Kesehatan Pencernaan Menentukan Daya Tahan Tubuh

Menjalani aktivitas sehari-hari di tengah pandemi membuat kita harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Salah satunya dengan menjaga sistem pencernaan, karena memiliki peranan sebagai akses masuk dari berbagai penyakit.

Beberapa dari kalian mungkin tidak menyadari bahwa saluran pencernaan sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh. Kondisi usus sangat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Bakteri-bakteri baik yang ada di usus bersifat melindungi kondisi usus dan menjaga kesehatan pencernaan. Jika fungsi ini tidak bekerja dengan baik, maka penyerapan nutrisi akan berkurang, sehingga dapat mengganggu daya tahan tubuh, dan penyakit akan mudah menyerang.

Gangguan pencernaan dapat terjadi pada semua golongan usia, mulai dari bayi hingga lansia. Biasanya gangguan pencernaan ditandai dengan perut kembung, sulit menelan, nyeri tenggorokan, nyeri ulu hati, nyeri perut, mulas, mual, dan diare. Ketika gejela-gejala itu terjadi, pasti Anda akan merasa sangat terganggu.

Mencegah terjadinya gangguan pencernaan dapat dilakukan dengan menjalani gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa upaya yang dapat Anda lakukan:

Baca Juga: Awas! Jangan Asal Konsumsi Minuman Penambah Energi

  • Konsumsi asupan makanan sehat
  • Makan secara perlahan dan tidak berlebihan
  • Menghindari makanan tinggi lemak
  • Mengonsumsi cukup serat
  • Banyak minum air putih
  • Menjaga kebersihan
  • Rutin berolahraga
  • Menghindari stres

Dari semua upaya di atas, mengonsumsi asupan yang sehat menjadi salah satu faktor yang harus benar-benar Anda perhatikan. Konsumsilah makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Madu mengandung pre-biotik alami yang bermanfaat bagi usus, karena memberi makan bakteri baik dalam usus. Madu dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan sebagai alternatif obat.

Apa saja manfaat madu bagi kesehatan pencernaan? Berikut penjelasannya:

1. Sebagai Antibakteri

(Foto : https://www.shutterstock.com)

Madu memiliki sifat antibakteri alami terhadap kuman yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Beberapa kuman tersebut antara lain kuman penyebab mag, diare, disentri, radang usus, sampai kolera. Mengonsumsi madu juga dapat membantu meredakan proses peradangan akibat infeksi saluran pencernaan.

2. ​Membantu Mengatasi Diare

(Foto : https://hips.hearstapps.com)

Mengonsumsi air yang dicampur dengan madu dapat membantu mengatasi dehidrasi dan kehilangan kalium akibat dehidrasi. Selain itu, dapat membantu mempercepat penyembuhan mukosa usus yang rusak akibat bakteri dan virus penyebab diare.

3. ​Membantu Sistem Pencernaan

(foto : https://i0.wp.com)

Madu juga mengandung beberapa enzim pencernaan yang dapat membantu tubuh mencerna karbohidrat dari makanan.

4. ​Kaya Nutrisi

(foto: https://i0.wp.com)

​Madu merupakan produk alami yang mengandung kurang lebih 200 zat gizi yang dapat menjaga kesehatan tubuh, seperti asam amino, vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan.

Nah, sudah tahu kan madu memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan pencernaan? Semakin sehat sistem pencernaan Anda, maka semakin kuat pula daya tahan tubuh Anda. Namun perlu diperhatikan agar selalu memilih madu yang murni, dan bebas dari proses pemanasan, sehingga kandungan enzim yang terkandung di dalamnya masih dalam keadaan baik.


K-Link Indonesia menyarankan Anda untuk mengonsumsi K-Honey 5 in 1 yang merupakan makanan kesehatan yang mengandung madu murni, royal jelly, ekstrak buah anggur, ekstrak buah delima, dan ekstrak buah kurma yang merupakan produk madu paling lengkap di Indonesia untuk meningkatkan kesehatan pencernaan serta dapat menjaga stamina tubuh Anda.

Mulai sekarang, jaga selalu kesehatan pencernaan Anda dengan mengonsumsi madu berkualitas. Anda bisa mendapatkan K-Honey 5 in 1 dengan mudah melalui ditsributor resmi K-Link Indonesia atau online melalui K-Net dan K-Mart. (Jabbar/Annisa/Rahma)


Artikel Rekomendasi: Jangan Keliru! Ketahui Perbedaan Bakteri dan Virus