Tahapan Skincare Sebelum Menggunakan Serum Agar Hasilnya Maksimal

Menggunakan rangkaian skincare rasanya sudah menjadi kewajiban kita jika ingin memiliki kulit wajah yang indah dan sehat. Adapun salah satu rangkaian yang paling penting adalah serum. Ya, serum kini menjadi tahapan perawatan wajah yang tidak boleh terlewatkan, apalagi bagi mereka yang usianya di atas 30 tahun, serum dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

Serum wajah merupakan produk perawatan kulit yang kaya nutrisi serta mengandung bahan aktif yang diformulasikan agar menyerap ke bagian kulit yang lebih dalam. Umumnya, serum wajah bersifat ringan dan bertekstur cair.

Setiap jenis serum memiliki aturan pemakaian yang berbeda-beda. Ada jenis serum yang dikhususkan untuk digunakan pada malam hari saja, namun kebanyakan serum dapat diaplikasikan pada malam dan pagi hari. Selain itu, ada juga serum yang dipakai 2-3 kali dalam seminggu.  Oleh karena itu, kamu perlu melihat aturan pakai pada botol atau kemasan serum agar tidak salah penggunaan.

Serum dapat bekerja dengan maksimal jika diaplikasikan dengan tepat. Sebaliknya, jika salah cara pemakaiannya, maka hasilnya pun tidak bisa maksimal bahkan dapat menimbulkan masalah baru pada wajah. Supaya hasilnya maksimal, kamu perlu tahu terlebih dahulu tahapan menggunakan skincare sebelum penggunaan serum yang tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu! Ini Pentingnya Kolagen Bagi Tubuh Manusia

1. Bersihkan Wajah dengan Milk Cleanser

Pastikan wajahmu bersih sebelum menggunakan serum. Kamu bisa membersihkan wajah dengan milk cleanser, untuk mengangkat sisa kotoran setelah beraktivitas atau debu yang menempel saat tidur. Ratakan milk cleanser pada wajah sambil dipijat halus dan angkat sisa produk dengan kapas.

​2. Cuci Wajah dengan Facial Wash

Setelah mencuci wajah dengan facial wash, keringkan menggunakan handuk lembut dengan menekan wajah secara perlahan, bukan diusap. Mencuci wajah berfungsi untuk membantu mengembalikan kesegaran wajah dan mengangkat sisa–sisa milk cleanser.

​3. Gunakan Toner

Untuk menyeimbangkan kembali pH kulit agar kulit wajah siap menerima nutrisi pada tahapan selanjutnya, gunakanlah toner. Tuangkan toner pada kapas secukupnya dan aplikasikan pada wajah dengan lembut dan merata.

​4. Gunakan Serum

  • Ambil 4-6 tetes serum kemudian teteskan di telapak tangan dan oleskan pada wajah serta leher dengan lembut dan merata.
  • Tunggu kurang lebih satu menit agar serum dapat meresap maksimal. Kemudian oleskan pelembap pada wajah untuk membantu menutrisi wajah.
  • Jika kamu melakukannya pada pagi atau siang hari sebelum beraktivitas di luar ruangan, sebagai langkah perawatan kulit terakhir, aplikasikan tabir surya atau sunscreen.

Yang harus diperhatikan di antara setiap langkah adalah tunggu sekitar 30-60 detik hingga produk terserap ke dalam kulit. Penggunaan serum baiknya dilakukan setiap hari agar hasilnya maksimal. Serum mengharuskan penggunaan yang rutin agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Jangan buru-buru menyimpulkan serum tidak bekerja pada kulitmu, jika kamu baru memakainya sekali atau dua kali saja. Seperti jenis skincare lainnya, kamu perlu memakainya hingga dua minggu atau satu bulan untuk melihat hasilnya.


Disarankan untuk kamu menggunakan serum sesuai dengan permasalahan kulit yang dihadapi. Jika kamu sedang berfokus untuk mengurangi masalah penuaan dini pada wajah, kamu bisa menggunakan K-Beaucareline Marine Essence.

K-Beaucareline Marine Essence adalah serum perawatan kulit wajah yang berkonsentrasi pada masalah kulit akibat penuaan, seperti kerutan, kulit kusam, garis halus, serta flek hitam. Serum yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit ini diperkaya dengan Sticol Collagen Peptides. Kandungan ini memiliki ukuran 1000-5000 Dalton dan memiliki struktur kulit sehingga mempermudah penyerapan kedalam kulit.

 Manfaat Sticol Collagen Peptides antara lain:

  • Membantu menjaga elastisitas kulit
  • Membantu menjaga kelembapan kulit
  • Membantu menyamarkan noda hitam di wajah
  • Menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah

Yuk, rawat kulit dengan serum K-BeauCareline Marine Essence agar tanda penuaan pada wajah tersamarkan dan kulit menjadi terawat! Jangan lupa gunakan serum ini setiap hari sesuai dengan urutan penggunaan di atas agar hasilnya lebih maksimal, ya! (Venny/Isti/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Bolehkah Masker Wajah Digunakan Setiap Hari?