Manfaat Antioksidan untuk Kecantikan Kulit

Antioksidan merupakan salah satu senyawa atau zat yang dapat menunda, menghambat atau memperlambat reaksi oksidasi. Oksidasi sendiri merupakan reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel.

Biasanya, senyawa antioksidan bisa kita dapatkan dari makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, beta-karoten dan lainnya, atau hasil sintesis reaksi kimia yang biasa digunakan dalam bidang kesehatan, biasanya bermanfaat menetralisir radikal bebas yang berbahaya.

Antioksidan juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bekerja melindungi kulit dari dalam hingga keluar dengan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, antioksidan masih memiliki “segudang” manfaat lainnya. Apa saja sih? Berikut ini penjelasannya!

Baca Juga: 4 Tips Merawat Kulit Agar Awet Muda di Usia 30an

1. Melindungi kulit dari bahaya sinar matahari

sinar-matahari

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Antioksidan berperan membantu melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Ya, paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak sel-sel kulit. Sinar ultraviolet matahari (UV) dapat merusak serat di kulit yang disebut elastin. Jika kulit terpapar sinar matahari dalam waktu lama maka dapat menyebabkan kulit lebih mudah memerah dan iritasi. Efek lainnya adalah dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

​2. Meningkatkan produksi kolagen

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Antioksidan dapat meningkatkan produksi kolagen. Salah satu manfaat kolagen bagi kulit adalah menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit lebih kenyal dan nampak awet muda. Meskipun kolagen dapat dihasilkan oleh tubuh, namun seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh menghasilkan kolagen akan menurun.

​3. Mengurangi Masalah Jerawat

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Antioksidan juga berperan membantu masalah jerawat. Kandungan vitamin A pada antioksidan ini akan meresap ke dalam pori-pori untuk menghilangkan sumbatan pada keratin yang menjadi salah satu penyebab utama adanya jerawat. Jika kamu memiliki masalah jerawat, kamu bisa mengatasinya dengan antioksidan.

​4. Meratakan warna kulit

​​(Foto: ​https://www.freepik.com)

Bekas jerawat, noda hitam, dan kulit belang menjadi masalah bagi sebagian besar wanita. Ya, masalah warna kulit yang tidak rata biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Kondisi kulit wajah seperti ini tentunya membuat mereka tidak percaya diri. Nah, antioksidan berperan untuk membantu meratakan warna kulit.

Sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi, produk apa yang tepat untuk mengatasi masalah kulitmu. Salah satu produk perawatan wajah yang mengandung antioksidan adalah Original Raw Black Jam. Pelembap dari Korea ini mengandung 100 bahan alami yang kaya antioksidan yaitu vitamin E, A, C, B, arbutin, protein, dan kolagen. Selain itu, Original Raw Black Jam juga mengandung Super Hyaluronic Acid yang menjaga kelembapan kulit lebih lama.

ORIGINAL RAW BLACK JAM


Cream ini sebaiknya digunakan pada malam hari saat proses sel kulit sedang aktif beregenerasi agar mendapatkan hasil yang sempurna. Namun jika ingin digunakan juga pada pagi atau siang hari, kamu dapat menggunakannya sebagai dasar makeup dan dapat dilanjut dengan produk cream perawatan siang hari atau sunblock. (Diah/Isti/Rahma)

Artikel Rekomendasi: Langkah Sehat untuk Cegah Stroke di Usia Muda