Ini Cara Praktis Cegah Penuaan Dini

Ini Cara Praktis Cegah Penuaan Dini
Cepat atau lambat, sadar atau tidak, mereka yang memasuki umur 30 akan mengalami perubahan pada kulit. Nah, tugas kita adalah menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari penuaan dini.

Apa sih penuaan dini?

Penuaan dini bisa dialami oleh siapa saja, baik pria ataupun wanita. Penuaan dini terjadi dikarenakan proses terjadinya perubahan tubuh atau permasalahan pada kulit, yang disebabkan banyak faktor. Hal tersebut pun dapat terjadi dari dalam serta luar tubuh. Faktor dari luar tubuh penyebabnya dikarenakan ilkim, polusi, kosmetik, cuaca sedangkan faktor dari dalam tubuh biasanya terjadi karena hormon, gaya hidup, serta dapat juga terjadi karena genetik.

Kebiasaan gaya hidup tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur umumnya sering kita lakukan setiap harinya, dan tanpa disadari berdampak tidak baik pada keseimbangan hormonal dan kualitas kesehatan kita. Tidak hanya itu pemakaian kosmetik, merokok, minum-minuman bersoda  dan beralkohol pun salah satu  penyebab masalah tersebut.

Baca Juga    : Pentingnya Kolagen Untuk Tulang dan Sendi

Ciri-ciri dari penuaan dini dapat kita lihat dan rasakan dalam diri kita, diantaranya adalah permasalahan pada kulit seperti terlihat kusam, mata berkantung, mulai timbul kerutan pada wajah atau bagi kulit yang berminyak terlihat dari timbulnya permasalahan pada wajah seperti jerawat serta banyaknya garis halus pada wajah.

Hal ini terjadi karena banyaknya aktivitas, tingkat stres yang yang tinggi dan kurangnya istrahat yang cukup. Masih banyak lagi hal yang menyebabkan terjadinya penuaan dini seperti mata mulai berkurang penglihatannya, mulai terjadi perubahan pada rambut, kulit mulai kering dan keriput.

Banyak cara dilakukan untuk menghindari permasalahan tersebut, bahkan dapat dikatakan sangat mudah seperti dengan cara merubah pola hidup sehat, hindari makan makanan yang tidak sehat, perbanyak konsumsi buah serta sayuran yang banyak mengandung vitamin C, minum air putih minimal 8 gelas sehari, istirahat cukup minimal tidur 6-8 jam pada malam hari.

Selain menjaga pola makanan serta istirahat yang cukup kita dapat melakukan perawatan yang sangat mudah dilakukan dirumah seperti membersihkan wajah dengan teratur dan benar, menggunakan scrub wajah, atau masker setiap 2 minggu satu kali untuk mencegah terjadinya penumpukkan sel kulit mati pada wajah.

Tidak hanya dengan perawatan memberi nutrisi serta mengkonsumsi vitamin pun sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh, terutama untuk kebutuhan nutrisi kulit yang dapat menghambat permasalahan pada kulit.

Hindari pemakaian kosmetik terlalu sering, biasanya kosmetik banyak mengandung zat kimia yang dapat menimbulkan masalah pada kulit selain itu juga mempercepat timbulnya efek kusam dan lelah pada kulit. Itu sebabnya, istirahatkanlah wajah Anda dari penggunaan kosmetik setidaknya dua hari dalam satu minggu, gunakan bahan yang benar-benar aman dan alami untuk merawat kulit dan tubuh kita, mungkin bisa dengan menggunakan bahan herbal yang terdapat dirumah. Selain itu gunakan bahan alami untuk kulit Anda, pasalnya semakin sering Anda menggunakan bahan-bahan alami pada kulit, semakin sehat kulit Anda. Yu cegah penuaan diri dari sekarang. (Diah/Inggrid)

Artikel Rekomendasi    : K-Liquid Minuman Rasa Leci Dengan Kolagen Sebotol Sehari Cegah Penuaan Dini