Cara Tepat Menikmati Kopi Agar Tubuh Tetap Sehat

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang yang tak dapat dipisahkan. Selain teh, kopi merupakan minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia. Ya, rasanya kurang lengkap untuk memulai dan menutup hari tanpa kopi.

Khasiat kopi juga dipercaya sebagai sumber antioksidan yang sifatnya baik untuk tubuh. Ada pula senyawa kimia kafein yang sering diklaim membawa manfaat sekaligus juga bahaya pada kopi. Jadi mana yang benar, kopi bermanfaat untuk tubuh atau tidak? Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara menikmati kopi dengan tepat sehingga memberikan manfaat baik.

Nah, bagaimana cara tepat menikmati kopi agar tubuh tetap sehat? Simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga: https://k-link.co.id/manfaat-minum-kopi-bagi-kesehatan/

  • Perhatikan Takarannya


    (Foto : https://unsplash.com)

    Dikutip dari health.detik.com, takaran minum kopi yang wajar adalah 3-4 cangkir per hari. Satu cangkir kopi diperkirakan mengandung sekitar 100 miligram (mg) kafein. Kafein kurang dari 500 mg per hari secara umum seharusnya aman untuk kesehatan. Namun perhatikan kondisi tubuh setelah minum kopi. Jika berdebar-debar, sebaiknya kurangi dosisnya. 
  • Hindari Minum Kopi Setelah Pukul 15.00  


    (Foto : https://avatars.yandex.net/)

    Masalah sulit tidur mungkin saja muncul jika Anda minum kopi di waktu yang salah. Hal ini dapat menganggu jadwal tidur Anda. Jika jadwal tidur terganggu, maka juga akan membuat kualitas tidur menjadi kurang baik. Tidak minum kopi setelah jam 3 sore adalah cara baik untuk memulai hidup sehat. Tapi tidak semua orang mempunyai kesamaan sensitif terhadap kafein, ada beberapa orang yang mungkin tidur dengan baik walaupun minum kopi saat sore hari.
  • Kurangi Gula


    (Foto : https://media1.s-nbcnews.com)

    Orang yang tidak terbiasa dengan rasa pahit, gula atau susu mungkin menjadi campuran yang pas saat minum kopi. Baiknya Anda mengganti gula dengan pemanis alami, seperti madu, gula kelapa, atau stevia. Meski tetap ada kalorinya, setidaknya pemanis alami tidak membuat kadar gula darah naik secara drastis.
  • Biasakan Minum Air Putih Sebelum Minum Kopi


    (Foto : http://www.youthmanual.com)

    Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kafein yang ada pada kopi dapat memicu kehilangan cairan. Jika Anda terbiasa minum kopi tanpa minum air putih sebelumnya, maka risiko dehidrasi bisa muncul. Oleh karena itu, baiknya Anda membiasakan untuk minum air putih yang cukup terlebih dahulu sebelum minum kopi.  
  • Batasi Minum Kopi dalam Sehari


    (Foto : https://thenypost.files.wordpress.com/)

    Asupan apapun yang bermanfaat untuk tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyebabkan masalah. Untuk itu, baiknya tidak mengonsumsi kopi terlalu banyak. Dalam satu hari, batasi 2-3 cangkir saja. Mengonsumsi terlalu banyak kafein dalam tubuh, akan berdampak kurang baik untuk pola tidur Anda.

Itulah 5 cara tepat menikmati kopi agar tubuh tetap sehat. Sebagai penikmat kopi, rasanya belum lengkap jika belum mencoba kopi ginseng. Bukan sekedar kopi biasa, kopi ginseng punya manfaat lebih. Segala kebaikan kopi ginseng bisa Anda temukan pada K-Link Coffe 4 in 1. Dibuat dari biji kopi Arabika kualitas terbaik dan ekstrak ginseng, menambah aroma dan cita rasa yang khas tetap terjaga.


K-Link Coffe 4 in 1 siap pulihkan kondisi tubuh yang letih setelah sibuk beraktivitas atau pasca sakit. Kandungan ekstrak ginseng di dalamnya juga memberikan kesegaran dan tenaga ekstra. Nah mulai sekarang, yuk biasakan menikmati kopi dengan cara yang sehat agar tidak kehilangan khasiatnya. Lengkapi serunya minum kopi ginseng dengan K-Link Coffe 4 in 1

Artikel Rekomendasi: https://k-link.co.id/kopi-durian-salah-satu-kombinasi-unik-minum-kopi/