Kenali Bahaya Konsumsi Makanan Cepat Saji

Apakah Anda gemar mengonsumsi fast food? Ya, tentu saja bagi Anda yang tinggal di perkotaan pasti pernah mencobanya. Cara penyajian yang cepat dan instan membuat semua orang praktis menyantapnya. Tapi tahukah Anda, dibalik kelezatan yang ditawarkan oleh makanan cepat saji ini justru berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Selain mengandung banyak garam, lemak, fast food juga mengandung kalori yang tinggi, termasuk kolesterol hingga 70% dan sangat minim serat. Kandungan gizi pada fast food pun sangat rendah, ditambah zat pengawet dan zat adiktifnya membuat Anda ketagihan terus untuk mengonsumsinya.

Baca juga : Menjaga Kesehatan Jantung dengan Minyak Zaitun

Jika Anda hobi mengonsumsi makanan cepat saji, sebaiknya segera kurangi karena akan mengganggu kesehatan. Berikut ini 4 dampak buruk mengonsumsi fast food:

  1. Meningkatkan Risiko Serangan Jantung
    Jantung koroner merupakan penyakit yang sering menyerang penggemar makanan cepat saji. Ketika menelan banyak kalori, tubuh Anda dipaksa memproduksi insulin dalam jumlah ekstra untuk mengubah karbohidrat menjadi gula darah. Namun, insulin yang terlalu banyak akan memicu penggabungan dengan lemak dan dapat merusak pembuluh darah. Kandungan kolestrol yang tinggi dalam fast food juga dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah sehingga membuat peredaran darah tidak lancar dan mengakibatkan serangan jantung koroner.
  2. Penuaan Dini
    Kandungan gula, lemak trans, dan pati dapat menyebabkan insulin melonjak lalu memicu respon inflamasi. Inflamasi atau peradangan mempercepat proses penuaan yang menimbulkan keriput dini dengan menonaktifkan antioksidan dalam tubuh. Dampaknya kulit akan rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari.
  3. Meningkatkan Berat Badan
    Makanan cepat saji mengandung banyak sodium, karena itu dapat menimbulkan kembung. Sebenarnya, fungsi sodium adalah untuk mengatur jumlah darah dalam pembuluh Anda dan menarik serta menahan air di dalam tubuh. Konsumsi berlebihan sodium menyebabkan sel-sel tubuh Anda kelebihan cairan. Oleh karena itu tubuh Anda menjadi lebih gemuk, lingkar pinggang dan perut bertambah lebar.
  4. Menurunkan Daya Ingat
    Mengonsumsi makanan tidak sehat secara terus-menerus atau fast food dapat menurunkan IQ Anda. Tingginya glukosa, lemak, atau bahan kimia lainnya di dalam makanan akan memperlambat sel otak dalam mencerna semua informasi. Hal itu akan mempengaruhi kemampuan berfikir dan daya ingat seseorang.

Baca juga : Hal-Hal Yang Membuat Wanita Cepat Gemuk

Jadi ada baiknya jika Anda menghindari atau mengurangi konsumsi fast food demi kesehatan tubuh Anda. Beralihlah ke makanan yang lebih sehat dan kaya akan gizi dan serat. (Jody/Marini)