Kendalikan stres

Dalam tubuh, otak dan sistem pencernaan saling berhubungan melalui sistem saraf pusat. Jaringan saraf tulang belakang, sistem saraf otonom, ada relasi antara otak dan perut. Sehingga stres dapat memicu produksi asam lambung yang meningkat.

Hindari Diabetes

Dan yang terakhir adalah dengan mengkontrol kadar gula dalam tubuh Anda yang menyebabkan diabetes. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat merusak saraf yang mengedalikan pencernaan. Sehingga dapat menyebabkan makanan yang tinggal di dalam lambung memproduksi banyak asam lambung yang berpotensi naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Jika Anda dapat mengendalikan beberapa faktor di atas, dipastikan gejala GERD akan dapat Anda kendalikan. Namun, juga diperlukan beberapa suplemen penunjang untuk membantu agar Anda terhindar dari gejala GERD. K-Link Indonesia memiliki banyak produk yang dapat Anda coba untuk menghindari gejala GERD ini, beberapa produk tersebut dapat Anda lihat disini.

Jaga terus tubuh Anda dari bahaya berbagai penyakit yang siap menyerang Anda dimana dan kapan saja. Sehingga diperlukan beberapa cara tepat dan cepat untuk mengantisipasi beberapa penyakit yang siap menyerang tubuh Anda. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, dan ayo hidup sehat dengan mengkonsumsi produk-produk berkualitas dari K-LINK! (Abn)