Fokus Pada Tangga Loyalitas Pelanggan Anda

Fokus Pada Tangga Loyalitas Pelanggan Anda

Sebagai pemilik bisnis K-Link, yaitu Anda - seorang pemilik bisnis, dan seperti pada semua bisnis, Anda perlu menjaga dengan tepat 'tangga loyalitas pelanggan Anda’.

Di bawah ini adalah diagram sederhana dari dasar tangga loyalitas pelanggan.

Tersangka - Tersangka adalah seseorang yang menemukan Anda. Mereka para tersangka ingin tahu tentang bisnis Anda.

Prospek - prospek adalah seseorang yang tertarik dalam bisnis Anda; mungkin semata-mata sebagai konsumen atau peluang bisnis atau keduanya.

Pelanggan - Pelanggan adalah seseorang yang membeli baik produk atau jasa untuk pertama kalinya. Tahap ini perlu berjalan dengan baik untuk mendorong pelanggan agar datang kembali dan terus membeli dari Anda lagi.

Klien - Klien adalah mereka yang datang kembali dan melakukan pembelian berulang dari Anda.

Advokat - Sebuah advokat mempromosikan bisnis Anda atas nama Anda. Mereka sangat senang atas produk/jasa yang mereka beli dari Anda lagi dan lagi, namun tidak hanya membeli terus, namun mereka juga memberitahu tentang Anda kepada orang lain.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat semua orang menuju ke bagian atas sehingga mereka menjadi 'pendukung' dan yang lebih penting, jaga mereka untuk tetap ada di sana!

Sekarang, dengan MLM, tangga tersebut sedikit berbeda, dimana untuk beberapa anak tangga mungkin dapat sekaligus dilangkahi jika prospek Anda tertarik pada peluang bisnis Anda. Sebagai contoh:

Terlepas dari apakah tersangka awal Anda semata-mata tertarik pada produk Anda atau mereka lebih tertarik dengan peluang bisnis Anda; Anda masih ingin menjaga mereka di puncak tangga sambil mengadvokasi bisnis Anda.

Bagaimana Anda mencapai hal ini? Dengan membantu, mendukung dan memberikan perhatian penuh.

Dan bagaimana Anda mencapai hal-hal tersebut? Dengan membangun hubungan yang baik dan menjaga hubungan yang kuat dan langgeng.

Sukses dalam industri MLM pada dasarnya berasal dari ketiga faktor; produk Anda, pelatihan dan Anda. Dua dari tiga faktor yang dikelola oleh K-Link; Kami menawarkan yang terbaik, produk bermutu dan pelatihan 'Satu Sistem' Kami, yang telah dicoba dan diuji, sangat komprehensif dan sangat efektif. Yang meninggalkan faktor tersisa-ANDA.

Produk Anda dapat membuat pelanggan setia tapi pelanggan masih memiliki hak untuk membeli produk yang sama dari distributor lain jika mereka menginginkannya. Peluang bisnis dan pelatihan keterampilan mungkin mendorong prospek untuk disponsori oleh Anda, tetapi mereka memiliki hak untuk * meninggalkan kelompok dan bergabung dengan yang lain jika mereka menginginkannya. (* K-Link akan meminta keanggotaannya dihentikan dan orang tersebut dapat kembali bergabung pada suatu waktu dikemudian hari)

Inilah sebabnya mengapa hubungan orang-ke-orang yang Anda bina sangatlah penting; mereka membantu retensi pelanggan dan downline. Saya menyatakan yang sudah jelas di sini, tapi hubungan memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai orang lain. Itulah yang semua pemilik bisnis inginkan; untuk memahami kebutuhan pelanggan mereka, sehingga mereka dapat membantu dengan lebih baik.

Menurut pendapat saya, MLM telah berkembang menjadi industri multi-miliar- karena hubungan yang lebih kuat dan cukup sering, serta lebih pribadi antara member dengan para pelanggan mereka. Sebuah perusahaan multi-nasional besar tidak bisa melakukan pembangunan hubungan satu-per-satu ke kedalaman yang Anda bisa. Yang pasti, dengan menggunakan mailing list (baik pos dan email) pesan dapat dipersonalisasi untuk membuatnya tampak seolah-olah mereka tahu pelanggan mereka, dengan menggunakan data yang telah mereka kumpulkan berarti mereka bisa mengirimkan ping ucapan 'happy birthday' kepada Anda pada hari besar Anda, tapi pada hari-hari biasa, sebuah perusahaan tradisional tidak bisa menyentuh Anda dalam hal hubungan kualitas dengan pelanggan. Anda memiliki keuntungan ini dan Anda harus memaksimalkan itu.

Fokus pada layanan purna jual Anda dari cara berpikir hubungan pemasaran. Jangan menunggu sampai pelanggan siap untuk memesan lagi sebelum Anda menghubungi mereka selanjutnya. Bicara kepada mereka, cari tahu bagaimana mereka menggunakan  produk Anda, apakah mereka puas? Jika tidak, cari tahu masalahnya - dan yang lebih penting - temukan solusinya untuk mereka.

Tentu, semakin Anda terlibat dengan pelanggan Anda, semakin Anda mengenal mereka. Percakapan sering bergerak jauh dari bisnis murni, dan topik-topik seperti; hobi, minat, pekerjaan, keluarga, dan lain sebagainya secara tidak sengaja terjadi. Ini menambahkan dimensi lain untuk hubungan yang tercipta karena Anda mungkin dapat menawarkan mereka sesuatu yang tidak berhubungan dengan bisnis Anda, namun nilainya telah mereka rasakan.

Era digital dimana Kita sekarang hidup telah membuat cara untuk 'tetap berhubungan' jauh lebih mudah dari sebelumnya; apakah itu melalui media sosial atau aplikasi mobile, biaya merupakan uang yang harus dikeluarkan namun imbalan yang Anda dapatkan sebaliknya tak ternilai harganya. Pergilah menjelajah ke perusahaan lain dan distributor lain dengan menginvestasikan waktu pada orang. Buatlah diri Anda menonjol sebagai seseorang yang selalu bersedia membantu, seseorang yang peduli dan seseorang yang mendukung, maka Anda akan memiliki masa depan yang cerah, tidak hanya dengan K-Link tapi dengan hidup Anda secara keseluruhan.

 

Sukses untuk Anda semua.

Leon