Awas Klaster Kantor Melonjak Lagi, Penularan Rawan Terjadi di 4 Tempat Ini!

Sudah sempat melandai, nyatanya penularan kasus COVID-19 kembali meningkat. Kasus ini banyak didominasi oleh klaster kantor, khususnya di DKI Jakarta. Lantas mengapa hal ini bisa kembali terjadi, di mana saja penularan klaster kantor bisa terjadi?  

Dilansir dari Detikcom, berdasarkan data Dinkes DKI, tercatat ada 425 kasus konfirmasi COVID-19 yang berasal dari 177 perkantoran di DKI Jakarta dalam periode 12-18 April 2021. Sementara itu, Pemprov DKI meminta warga tetap mewaspadai penularan Virus Corona, meski telah mendapatkan vaksinasi. Seperti diketahui, vaksinasi tidak menjamin 100 persen bebas Corona. Akan tetapi bisa mencegah kemungkinan fatal saat terpapar. Untuk itu, Anda juga wajib mewaspadai tempat-tempat yang rawan menularkan COVID-19 di kantor. Di mana saja itu? Simak ulasannya:

1. Ruang Tertutup

Risiko tertular COVID-19 dinilai lebih tinggi saat berada di ruang tertutup, ramai dan tidak memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Hal ini bisa diperparah dengan orang-orang yang cenderung berkerumun dan berkumpul dalam jarak yang dekat. Jadi, Anda harus tetap memakai masker di ruangan tertutup serta menjaga jarak, ya.

2. Tombol Lift

Di kantor setiap saat benda ini disentuh banyak orang. Secara tidak sadar, usai menekan tombol lift yang sebelumnya terkontaminasi Virus Corona, penularan bisa menyebar saat Anda menyentuh bagian hidung, mulut, atau mata. Anda bisa mengantisipasi dengan memakai sarung tangan serta wajib cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

3. Area Dapur

Beberapa peralatan di dapur kantor rentan terhadap penularan COVID-19. Seperti pemakaian alat dispenser bersama dan lainnya secara tidak sadar membuat risiko penularan. Baiknya langsung bersihkan peralatan pribadi maupun bersama setelah digunakan. Cuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudah menggunakan alat dapur.

4. Toilet Kantor

Kemungkinan penularan Virus Corona di toilet kantor bisa terjadi dari aerosol saat seseorang yang terpapar menyiram feses tanpa menutup toilet. Bahayanya, sejumlah partikel dari feses bisa menyebar sejauh 1 meter, lho. Untuk menghindari penularannya, pastikan selalu tutup toilet saat menyiram feses, tetap memakai masker dan memastikan tangan selalu steril usai menggunakan toilet kantor.

Itu lah beberapa tempat di kantor yang rawan menularkan COVID-19. Ayo cegah klaster kantor dengan tidak lengah menerapkan protokol kesehatan meski sudah melakukan vaksinasi. Pencegahan dari dalam juga bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Menjaga pola makan sehat yang dilengkapi dengan K-Liquid Chlorophyll, K-C Susu Skim Bubuk, K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant, serta menjaga kebersihan dengan K-Care Chlorophyll Transparant Soap bisa menjadi kunci sehat Anda di masa pandemi.

Temukan produk favorit Anda, karena K-Link Indonesia lagi bagi-bagi berkah Ramadan nih. Ayo gerak cepat bangkitkan semangat, karena ada yang gercep kasih e-Voucher New Apps juga, lho. Ya, cuma belanja di Promo Gercep Anda bisa mendapatkannya. Tunggu apa lagi, kalau ga belanja sekarang, kapan lagi? Mumpung masih bulan April, ayo serbu promonya. Jangan sampai ketinggalan. Lihat promo lengkapnya di sini, yuk! (Dedi/Jody)