Tips Pakai Bahan Bakar Cermat, Pengeluaran Bulanan Juga Hemat!

Tips Pakai Bahan Bakar Cermat, Pengeluaran Bulanan Juga Hemat!
Kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor saat ini sudah menjadi kebutuhan yang cukup mendasar terutama bagi warga perkotaan. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan kendaraan bermotor bisa lebih cepat mencapai tujuan, lebih nyaman dan lebih fleksibel dibandingkan naik kendaraan umum.

Kendaraan bermotor membutuhkan bahan bakar sebagai sumber tenaganya, baik yang menggunakan premium, pertalite, pertamax maupun biodiesel atau solar. Tanpa adanya bahan bakar, kendaraan bermotor hanya akan menjadi sebuah rangka besi dengan mesin yang tidak dapat berjalan.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan, murahnya harga kendaraan bermotor serta kemudahan untuk membeli kendaraan bermotor secara kredit, membuat kapasitas jalan tidak mampu lagi menampung jumlah kendaraan yang ada setiap harinya. Akibatnya, kemacetan terjadi dimana-mana yang bahkan diperkirakan kota-kota besar di Indonesia akan segera mengalami macet total.

Dengan kondisi kemacetan yang semakin parah seperti ini, beban yang ditanggung oleh kendaraan pun akan semakin banyak, antara lain, kendaraan akan lebih cepat panas, mesin bekerja keras, dan konsumsi bahan bakar pun menjadi meningkat.

Padahal kita tahu bahwa saat ini harga bahan bakar di Indonesia itu sudah tidak murah lagi, dan spesifikasi jenis kendaraan baru pun menuntut jenis bahan bakar yang lebih bagus.

Baca juga: Kendaraan Boros, Kantong pun Jebol


Nah kalau pengeluaran bahan bakar meningkat, tentu biaya bulanan yang harus Anda keluarkan pun semakin tinggi. Oleh karena itu, yuk lakukan beberapa hal mudah yang dapat menurunkan konsumsi bahan bakar kendaraan Anda, antara lain:

1.    Membawa kendaraan dengan cara eco



Banyak pengendara yang tidak menyadari bahwa cara mereka menginjak pedal gas mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya. Jika Anda menginjak pedal gas dengan keras, maka mesin akan mengonsumsi bahan bakar lebih banyak. Untuk itu cobalah menginjak pedal gas dengan perlahan sehingga dapat mengirit bahan bakar Anda.


2.    Jangan terlalu sering menginjak rem



Menginjak rem pada saat berjalan, membuat bahan bakar kendaraan Anda terkuras karena Anda juga akan sering menginjak gas. Paculah kendaraan Anda sesuai aturan batas kecepatan yang berlaku agar Anda tidak terlalu sering menginjak rem.


3.    Perhatikan beban



Semakin berat beban yang Anda bawa pada kendaraan Anda, maka konsumsi bahan bakar juga meningkat karena setiap 50 kg beban, akan menambah konsumsi bahan bakar sebesar 2%. Untuk itu, sebaiknya Anda hanya membawa barang yang benar-benar Anda perlukan untuk menghemat bahan bakar kendaraan Anda.


4.    Perawatan mesin



Dengan memperhatikan performa mesin, maka Anda dapat mengoptimalkan keefisienan bahan bakar kendaraan Anda. Untuk itu, pastikan Anda melakukan servis secara berkala agar performa mesin kendaraan Anda tetap stabil.


5.    Tambahkan Additive Oil



Oli mesin akan berperan besar dalam menjaga suhu mesin dan mengoptimalkan kinerja mesin, penambahan additive oil yang tepat akan membantu meningkatkan kinerja oli mesin yang akan berdampak pada penghematan bahan bakar.

Disadari atau tidak, penghematan bahan bakar yang dilakukan memiliki dampak positif terhadap lingkungan, karena berperan dalam mengurangi emisi atau gas buang kendaraan. Selain itu juga akan mampu mengurangi beban pengeluaran untuk biaya bahan bakar bulanan Anda. Drive safely, ya! (Jabbar/Marini)

Artikel Rekomendasi : Jangan Remehkan Kesehatan Tulang Belakang Anda!