Teman Anda Menentukan Sikap Anda

Teman Anda Menentukan Sikap Anda
Di antara hal yang sangat menentukan sikap seseorang adalah orang-orang yang menjadi teman dekatnya. Oleh karena itu, apabila yang menjadi mayoritas teman kita adalah orang-orang bermental positif, Insya Allah kita juga akan menjadi orang yang bermental positif. Apabila teman-teman dekat kita adalah orang-orang sukses maka Insya Allah kita akan mudah meraih kesuksesan.

Rasulullah SAW secara khusus menekankan pentingnya memilih teman, seperti tertera dalam hadits berikut :

Dari Abu Hurairah RA. berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Seseorang itu (bergantung) kepada keberagamaan/akhlak temannya. Maka hendaklah kalian perhatikan, dengan siapakah kalian berteman. (HR Hakim, Ahmad dan Baihaqi).

Dalam hadits lain dijelaskan, perumpamaan teman yang baik adalah seperti penjual minyak wangi, Anda bisa mendapatkan minyak wangi dengan cara membelinya atau mencium bau wanginya saja tanpa membeli. Jika Anda bergaul dengan para tukang pandai besi, Anda juga akan merasakan hawa panas besi tempanya.

Rasulullah SAW bersabda :

Dari Abu Musa, dari Nabi SAW bersabda: Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk adalah seperti orang yang membawa minyak wangi dan orang pandai besi. Anda bisa mendapat minyak wangi darinya atau sekedar mencium bau wanginya. Dari pandai besi, ia dapat membakar baju Anda atau Anda mendapatkan bau yang tidak sedap darinya. (HR Ibnu Hibba; Hadits 561).

Oleh karena itu, mulailah bergaul dengan orang-orang sukses. Bacalah biografi orang-orang yang telah sukses, dengarkan cerita orang-orang sukses, dan bertemulah dengan mereka, maka Insya Allah Anda akan terinspirasi untuk sukses. Jika Anda bersilaturrahim kepada para ustadz atau kyai, insya Allah akan terinspirasi oleh ilmunya.

Banyak silaturrahim kepada orang-orang kaya, Anda juga akan mendapatkan inspirasi untuk menjadi kaya, dan kalau Anda banyak silaturrahim kepada para pemimpin Anda juga akan terinspirasi untuk menjadi pemimpin. Bergaul dengan orang-orang sukses menjadikan diri Anda terinspirasi dan banyak belajar dari mereka.

Sebagai mitra K-LINK, Anda telah difasilitasi oleh perusahaan untuk bergaul dengan orang-orang sukses melalui berbagai pertemuan K-System yang dihadiri oleh para anggota LC (Leaders Club). Selain mendengarkan pelatihan, motivasi dan ilmu tentang produk, sesekali Anda juga bisa mengajukan pertanyaan atau meminta saran kepada teman-teman lain yang lebih dulu sukses walaupun belum menjadi anggota LC.

Bagi para mitra yang sudah sukses pun dihimbau agar tidak pelit berbagi ilmu. Bersedekahlah dengan ilmu dan pengalaman Anda. Tiap kebaikan yang Anda lakukan kepada orang lain akan dibalas 10x lipat oleh Allah SWT.


Pertemuan, Momen Transfer Ilmu

Melalui tulisan ini saya juga ingin mengingatkan kepada semua member, bahwa setiap pertemuan yang diadakan oleh perusahaan bertujuan sebagai sarana belajar; sesuai dengan nama K-LINK yang berasal dari kata ‘Knowledge’ dan ‘Link’, Anda harus banyak belajar dan memiliki pengetahuan yang cukup agar sukses dalam bisnis ini.

Namun saya melihat kecenderungan sebagian mitra yang kebablasan dalam menghibur di sebuah pertemuan. Hingar bingar musik dan tari yang berlebihan terkadang mewarnai sebagian pertemuan, meskipun bersifat spontan. Kondisi ini tentu berpotensi menghilangkan substansi pertemuan itu sendiri, sehingga meskipun rajin menghadiri pertemuan tetapi kesuksesan tak kunjung datang, karena berkurangnya berkah dalam pertemuan tersebut.

Musik dan hiburan tidak semuanya dilarang dalam agama Islam, tetapi kita harus mengingat bahwa segala perbuatan itu sangat ditentukan oleh niatnya. Pertemuan diselenggarakan sebagai momen proses transfer ilmu dari mitra yang sudah sukses, maka inilah yang seharusnya menjadi fokus. Jika pertemuan terlalu banyak diwarnai musik dan hiburan, akan banyak mitra yang salah niat. Datang pertemuan dengan niat mencari hiburan, bukan untuk belajar dan berteman dengan orang-orang yang sukses.

Mudah-mudahan melalui tulisan ini semua mitra K-LINK yang hadir dalam pertemuan menyadari dan meluruskan niatnya dalam mengadakan, mengorganisir, dan menghadiri sebuah acara dalam pertemuan-pertemuan K-System. Insya Allah dengan meluruskan niat dan memilih lingkungan pertemanan yang tepat, bisnis kita akan semakin berkah dan kesuksesan yang berada di depan mata bisa diraih dalam bimbingan Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Aamin. (Ust.M. Sofwan Jauhari)