Kenali Bahaya Jarang Minum Air Putih


Dua elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh adalah oksigen dan air. Tanpa kedua elemen ini, maka sistem organ tubuh manusia tidak akan berjalan dengan semestinya. Oleh karena itu, asupan air putih sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menjalankan fungsi organ, mengatur keseimbangan suhu tubuh, dan mengangkut nutrisi yang diedarkan ke seluruh jaringan tubuh.

Fakta menunjukan bahwa tubuh manusia terdiri dari air sebanyak 55% hingga 78% tergantung dari ukuran badan. Untuk terhindar dari dehidrasi, setidaknya setiap orang harus minum satu hingga tujuh liter air setiap harinya. Sebenarnya, jumlah pasti Anda mengonsumsi air putih tergantung pada aktivitas, suhu, kelembapan dan faktor lainnya.

Padatnya aktivitas keseharian membuat cairain dalam tubuh terus menyusut sehingga manusia banyak kehilangan cairan. Cairan dalam tubuh berkurang melalui pernafasan, pembuangan urin, dan pembuangan feses (kotoran). Untuk itu agar tubuh dapat bekerja dengan optimal, Anda harus dapat mengontrol konsumsi air putih dengan baik. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung air seperti buah-buahan dan sayuran untuk mendapatkan lebih banyak cairan.

Namun apa jadinya ketika seseorang tidak gemar minum air putih, dan justru lebih menyukai minuman lain. Apakah dampaknya berbahaya? Yuk kenali 5 dampak berbahaya jarang minum air putih berikut:

  1. Mengalami Dehidrasi 
    Penyebab utama dehidrasi adalah kurangnya mengonsumsi cairan dalam tubuh, salah satunya adalah jarang minum air putih. Ketika dehidrasi, tubuh Anda mengeluarkan banyak cairan karena melakukan aktivitas berat, diare, muntah, atau mengalami pendarahan. Maka dari itu ketika Anda mengeluarkan banyak cairan, imbangilah dengan minum banyak air putih. Jangan sampai dehidrasi menyerang Anda karena akibatnya akan sangat fatal bagi kesehatan bahkan dapat berujung kepada kematian.

  2. Kerusakan Pada Fungsi Ginjal 
    Ginjal merupakan organ penting di dalam tubuh. Saat kebutuhan akan air yang banyak tercukupi, maka ginjal dapat bekerja dengan baik. Organ ginjal berfungsi membuang zat yang tidak berguna di dalam tubuh yang dikeluarkan lewat urine. Jika mengalami kekurangan cairan, maka ginjal akan bekerja lebih keras sehingga zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh tidak bisa keluar secara maksimal.

  3. Gangguan Pada Kulit
    Ketika tubuh kekurangan cairan, dampaknya akan dirasakan pada kulit. Kulit akan kehilangan kesegaran dan elastisitasnya, sehingga kulit Anda akan menjadi kasar, kusam, dan mudah rusak. Enzim dalam tubuh tidak bekerja optimal membuat struktur lapisan luar kulit menjadi kering dan kasar.

  4. Kurang konsentrasi 
    Kinerja sel-sel otak akan mengalami penurunan karena organ otak kekurangan banyak cairan. Hal itu menimbulkan masalah pada kinerja otak, daya ingat, dan konsentrasi. Ketika mengalami hal ini Anda pasti sangat terganggu, dikarenakan tidak dapat berpikir secara jernih, sehingga Anda akan sulit memecahkan suatu permasalahan.

  5. Mengakibatkan Radang Persendian
    Cukup mengonsumsi air putih membuat permukaan tulang rawan tetap halus dan pergerakan tubuh menjadi lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan tulang rawan tetap terlumasi hingga dapat mengurangi nyeri yang diakibatkan arthritis. Ketika pelumasan sendi berkurang, akan timbul gesekan. Akibatnya, fungsi sendi menurun sehingga menimbulkan radang sendi atau arthritis.

Nah sudah sangat jelas bukan, fungsi dan peranan air putih sangat vital bagi tubuh manusia. Bahaya kurang gemar minum air putih akan menimbulkan dampak-dampak berbahaya seperti yang dijelaskan di atas. Mulai dari sekarang, ayo rajin konsumsi air putih untuk kesehatan tubuh Anda. (Jody/Marini)