5 Tips Memanjakan Diri Setelah Sibuk Beraktivitas

Tenggelam dalam kesibukan memang membuat kita merasa produktif, tapi tahukah Anda bahwa lelah fisik dan stres biasa disebabkan oleh pembagian waktu yang tak seimbang antara bekerja dan beristirahat? Sering kita terlena dengan aktivitas yang kita lakukan, sampai akhirnya lupa bahwa tubuh juga perlu dimanjakan.

Memanjakan diri penting untuk menjaga fisik dan emosi tetap stabil. Jika Anda tiba-tiba merasa lunglai atau muncul memar di beberapa bagian tubuh, itu pertanda Anda sangat kelelahan. Fisik yang lelah juga dapat memengaruhi emosi dalam diri kita, sehingga kita akan mudah uring-uringan dan marah hanya karena hal yang sepele.

Setelah sibuk beraktivitas, ada baiknya meluangkan waktu untuk memanjakan diri sebagai bentuk penghargaan kepada diri Anda. Memanjakan diri pun tak harus selalu menguras banyak biaya, Anda bisa memulainya dengan hal-hal sederhana berikut ini:

  • Berendam Air Hangat


    (Foto : https://a1.r9cdn.net)

    Luangkan waktu 15-20 menit untuk berendam dalam air hangat. Sambil berendam, jangan lupa gunakan sabun dengan aroma favorit Anda agar pikiran semakin rileks. Mendengarkan lagu yang menenangkan juga bisa menjadi pilihan. Saat berendam, saraf parasimpatis dalam tubuh kita akan melepaskan hormon dopamin, yang mana hormon ini akan bekerja melawan pemicu stres dalam tubuh. Berendam air hangat juga bisa membuat otot-otot di tubuh kita melemas, salah satunya mengurangi tekanan dalam otot kardiovaskular yang berdampak pada menurunnya rasa cemas.

  • Pijat Refleksi



    Selain berendam, pijat refleksi bisa menjadi pilihan untuk Anda coba. Pijat refleksi dipercaya mampu membuat tubuh semakin rileks, karena bertumpu pada beberapa titik dalam tubuh kita yang berkaitan langsung dengan saraf. Pijat ini juga mampu mengatasi rasa lelah dalam tubuh dan mengurangi sakit kepala tanpa harus meminum obat-obatan. Anda bisa melakukan sendiri pijat refleksi di rumah, namun jika ingin hasil yang lebih maksimal, menggunakan jasa terapis bisa menjadi alternatif yang tepat.

  • Creambath dan Masker Wajah


    (Foto : medcom.id)

    Cara lain untuk melakukan relaksasi adalah dengan creambath dan masker wajah. Creambath akan membuat kepala kita terasa lebih segar dan rileks, ditambah lagi aroma krim rambut akan meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih baik. Mengoleskan masker di wajah juga mampu menimbulkan efek yang menenangkan, kulit akan menjadi lebih bersih setelah menghadapi polusi dan debu hampir setiap hari. Jangan lupa untuk pilih krim rambut dan masker wajah yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

  • Meditasi


    (Foto : http://www.meltmacaroni.com)

    Meditasi menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan pada waktu senggang. Cukup luangkan waktu 20 menit, Anda akan merasakan pikiran melonggar perlahan-lahan. Meditasi dipercaya mampu menurunkan detak jantung yang berlebihan dan mengatur aliran serta tekanan darah menjadi kembali  normal. Proses meditasi akan lebih menenangkan jika Anda menyalakan lilin aromaterapi, atau bisa mencoba aroma lavender atau rosemary yang mampu menurunkan hormon pemicu stres.

  • Tidur yang Berkualitas


    (Foto : Shutterstock.com)

    Dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan untuk memanjakan diri, tidur tetap menjadi pilihan utama. Saat tidur, tubuh akan menurunkan intensitas kerja hormon adrenalin dan meningkatkan fungsi hormon melatonin, sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Usahakan lengkapi waktu tidur Anda selama 7-8 jam sehari agar tubuh terasa bugar. Tidur dengan waktu yang cukup juga mampu mengatur suasana hati menjadi lebih baik.


Agar tidur Anda semakin nyaman, pilihlah peralatan tidur yang tepat. K-i LATEX PILLOW yang merupakan bantal terapi dapat menjadi solusi untuk mendapatkan pengalaman tidur yang berkualitas. Didukung dengan chip berupa ion negatif, daya tahan tubuh Anda akan meningkat dan alirah darah menjadi lebih lancar saat tidur.

K-i LATEX PILLOW telah tersertifikasi menggunakan latex alami tanpa campuran bahan sintetis yang mampu menimbulkan sensasi halus dan nyaman saat digunakan. Dilengkapi pula dengan penyangga leher yang kokoh dan lembut serta bahan antibakteri yang ramah terhadap penderita asma.