5 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Pemilik Kulit Wajah Sensitif

Mencari pelembap yang cocok untuk kulit wajah memang gampang–gampang susah, terutama bagi si pemilik kulit wajah sensitif yang membutuhkan perhatian ekstra. Seseorang yang memiliki jenis kulit ini harus bisa memilih produk skincare yang tepat, misalnya dalam memilih produk pelembap. Jika salah pilih, maka kulit bisa bereaksi berlebihan seperti timbul perih, gatal, terbakar bahkan memerah karena iritasi.

Dikutip dari laman Health.com, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk si pemilik wajah sensitif:

Baca Juga: Dua Langkah Mudah Cegah Penuaan Dini

1. Evaluasi setiap produk kosmetik

(foto : https://www.skygate.co.jp)

Jika pernah mengalami iritasi di masa lalu, pastikan untuk mencari tahu alasan penyebab iritasi terjadi. Jangan menyepelekan reaksi yang terjadi pada kulit. Kamu harus mengenal pemicu yang bisa saja berasal dari produk perawatan atau kosmetik yang biasa Anda gunakan.

2. ​Hindari terlalu sering mencuci wajah

(foto: https://www.freepik.com)

Bagi pemilik wajah sensitif, hindari tidak terlalu sering membersihkan wajah. Lakukan secukupnya saja, yakni dua kali sehari, saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika Anda membersihkan wajah terlalu sering, ini bisa memperparah kondisi kulit sensitif.

3. ​Perhatikan zat kimia dalam produk

(foto: https://www.freepik.com)

Penting untuk selalu memperhatikan kandungan pada produk perawatan wajah maupun kosmetik. Hindari penggunaan produk yang memiliki kandungan alkohol, sabun, ataupun pewangi.

4. ​Hindari menyentuh wajah

(foto: https://www.freepik.com)

Jika Anda menyentuh wajah ketika tangan dalam keadaan tidak bersih tentu sangat berpotensi memindahkan kotoran dan bakteri dari jari ke wajah. Hal ini pun berisiko terhadap munculnya jerawat. Jika ingin menyentuh wajah, maka pastikan terlebih dahulu tanganmu sudah bersih.

5. ​Jangan gonta ganti produk

(foto: https://www.freepik.com)

​Mengganti produk secara terus-menerus bisa memicu kerusakan lapisan penghalang kulit. Jika Anda sudah menemukan produk khusus kulit sensitif yang cocok dan baik, sebaiknya gunakanlah produk tersebut terus-menerus.

Nah, saat memilih produk pelembap wajah, Anda tentu juga harus mempertimbangkan kandungan-kandungan di dalamnya. Tidak semua kandungan pada pelembap aman untuk jenis kulit sensitif. Biasanya pelembap yang menggunakan kandungan pewangi, alkohol, pewarna, retinoid dan AHA/BHA tidak cocok untuk jenis kulit ini.

Pilihlah pelembap wajah berbahan alami yang dapat menenangkan dan meminimalisir timbulnya masalah di kulit. Pelembap wajah alami yang aman untuk kulit sensitif umumnya yang mengandung lidah buaya, chamomile, rumput laut, dan arbutin. Original Raw Black Jam menjadi salah satu rekomendasi pelembap yang cocok bagi pemilik kulit sensitif.


Original Raw Black Jam mengandung arbutin yang aman untuk kulit wajah sensitif. Selain itu, mengandung 100 bahan alami seperti Super Hyaluronic Acid, 11 macam buah–buahan dan 7 macam berry, serta vitamin C yang baik untuk merawat kesehatan kulit wajah. Produk yang bebas dari bahan pewarna buatan, paraben, ethanol, alkohol dan bahan kimia berbahaya lainnya ini merupakan pilihan tepat untuk si pemilik kulit wajah sensitif.

Selain aman untuk tipe kulit sensitif, Original Raw Black Jam juga bermanfaat memberikan nutrisi pada kulit, mencegah penuaan dini, menjaga elastisitas kulit dan dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah.

Jadikan Original Raw Black Jam sebagai pelembap wajib dalam rangkaian skincare harianmu. Gunakan setiap pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, tak perlu bingung lagi untuk mencari pelembap yang aman, Original Raw Black Jam menjadi pilihan tepat untuk si pemilik jenis kulit wajah sensitif! (Diah/Isti/Rahma)

Artikel Rekomendasi: ​ 5 Ritual Sebelum Tidur untuk Kulit Sehatmu