Bahaya dan Efek Samping Krim Pemutih Wajah

Bahaya dan Efek Samping Krim Pemutih Wajah
Memiliki kulit yang cantik memang dambaan setiap wanita, namun banyak orang menilai kulit yang cantik adalah kulit yang berwarna putih. Karena itu, tak heran jika banyak orang menempuh berbagai cara agar kulitnya terlihat putih, termasuk menggunakan krim pemutih wajah yang beredar di pasaran. Anggapan ini tentu saja salah, karena sebenarnya kulit yang cantik adalah kulit yang sehat. Lalu, bagaimana ciri kulit yang sehat? Kulit yang sehat adalah kulit yang warnanya merata, kelembapannya tinggi, kencang, kenyal, padat, elastis dan tanpa noda.

Bahaya dan efek samping dari penggunaan krim pemutih wajah bukan hanya berdampak pada kulit, tapi juga bisa merusak organ tubuh lainnya. Krim pemutih biasanya mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak memiliki izin edar karena krim pemutih memang tidak layak untuk digunakan. Pada tahun 2013, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengamankan lebih dari 74 ribu unit produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan tidak memiliki izin edar. Biasanya, krim pemutih mengandung senyawa koktail berbahaya seperti:

Baca juga: PRODUK HERBAL UNTUK PERAWATAN KULIT CANTIK DAN SEHAT


1.    Steroid, yang merupakan bahan untuk mengurangi peradangan. Jika digunakan pada kulit yang memerah dan gatal-gatal dalam dosis yang tinggi atau jangka panjang, dapat menimbulkan efek buruk terhadap tubuh seperti katarak dan pelemahan tulang. Sementara pada kulit berdampak negatif karena membuat kulit menjadi tipis sehingga lebih mudah tergores atau terluka.

2.    Hydrokinon, yaitu bahan kimia yang berfungsi untuk proses cetak foto dan berguna sebagai zat penstabil dalam minyak, cat, pernis, dan bahan bakar kendaraan. Produk pemutih dipasaran hanya boleh mengandung kadar hydrokinon maksimal hingga 2%, sedangkan untuk produk kecantikan dari dokter spesialis kulit memiliki kadar hydrokinon maksimal hanya 4%. Apabila lebih dari itu, dapat menyebabkan ruam pada kulit karena terbakar.

3.    Merkuri, merupakan logam berbentuk cairan berwarna abu-abu atau biasa disebut dengan air raksa. Cara kerja merkuri mempengaruhi enzim trikinase dalam menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin tidak terjadi yang membuat kulit lebih cerah atau lebih putih. Tujuan penggunaan merkuri ini adalah untuk menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Namun, bila terus menerus menggunakannya, justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen. Pemakaian merkuri secara terus menerus itu memang pada awalnya menjadikan kulit lebih mulus, namun kemudian merkuri tersebut mengendap di bawah kulit. Setelah pemakaian bertahun-tahun kulit kita akan rusak, lalu biru kehitaman yang dapat memicu timbulnya kanker dan memperlambat pertumbuhan janin bahkan mengakibatkan keguguran (kematian janin dan mandul). Flek hitam pada kulit akan memucat (seakan pudar) dan bila pemakaian dihentikan, flek itu dapat timbul lagi bahkan bertambah parah (melebar), selain itu juga memicu timbulnya jerawat.

Sebenarnya untuk terlihat cantik Anda tidak perlu menggunakan krim pemutih seperti yang saat ini digunakan oleh orang-orang. Anda hanya perlu melakukan beberapa cara dan trik alami tanpa harus menggunakan krim pemutih, karena dengan krim pemutih Anda hanya mendapatkan cantik yang sementara tetapi banyak efek buruk yang timbul akibat penggunaan krim pemutih tersebut.

Untuk memperoleh kulit yang sehat, Anda dapat memperbanyak konsumsi:
•    Alpukat yang berkhasiat membuat kulit menjadi putih alami
•    Bayam yang berfungsi sebagai antioksidan pelawan radikal bebas,  mencerahkan flek hitam pada wajah, membuat kulit kenyal dan lembap
•    Bawang putih yang berfungsi sebagai antibiotik alami
•    Tiram yang kaya akan vitamin B untuk mengembalikan rona segar pada wajah yang pucat atau lingkaran gelap di bawah mata karena efek kurang tidur.

Selain itu, lakukan perawatan wajah dari luar secara rutin seperti mengoleskan pelembap yang mengandung tabir surya saat beraktifitas di luar ruangan serta rajin membersihkan muka setelah selesai beraktifitas.

Setelah mengetahui bahaya dan efek buruk dari penggunaan krim pemutih, sebaiknya hindari penggunaan produk krim pemutih. Lakukanlah perawatan kulit secara alami. Bila perlu menggunakan produk kecantikan, pintarlah memilih produk agar tidak hanya kulit cantik yang kita dapatkan tetapi juga tubuh yang sehat. (Puput/Marini)

Artikel Rekomendasi : PRODUK SKIN CARE YANG TEPAT UNTUK KULIT BERJERAWAT