6 Prinsip-prinsip Utama dari Memberikan Pengaruh - (Bagian 3 Bukti Sosial)

6 Prinsip-prinsip Utama dari Memberikan Pengaruh - (Bagian 3 Bukti Sosial)

Pada bagian 1 saya menulis tentang Hukum Timbal Balik dan di bagian 2 adalah Komitmen dan Konsistensi; Prinsip utama ketiga adalah Bukti Sosial.


Bukti sosial adalah jenis kesesuaian dimana orang mengikuti tindakan orang lain untuk mencerminkan perilaku yang benar dalam situasi tertentu. Hal ini karena diasumsikan bahwa orang-orang di sekitarnya memiliki lebih banyak pengetahuan tentang situasi yang terjadi.


Bukti sosial juga berhubungan dengan seberapa besar kelompok tersebut sesuai dengan pilihan dan pendapat orang lain dalam kelompok tersebut.


Untuk pemasar, Bukti sosial adalah alat yang sangat ampuh.

 

Bukti sosial biasanya dibagi dalam 5 jenis:

1. Bukti sosial dari Para Ahli

Ketika suatu produk / jasa mendapat tanda persetujuan dari seseorang yang dianggap sebagai orang yang ahli.

Sebagai contoh: Pengesahan dari dokter mengenai manfaat kesehatan dari K-Epicor atau Ustad HM. Sofwan Jauhari Lc, M. Ag menyetujui praktek bisnis Syariah K-Link Indonesia.


2. Bukti sosial dari Selebriti

Persetujuan atau dukungan dari selebriti. Hal ini terkait dengan 'perpanjangan diri' di mana harta benda yang dimiliki dipandang sebagai refleksi dari diri Kita sendiri. Oleh karena itu, menggunakan produk yang dipakai oleh selebriti dapat menandakan posisi Kita dalam masyarakat / nilai kepercayaan masyarakat yang diasosiasikan dengan selebriti dimana Kita ingin menjadi bagian dari hal tersebut.


3. Bukti sosial dari Konsumen

Testimonial konsumen adalah bentuk bukti sosial dari penggunanya. Biasanya ini dikaitkan dengan kesetiaan terhadap produk, dimana hal ini tentunya sangat baik untuk tujuan pemasaran.


4. Bukti sosial dari pengetahuan orang banyak

Di sinilah produk / jasa direkomendasikan / didukung oleh sekelompok orang dalam jumlah yang banyak.

Sebagai contoh: Lebih dari 15.000 orang minum klorofil setiap hari mengirimkan pesan yang kuat bahwa minum klorofil adalah hal yang baik untuk dilakukan.


5. Bukti sosial dari pengetahuan teman

Dimana beberapa teman Anda merekomendasikan atau menyukai sesuatu / seseorang, maka inipun merupakan jenis lain dari bukti sosial. Sangat umum terlihat di berbagai situs media sosial dengan tombol  'suka' (like) dan 'mengikuti' (follow).

 

Dengan memanfaatkan prinsip dari memberikan pengaruh ini, maka hal ini merupakan salah satu langkah dasar yang harus dipelajari dalam karir penjualan langsung Anda. K-Link menawarkan buku testimonial dan CD, sebuah website dengan ratusan testimonial dan komentar yang berkaitan dengan produk Kami dan konten lainnya. Halaman media sosial yang menawarkan bukti sosial yang jelas dari suka (like), berbagi (share) dan mengikuti (follow).


Kekuatan dari bukti sosial sangatlah luar biasa! Dalam sebuah survei media cetak ternama,  bukti sosial ternyata terbukti lebih memberikan pengaruh daripada menyimpan uang. Hal ini benar-benar ampuh! Jadi, bagaimana Anda akan menggunakannya?


Testimonial

Hal ini sangat efektif. Ajak konsumen Anda untuk memberikan testimoni jika mereka puas dengan produk / jasa Anda. Testimoni visual (jika memungkinkan) terbukti lebih berpengaruh daripada memberikan testimoni berupa kata-kata standar, sehingga untuk produk-produk seperti K-Liquid Mixed Collagen,memberikan gambar testimoni sebelum dan sesudah penggunaan produk tersebut akan menjadi bukti sosial yang sangat kuat. Berikan testimoni pribadi Anda juga kapanpun Anda bisa,karena tidak ada yang lebih ampuh daripada berbicara berdasarkan pengalaman Anda sendiri.


Cerita

Cerita merupakan perpanjangan dari testimoni; konsumen diceritakan mengenai  pengalaman orang lain. Cerita pada umumnya melekat lebih lama di pikiran Kita dan penelitian menunjukkan orang akan menempatkan diri pada posisi yang sama dengan karakter utama dalam cerita tersebut, dan biasanya akan mengalami hasil yang serupa pula.


Catatan: ketika menggunakan kedua metode di atas untuk bukti sosial , sangatlah penting untuk menggunakan testimoni atau cerita yang paling relevan bagi para konsumen yang mendengarkannya (atau membacanya).


Media

Cari cerita / artikel di media yang berhubungan dengan produk / jasa Anda. Jika Anda dapat menemukan artikel yang dipublikasikan, maka ini dapat memberikan pengaruh sosial yang sangat baik. Sebagai tambahan, uji coba dan studi klinis juga dapat memberikan bukti sosial dari para ahli dan biasanya ini menjadi hal yang paling terpercaya dari semuanya.


Tombol media sosial

Semua platform media sosial memiliki tombol 'suka' dan 'berbagi'. Ini dapat menjadi bukti sosial yang efektif, namun karena banyaknya pengguna media sosial terlanjur terbiasa menekan tombol 'suka' atas banyak hal, maka keefektifan tombol ini terkadang menjadi kabur/rancu.


Sekarang, saatnya bagi Anda untuk cerdas ketika menggunakan bukti sosial untuk pemasaran Anda. Mungkin Anda tinggal di sebuah desa yang memiliki pemimpin yang dihormati; persetujuan dari orang tersebut akan sangat bermanfaat. Mungkin Anda tahu dengan ketua sebuah grup atau kelompok masyarakat, atau Anda juga mengenal seorang kapten tim olahraga; pendapat orang-orang ini biasanya sangat dihormati juga.

 

Sekali lagi, Saya ingin mengundang Anda untuk berbagi komentar dan pengalaman Anda sendiri menggunakan bukti sosial dalam bisnis K-Link Anda.