Melolina Milkshake

Melolina Milkshake
Seiring dengan semakin banyaknya penyakit yang ditimbulkan karena minuman bersoda maupun minuman manis bergula, banyak orang yang mulai beralih untuk mengonsumsi minuman sehat. Minuman seperti smoothie, milkshake, jus dan lainnya kini menjadi bagian dari trend gaya hidup sehat karena selain menyehatkan juga tentunya kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral.

Smoothie dan milkshake merupakan dua minuman sehat yang saat ini sudah dapat Anda temukan di berbagai restoran atau café lengkap dengan ciri khas penyajiannya masing-masing. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara milkshake dan smoothie, ya? 

Susu kocok atau dalam bahasa Inggris disebut milkshake, merupakan minuman dingin dari campuran susu, es krim, dan sirop berperasa yang dikocok hingga berbusa. Sementara smoothie merupakan minuman yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, susu tawar cair, sirup gula (atau gula pasir), dan juga es batu. Pada smoothie biasanya ditambahkan cokelat, yoghurt, dan susu kental manis. Untuk mempercantik tampilan smoothie, kita juga dapat menambahkan potongan agar-agar atau jelly, nata de coco, meses cokelat, bubuk cokelat, hingga potongan buah-buahan. Bahan dasar milkshake hampir sama dengan smoothie, yaitu buah-buahan, sayuran, sirup gula, susu tawar cair atau kental, dan potongan es batu. Namun, yang membedakan milkshake dengan smoothie adalah tambahan susu dan es krim yang selalu melengkapi setiap  sajian milkshake seperti namanya. Lalu bagaimana membuat milkshake yang sehat namun tetap lezat? Simak penjelasannya berikut ini:

Bahan:

•    150 gr buah melon manis yang dipotong menjadi kotak-kotak kecil (bisa yang hijau atau yang merah)

•    1 sachet K-C Susu Skim Bubuk yang sudah dilarutkan dalam 50 ml air yang tidak terlalu hangat 

•    1 sachet K-Liquid Spirullina

•    60 gr plain yoghurt (yoghurt tanpa rasa)

•    ½ sdt garam (atau tidak, tergantung selera)

•    100 gr es batu

Cara Membuat Milkshake
:  

Ada dua cara membuat milkshake, yaitu diblender dan juga dengan menggunakan shaker. Bila menggunakan blender, masukkan semua bahan ke dalam blender. Proses hingga halus kemudian sajikan ke dalam gelas dan hidangkan. Bila ingin menjadikan milkshake ini sebagai pengganti sarapan atau makan malam, tambahkan 2 sendok makan havermut sebelum semua bahan di campur dengan blender

Namun bila menggunakan shaker, masukkan sari buah melon (buah melon yang sudah diblender dengan ditambahkan air), larutan K-C Susu Skim Bubuk, K-Liquid Spirullina, havermut, yoghurt, garam dan potongan es batu ke dalam tabung shaker.  Kocok hingga semua bahan tercampur rata. Tuang milkshake kedalam gelas, dan sajikan bersama meses atau whip cream sebagai topping di  atas milkshake. Selamat menikmati milkshake sehat kita kali ini ya! (Marini)