Cara Membuat Pemasaran Anda Mendongkrak Lebih Banyak Penjualan (Bagian 2 - Proposisi Nilai Anda)

Cara Membuat Pemasaran Anda Mendongkrak Lebih Banyak Penjualan (Bagian 2 - Proposisi Nilai Anda)


Seperti yang sudah Saya katakan di bagian 1, membuat diri Anda menonjol dari kerumunan adalah bagian penting untuk menjadi sukses dalam industri penjualan langsung. Itulah mengapa Anda perlu proposisi nilai yang benar-benar hebat.


Apa yang dimaksud dengan Proposisi Nilai?

Pada dasarnya, proposisi nilai adalah 'janji dari nilai yang akan disampaikan dan keyakinan dari pelanggan bahwa nilai tersebut akan dialami oleh mereka' (definisi diambil dari Wikipedia). Dengan kata lain itu adalah alasan persuasif dari nilai yang Anda berikan kepada pelanggan,yaitu mengapa mereka harus membeli sesuatu dari Anda.

Sekarang, bagian dari proposisi nilai Anda akan berubah sesuai dengan kelompok sasaran Anda, ingatlah satu pengukuran tidak cocok untuk semua, jadi Anda harus berpikir tentang manfaat apa yang paling berarti bagi masing-masing kelompok sasaran.


Motivasi pelanggan untuk membeli biasanya ditentukan oleh manfaat atas biaya yang dikeluarkan. Jika manfaat lebih besar daripada biaya, maka biasanya pembelian akan dilakukan.


Anda harus membuat diri Anda menjadi pilihan terbaik mereka; alasan mengapa orang akan memilih ANDA. Tempatkan diri Anda dalam pikiran pelanggan / calon pelanggan; apa keinginan mereka? Dan kemudian berpikir bagian proposisi nilai Anda yang mana yang dapat membantu mereka mencapai keinginan-keinginan itu.


Nilai Proposisi Produk

Ini adalah bagian yang lebih mudah; menjelaskan manfaat produk. Sebagai member K-Link Anda memiliki sejumlah alat pemasaran yang dapat Anda gunakan; Anda harus memanfaatkannya secara maksimal.


Kenali produk! Pahami manfaat-manfaatnya!

• Gunakan mereka sendiri

• Hadiri Produk Talk

• Ikuti seminar kesehatan bila memungkinkan

• Bacalah info paket Starterkit

• Periksa website perusahaan untuk setiap update terbaru

• Komunikasi kepada upline Anda dan member lain

• Cari tau kompetitor yang ada disekitar Anda

• Gunakan testimonial


Sekarang Anda harus mulai memiliki gagasan tentang produk-produk apa yang memberikan manfaat-manfaat tertentu. Selain itu, manfaat apa lagi yang diberikan oleh produk Anda lebih dari produk sejenis yang ada dipasaran; ini bisa berkaitan dengan harga, bahan tambahan, ukuran / jumlah, serta lain sebagainya.


Ingat, orang ingin mendengar tentang manfaat, sehingga memiliki pengetahuan yang mendalam tidak hanya untuk apa yang Anda jual, tetapi juga mengetahui siapa saja para pesaing Anda, sangatlah penting.


Meskipun Proposisi Nilai Produk sangat penting, kenyataannya adalah bahwa sebagai penjual langsung Anda adalah salah satu dari banyak orang yang menjual produk yang sama persis dan dengan harga yang sama dengan member lain dari perusahaan yang sama; ini mengurangi dampak dari Proposisi Produk Nilai menjadi lebih sedikit karena itu berarti Anda tidak menawarkan sesuatu yang unik daripada yang lain.


Anda perlu untuk memikirkan lebih jauh; "Apa yang membuat Anda berbeda?" Dan jawabannya adalah Anda ...


Proposisi Nilai Pribadi

Ini adalah daerah di mana Anda dapat secara kolektif menawarkan sesuatu yang tidak ada ditawarkan orang lain, dan hal-hal inilah yang akan membedakan Anda dari yang lain. Dalam bentuk sederhananya, ini adalah pemasaran dan branding diri Anda. Proposisi Nilai Pribadi Anda dapat berupa perbedaan yang sangat besar atau bisa jadi sangat kecil, tapi tidak peduli seberapa kecil perbedaannya, tetap saja ada PERBEDAAN . Ketika berpikir tentang proposisi nilai pribadi Anda sendiri, Anda harus meletakkan segala sesuatu di daftar Anda karena apa yang mungkin tampak seperti hal kecil untuk Anda bisa bermakna lebih besar kepada konsumen Anda.


Tentu saja, hanya Anda yang tahu jawaban untuk Proposisi Nilai Pribadi Anda sendiri, tapi di sini ada beberapa judul untuk membuat Anda berpikir tentang apa saja yang akan ada di daftar Anda.


Layanan konsumen Anda sangat baik - Apakah Anda selalu mengangkat telepon sesaat setelah berdering? Apakah Anda menghubungi konsumen Anda untuk mengetahui bagaimana kabar mereka? Apakah Anda berurusan dengan permintaan cepat dan efektif? Ini adalah hal-hal kecil yang membentuk paket ANDA sebagai sebuah merek.


Anda memiliki pengetahuan spesifik atas produk - mekanik motor, dokter, perawat, penata rambut, petani, konsultan kecantikan, Apoteker, orang tua, dan lain sebagainya. Anda menjadi sumber kredibel yang sangat memahami tentang informasi produk dibandingkan dengan seseorang yang tidak berada dalam lingkaran itu. Sebagai contoh jika seorang mekanik motor yang merekomendasikan pemakaian K-Engine Power, maka tentu saja pengetahuan mendalam tentang mesin dapat membantu membujuk para konsumen Anda untuk membeli K-Engine Power tersebut.


Kesaksian pribadi - Sering kali orang hanya menggunakan testimoni produk, tapi bagaimana dengan kesaksian dari orang lain tentang diri Anda. Tanyakan kepada konsumen yang Anda miliki saat ini bagaimana pendapat mereka mengenai ANDA, pendapat pihak ke-3 ini akan membantu memperkuat keunikan Anda dan memberikan ide-ide tambahan untuk membangun daftar Proposisi Nilai Pribadi Anda.


Anda menawarkan sampel gratis / mencoba sebelum Anda membeli - Sebagai pemilik bisnis independen yang baru pertama kali memulai, opsi ini mungkin tidak dapat membantu secara finansial, tetapi jika hal ini dapat membedakan Anda dari distributor lain, bisa menjadi hal yang dapat dipertimbangkan untuk dilakukan dalam skala kecil.


Anda memiliki keterampilan kepemimpinan - untuk merekrut lebih banyak distributor dari penjualan produk. Jika Anda seorang pemimpin alami dan dapat menyampaikan pesan Anda secara jelas; ini adalah fitur menonjol yang membedakan Anda dari banyak orang lain, dan itu harus disertakan dalam daftar Anda.


Sekarang, Kita beralih ke Anda. Anda harus berkomitmen untuk menuliskan 10 - 15 hal diatas untuk membentuk daftar Proposisi Nilai Personal Anda.


Anda akan berakhir dengan daftar yang menggambarkan ANDA sebagai merek, seperti dalam latihan ini yang dirancang untuk membantu Anda menjual diri Anda sendiri. Tentu saja, beberapa hal pada daftar Anda akan menjadi sama seperti orang lain, tapi itu semua tentang paket lengkap yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, Anda mungkin memiliki pengetahuan produk tertentu sama dengan anggota lain tetapi Anda juga menawarkan sampel gratis. Hal ini membuat proposisi nilai Anda lebih persuasif dibandingkan para pesaing Anda.


Contoh Model - Perencanaan Strategis


Tahap 1 – Pemilihan Kelompok Sasaran

Contoh Kelompok Sasaran:

Orang tua dengan anak-anak yang masih bersekolah (Kelompok sasaran adalah anak-anak)

Wanita berusia antara 20 - 60 tahun

Pemilik kendaraan bermotor

Orang tua (yakni pensiunan)

Pria & wanita antara 25 - 35 tahun

Orang-orang yang hobi berolahraga

Orang dengan sedikit kelebihan berat badan

Lain-lain (pikirkan sebanyak mungkin kelompok-kelompok berbeda lainnya)

Apabila Anda tidak dapat memikirkan berbagai kelompok sasaran yang ada, maka Anda dapat membaca testimonial dalam buku-buku Kami dan / atau di website kami. Ini akan memberikan Anda ide-ide lebih lanjut tentang kelompok orang yang mengkonsumsi produk tertentu.


Sekarang, mulailah dengan orang yang Anda kenal, tempatkan nama mereka di bawah kelompok sasaran.


Sebagai contoh:

Orang tua dengan anak-anak usia sekolah (kelompok sasaran - anak)

Jon dan Jane (tetangga sebelah)

• Rose & Tom

• Fred & Sally

• Sammy & Diana

• Dan lainnya

Anda sekarang harus memiliki daftar lengkap dari semua orang yang dapat Anda dekati dengan mudah dan nyaman (karena Anda tahu mereka) dan mereka harus dikategorikan di bawah judul kelompok tertentu.


Untuk meningkatkan jumlah nama dalam daftar Anda, Anda perlu memikirkan mereka yang ada di luar lingkaran Anda saat ini. Posting blog 'menemukan prospek' memiliki beberapa saran agar Anda dapat memulainya, juga meminta kepada konsumen yang Anda miliki saat ini untuk memberikan rujukan ke orang yang mereka kenal. Kebanyakan konsumen cukup bersedia untuk memberikan rujukan jika mereka senang dengan apa yang telah mereka terima dari Anda; sekali lagi ini berkaitan dengan proposisi nilai Anda.


Ingat, orang ingin informasi - produk ini dapat membantu memecahkan masalah ini. Bertindaklah sebagai penyedia informasi.


Tahap 2 - Produk yang Cocok untuk Kelompok Sasaran Anda

Ambil salah satu kelompok sasaran Anda, misalnya:

Orang tua dengan anak-anak usia sekolah (kelompok sasaran - anak)

Buat daftar produk yang paling cocok untuk kelompok yang ada:

K-Omega Kids

• K-Liquid Spirulina

• K-Epicor

• K-Liquid Chlorophyll

• K-Sage Plus

• Produk lainnya

Daftar produk yang cocok akan bervariasi tergantung pada kelompok sasaran yang Anda pilih.


Sekarang, tuliskan semua manfaat dari setiap produk yang relevan dengan kelompok sasaran Anda. Ini adalah Proposisi Nilai Produk Anda.


Kumpulkan testimoni, baik dari sumber Anda sendiri atau website yang relevan dengan kelompok sasaran Anda.


Catatan: Beberapa produk cocok untuk orang-orang dari segala usia, namun Kami hanya ingin fokus pada manfaat dan testimoni yang relevan dengan kelompok tertentu dan Kami ingin menekankan pada hal ini. Ketika target pasaran Kami adalah anak-anak, menawarkan testimoni dari orang tua bukanlah alasan persuasif untuk membeli, tetapi yang benar adalah menawarkan testimoni dari anak-anak lain.


"Tunjukkan bahwa produk Anda relevan dengan target konsumen Anda"


Tahap 3 - Apa yang Anda tawarkan secara pribadi kepada kelompok sasaran

Ini adalah saat dimana Proposisi Nilai Pribadi Anda mulai digunakan. Apa alasan persuasif yang Anda miliki agar konsumen mau membeli dari Anda. Tanyakan pada diri Anda, apa hal-hal yang penting bagi konsumen? Hal-hal inilah yang harus menjadi fokus Anda saat menawarkan produk.

Sebagai contoh:

Orang tua dengan anak-anak usia sekolah (kelompok sasaran - anak)

Anda sendiri adalah orang tua dan anak-anak Anda juga mengkonsumsi produk - pengalaman pribadi ini adalah salah satu alasan paling persuasif yang Anda miliki, karena pengalaman ini berasal dari diri Anda sendiri.


Anda sedang bekerja atau terbiasa di lingkungan anak-anak - bahkan jika Anda bukan orang tua, bekerja dalam profesi yang berhubungan dengan kelompok sasaran menambah kekuatan persuasif yang Anda miliki ketika menjual produk ke kelompok sasaran tersebut.


Anda dapat mengantarkan produk kapan saja – kedua orang tua target sasaran Anda mungkin bekerja, jadi waktu pengiriman yang sesuai dan nyaman bagi kedua orang tua mereka adalah penting.


Lainnya - setiap orang adalah unik dan Anda memiliki berbagai hal berbeda yang dapat Anda tawarkan, tinggal Anda pikirkan kira-kira apakah itu.


Untuk tahap 2 dan 3 Anda harus memikirkan hal-hal yang paling relevan / penting untuk kelompok sasaran. Beberapa proposisi nilai produk dan proposisi nilai pribadi Anda mungkin tidak terkait dengan hal yang penting untuk kelompok sasaran; karena itu fokuslah pada keinginan dan kebutuhan konsumen.


Membawa semua bersama-sama

Anda sekarang akan memiliki

Kelompok sasaran

o Nama orang yang Anda kenal dalam kelompok tersebut

o Ide tentang bagaimana memperbesar kelompok sasaran Anda

§ Produk yang cocok

• Fokus pada manfaat bagi kelompok tersebut

• Testimoni yang relevan

o Nilai pribadi Anda

§ Alasan persuasif yang relevan mengapa mereka harus membelinya dari Anda.


Ini hanyalah salah satu metode yang dapat Anda coba, dan mudah-mudahan itu akan membawa Anda pada keberhasilan. Namun, jika hal-hal diatas tidak berhasil, rahasianya adalah untuk tidak menyerah. Itu berarti Anda harus mencoba sesuatu yang lain lagi. Saya akan senang mendengar komentar Anda dan silakan berbagi pengalaman Anda sehingga Kita semua bisa tumbuh dan belajar bersama.