SUKA BEGADANG? HATI-HATI, 12 PENYAKIT SERIUS INI MENGINTAIMU!

SUKA BEGADANG? HATI-HATI, 12 PENYAKIT SERIUS INI MENGINTAIMU!
Di era modern ini, banyak hal yang dapat dijadikan alasan untuk begadang. Bisa karena pekerjaan, pendidikan atau bahkan semata mata karena tuntutan gaya hidup saja. Begadang adalah keadaan seseorang terjaga tidak tidur sampai larut malam. Tidur yang baik adalah sekitar 7-8 jam sehari. Dan begadang umumnya dilakukan seseorang yang tidur kurang dari 6 jam, dan hal itu tidak bisa digantikan keesokan harinya, dimana menyebabkan seseorang menjadi lemas dan tak bergairah.

Mengapa kita harus tidur? Karena pada saat tidur tubuh akan mengistirahatkan raga dan pikiran dari aktivitas sehari-hari. Selain itu pada saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan manusia dan hormon kortek adrenal yang sangat penting dalam sistem metabolisme tubuh dan perkembangan fungsi otot. Pada saat tidur, tubuh kita juga melakukan proses perbaikan dan regenerasi sel-sel tubuh. Untuk itu tidur yang cukup sangatlah penting demi kesehatan tubuh.

Kebiasaan begadang atau tidur larut malam ternyata dapat menyebabkan resiko yang lebih berbahaya dari yang dibayangkan. Selain begadang dapat berefek langsung terhadap wajah dan kulit yang terlihat lebih kusam, kering, mata menjadi sembab dan muncul lingkarang hitam sekitar mata dan tubuh menjadi lemas. Efek negatifnya bersifat permanen bila tidak segera dihentikan.

Simaklah beberapa efek yang lebih buruk yang disebabkan oleh begadang berikut ini :

1.    Hipertensi



Pada malam hari ritme jantung mulai melemah, sedangkan pada orang yang begadang jantung berdetak kencang sepanjang malam. Ini dapat memicu tekanan darah tinggi.


2.    Gangguan Sakit Pernapasan



Paru-paru basah dan ISPA cenderung diderita oleh orang yang suka begadang. Udara dingin dan lembab pada malam hari yang dihisap terus-menerus dapat menyebabkan penumpukan cairan yang berlebihan pada paru-paru.


3.    Penyakit Jantung dan Stroke



Waktu tidur yang kurang dari 6 jam dapat  menyebabkan peradangan pada arteri  yang mengakibatkan adanya penumpukan plak pada pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan aliran darah.Hal ini juga disebabkan karena meningkatnya kadar C-Kreatif (CPR) dalam tubuh.


4.    Diabetes



Pola tidur sangat berpengaruh pada kadar gula dalam tubuh. Pada saat kita tidur, kadar gula menurun karena banyak digunakan oleh hati untuk proses detoksifikasi. Maka bila kita kekurangan tidur proses itu tidak terjadi. Menurut penelitian oleh Orfue Buxton di Boston’s dan  Women’s Hospital menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam memiliki resiko menderita penyakit diabetes tipe-2.


5.    Kanker



Pada saat kita tidur, tubuh memproduksi hormon melatonin yang terjadi pada tengah malam hari. Dimana hormon melatonin adalah hormon yang membantu memerangi sel–sel kanker seperti pada kanker payudara, prostat, dan lainnya. Melatonin memaksimalkan aktifitas antioksidan dalam tubuh untuk mencegah kerusakan DNA akibat ulah zat-zat karsinogenik penyebab kanker dan menghentikan pertumbuhannya.


6.    Alzheimer



Seorang profesor dari Neurology Washington University, Dr Yo-El Ju menyatakan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan resiko plak akibat penumpukan protein pada otak. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan otak, bentuk yang ada pada Alzheimer yang biasanya tertimbun selama 10-15 tahun.


7.    Mengurangi Kesuburan Organ Reproduksi



Begadang bagi wanita dapat mempengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum yang cenderung mempengaruhi siklus menstruasi. Dan pada pria, begadang dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.


8.    Anemia



Hal ini disebabkan karena hormon dan produksi sel darah merah terganggu akibat metabolisme tubuh yang tidak seimbang.


9.    Gangguan Pencernaan



Di malam hari, kadar asam lambung meningkat. Dan keadaan ini diperparah oleh makanan dan minuman teman begadang. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang berlemak yang akan memperparah kinerja lambung.


10.    Penurunan Daya Tahan Tubuh



Kurang tidur dapat menyebabkan rusaknya sel-sel darah putih pada tubuh. Dan sel darah putih merupakan sel yang memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh. Sehingga orang yang suka begadang akan lebih rentan terhadap penyakit.


11.    Melemahkan Saraf



Kurang tidur dapat mempengaruhi sistem saraf dalam tubuh. Sistem saraf menjadi lebih lemah sehingga akan melemahkan pula sistem refleks  Anda.


12.    Obesitas



Salah satu dampak buruk begadang adalah menurunnya sistem metabolisme tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh akan sangat mudah menyimpan lemak sehingga  orang menjadi sangat cepat gemuk.

Ternyata efek buruk dari begadang sangat tidak baik untuk kesehatan, selain dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan menyebabkan depresi, begadang juga dapat mengundang penyakit-penyakit serius pada tubuh kita.

Untuk itu sebaiknya Anda harus mulai mengatur pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup dan olahraga  teratur. (Trisna/Inggrid)

Artikel Rekomendasi    : Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Minyak Ziatun