Cara Jitu Hadapi Menopause

Cara Jitu Hadapi Menopause
Menopause merupakan proses alami yang tidak mungkin dapat dicegah. Sedangkan menopause ini didefinisikan sebagai suatu saat setelah 12 bulan tanpa haid (amenorea). Menopause berarti tidak menstruasi dan pastinya tidak hamil lagi. Tapi kenapa wanita khawatir dan panik akan datangnya waktu menopause?

Setiap tahunnya menurut data Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa sekitar 25 juta wanita di seluruh dunia diperkirakan mengalami menopause, dan jumlah wanita usia 50 tahun ke atas diperkirakan meningkat dari 500 juta pada saat ini menjadi lebih dari 1 milyar pada tahun 2030. Di Asia sendiri pada tahun 2025, jumlah wanita yang berusia tua diperkirakan akan melonjak dari 107 ke 373 juta. Dimana sekarang ini, usia hidup wanita lebih panjang dan juga lebih aktif setelah masa menopause.

Dari data tersebut, sudah pasti bahwa setiap wanita pasti akan mengalami menopouse, dan terkadang hal ini justru menjadi sesuatu yang menakutkan. Hal ini diakibatkan karena saat wanita mengalami menopouse banyak gangguan kesehatan yang terjadi. Gangguan tersebut antara lain :

1.    Cepat lelah



Saat kadar estrogen di dalam tubuh seorang wanita menurun, stamina pun menjadi menurun, hal ini juga diperburuk dengan pola hidup dan pola makan yang buruk


2.    Gangguan urogenital



Gangguan ini meliputi gangguan pada kandung kemih, gangguan saat berkemih, nyeri saat bersenggama dan gangguan lainnya. Hormon estrogen berperan besar dalam melindungi lapisan organ kemih dan dinding vagina, apabila kadar estrogen terus menurun maka menyebabkan bagian kandung kemih dan vagina jadi mudah infeksi, selain itu otot-otot di sekitar kandung kemih yang berperan mengontrol saat berkemih pun akan menjadi melemah.


3.    Perubahan bentuk tubuh



Berkurangnya estrogen akan menurunkan kadar HDL (jenis kolesterol baik yang mendistribusikan lemak) dan meningkatkan LDL (kolesterol jahat). Kondisi ini menyebabkan penumpukan lemak di bagian perut, sehingga tampak buncit.

Dan masih banyak gangguan lainnya yang terjadi seperti insomnia, rasa panas di sekitar wajah dan lain sebagainya. Oleh karena kita tahu bahwa menopause tersebut pasti akan datang, maka wanita sebaiknya mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi menopause tersebut, caranya antara lain :

1.    Perbanyak konsumsi phytoestrogen



Hormon estrogen pada wanita akan turun terus mendekati menopause, oleh karena itu bantu perlambat penurunanya dengan mengonsumsi makanan yang kaya phytoestrogen diantaranya seperti gandum, tempe, kedelai.


2.    Menggunakan minyak zaitun



Cobalah mengganti minyak goreng anda dengan minyak zaitun untuk memasak makanan baik menumis ataupun hanya menggoreng biasa, agar lemak atau minyak baik yang masuk ke dalam tubuh kita, selain itu minyak zaitun juga kaya akan vitamin E dan senyawa polyfenol yang dapat membantu memperlambat terjadinya menopause.


3.    Konsumsi vitamin



Mengonsumsi vitamin E, A dan C sebagai sumber antioksidan yang sangat berperan besar dalam mengatasi kerusakan dan proses penuaan yang terjadi.


4.    Olahraga



Olahraga berperan besar dalam proses ovulasi dan proses sintesa hormon di dalam tubuh, jadi olahraga harus tetap rutin dilakukan.

Jadi sebenarnya menopause itu tidak perlu ditakuti dan jangan panik saat menapause datang, namun tetap harus dipersiapkan, apabila kita sudah mempersiapkannya sebelum menopause tersebut datang, seorang wanita akan dapat menjalani kehidupannya dengan nyaman dan sehat meskipun telah mengalami menopause. (Jabbar/Inggrid)

Artikel Rekomendasi : Menopouse Bagaimana Mempersiapkannya