Cara Membuat Pemasaran Anda Mendongkrak Lebih Banyak Penjualan (Bagian 1 - Mengajukan Pertanyaan Yang Tepat Dan Menemukan Jawaban Yang Benar)

Cara Membuat Pemasaran Anda Mendongkrak Lebih Banyak Penjualan (Bagian 1 - Mengajukan Pertanyaan Yang Tepat Dan Menemukan Jawaban Yang Benar)

Apakah terkadang Anda merasa ingin menyerah dalam bisnis penjualan langsung ini?

Apakah Anda memiliki pengalaman disaat dimana-mana satu-satunya jawaban yang Anda dengar adalah 'Tidak'?


Pertanyaan tentang bagaimana pemasaran bekerja benar-benar sangat sederhana, dan sebagian besar, bahkan jawabannya adalah relatif sederhana. Namun, anehnya adalah kebanyakan orang belum pernah mendengar pertanyaan yang tepat dan bahkan lebih sedikit telah diberitahu jawaban yang benar.


Jika Anda berfokus pada lebih dari pertanyaan yang rumit, seperti, 'Bagaimana Saya bisa melakukan upaya pemasaran untuk mengembangkan bisnis Saya? " Anda akan kewalahan oleh ratusan pilihan yang tersedia. Tapi, bila Anda tahu pertanyaan yang tepat dan yang lebih penting, jawaban yang benar, Anda akan mulai melihat area di mana Anda telah melakukan kesalahan di masa lalu.


Jadi, mari Kita mulai dengan melihat pertanyaan dimana Anda harus bertanya:

Tanya (T): Apa yang dilakukan pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan?

Jawab (J): Pemasaran yang efektif adalah yang membujuk orang untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.


Sekarang, Anda telah menetapkan dengan jelas tujuan Anda; yaitu untuk membujuk orang untuk membeli atau setidaknya membuat mereka lebih dekat ke tempat pembelian. Hal inilah yang harus Kita fokuskan.


Jika Anda berpikir untuk pertanyaan seperti:

T: Apa yang harus saya gunakan sebagai foto di halaman bisnis Facebook Saya?

T: Taktik pemasaran apa yang terbaik untuk wilayah Saya?


Berarti Anda sudah mengajukan pertanyaan yang salah.

Apa yang Anda harus tanyakan adalah:

T: Foto apa saja yang akan membantu Saya membujuk orang untuk membeli?

T: Taktik pemasaran mana yang terbaik untuk membujuk orang di sekitar Saya untuk membeli?


Ingat tujuan Anda adalah 'membujuk'. Meskipun perbedaannya mungkin tampak tidak begitu signifikan, itu tidak benar! Jika kita tidak mengajukan pertanyaan yang tepat, Kita biasanya tidak akan mendapatkan jawaban yang benar.


Apa Yang Membuat Pemasaran Efektif Menjadi Persuasif


T: Jadi, alasan paling persuasif apa yang membuat pemasaran yang efektif dalam membujuk orang untuk membeli produk/jasa Anda?

J: Besar, alasan yang dapat dipercaya untuk membelinya!


Pada dasarnya, itulah yang perlu dilakukan semua pemasaran untuk menjadi efektif; memberikan orang alasan bagus yang dapat dipercaya untuk membeli produk/jasa tersebut.


"Ketika orang memiliki alasan yang bagus untuk melakukan sesuatu, biasanya mereka melakukannya”


Alasan orang membeli produk Anda tidak selalu logis, namun juga bisa tepat secara emosional. Jika bisnis Anda tidak berjalan sebaik yang Anda inginkan, itu berarti Anda tidak memberikan orang alasan persuasif yang cukup untuk membeli.


Alasan Yang Paling Persuasif Untuk Membeli Produk / Jasa


T: Alasan apa yang paling persuasif bagi orang untuk membeli produk/jasa?

J: Ini sedikit lebih kompleks; mari Kita membaginya menjadi 3 bagian - Target konsumen Anda, penawaran Anda dan diri Anda sendiri.


1. Jangan menargetkan semua orang

T: Bagaimana cara membujuk orang untuk membeli produk saya?

J: Anda tidak bisa, jadi jangan coba-coba.

Mari kita bersikap jujur??, Anda tidak bisa menjadi pilihan 'terbaik' untuk semua orang, Anda bahkan tidak bisa menjadi pilihan 'terhebat' untuk semua orang. Paling-paling, Anda mungkin saja menjadi pilihan layak/baik untuk semua orang, tapi ini bahkan sangat tidak mungkin terjadi. Dengan mencoba untuk membujuk semua orang, Anda kehilangan kekuatan pemasaran Anda karena Anda membuat begitu banyak kompromi, dan pada akhirnya Anda mungkin tidak dapat membujuk siapa pun.

Oleh karena itu, Anda perlu fokus untuk menemukan alasan terbaik yang dapat membujuk kelompok tertentu; kelompok dapat didefinisikan oleh usia, jenis kelamin, pekerjaan, hobi, minat, lokasi, dan lainnya. Ini adalah kelompok-kelompok sasaran yang harus Anda perlakukan secara utuh ketika membuat daftar alasan-alasan Anda.


2. Apa yang Anda berikan pada orang lain? (proposisi nilai produk)

T: Apa yang membuat target konsumen Anda berpikir produk Anda senilai uang mereka?

J: Manfaat dari produk yang Anda sediakan.

Aturan umum adalah tidak berbicara mengenai bentuknya, namun berbicara mengenai manfaatnya.

Tanyakan pada diri sendiri, apa efek positif yang orang dapatkan dari pengalaman mereka menggunakan produk/jasa.

Mungkin itu membuat mereka merasa lebih baik. Mungkin itu membantu mereka mencapai suatu tujuan. Mungkin itu memecahkan masalah atau mungkin membuka pintu untuk peluang baru. Misalnya, jika konsumen merasa lebih baik setelah menggunakan produk Anda, Anda telah membangun hubungan kepercayaan dan kredibilitas, mereka telah mengalami hasil yang positif dan memiliki emosi positif. Jika Anda mensponsori seseorang untuk menjadi anggota, Anda dapat membimbing mereka melalui kesempatan baru ini. Dengan membantu mereka mengembangkan bisnis mereka; berarti memberi mereka lebih banyak kebebasan finansial, lebih banyak waktu untuk keluarga, jam kerja yang fleksibel, dan lain sebagainya, Anda telah memberikan hasil yang positif dan emosi yang positif.

Bantuan Anda dalam memberikan efek positif ini adalah alasan persuasif untuk membeli produk Anda dan/atau bergabung dengan jaringan Anda, tapi tentu saja tidaklah cukup hanya dengan menyoroti manfaatnya, karena sebagian besar pesaing Anda akan mengatakan hal yang sama.


Anda perlu menambahkan sesuatu yang ekstra, jadi pikirkan kembali ....


3. Apa yang membuat Anda berbeda (proposisi nilai pribadi)

T: Apa yang membuat orang lebih memilih Anda daripada pesaing Anda?

J: Aspek dari seluruh paket bisnis Anda (Anda dan produk) yang membuat Anda memiliki makna yang berbeda.

Harus ada sesuatu yang membuat Anda berbeda. Jika tidak, target konsumen Anda mungkin juga membeli dari salah satu pesaing Anda. Mungkin Anda tinggal di daerah di mana terdapat banyak penjual langsung lainnya dari perusahaan ini, sehingga manfaat produk yang Kita bicarakan sebelumnya hilang karena mereka juga menjual produk yang tepat.

Anda harus menemukan apa yang membuat Anda berbeda, apa yang membuat Anda menonjol sendiri dari para pesaing Anda.

Mungkin Anda adalah satu-satunya yang menawarkan sampel/percobaan gratis sebelum konsumen Anda melakukan pembelian. Mungkin Anda dapat memberikan produk lebih cepat dari orang-orang lainnya. Mungkin Anda memiliki pengetahuan khusus terkait dengan kelompok sasaran; misalnya menjadi seorang ibu memberikan pengetahuan tentang membesarkan anak-anak yang sehat yang dapat Anda sampaikan kepada kelompok sasaran ibu-ibu. Mungkin Anda menawarkan pembayaran pembelian produk dengan cara mencicil beberapa kali. Mungkin Anda menggunakan metode pendekatan yang berbeda; misalnya Anda hadir/aktif pada pertemuan/kelompok masyarakat bukan hanya di rumah.

Ada banyak cara di mana Anda berbeda dari pesaing Anda, tetapi mereka harus sesuatu yang bermakna; perbedaan harus menjadi sesuatu yang target konsumen Anda ambil peduli.


Minggu depan, dalam bagian 2, Saya akan berbicara mengenai ' proposisi nilai produk' dan 'proposisi nilai personal’. Saya juga akan mencakup model kerja yang mudah diikuti sehingga Anda dapat membuatnya sendiri. Setelah Anda menetapkan proposisi nilai Anda, upaya pemasaran Anda tentunya akan dapat mendongkrak lebih banyak penjualan.