Kesalahan Pada Saat Mencuci Wajah

Kesalahan Pada Saat Mencuci Wajah
Membersihkan wajah merupakan salah satu ritual yang wajib dilkukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap segar dan cerah. Namun tanpa disadari banyak orang yang melakukan kesalahan pada saat mencuci wajahnya sehingga pembersihan pun tidak maksimal. Yu kita intip, apa saja kesalahan tersebut.

Mengapa kita harus membersihkan wajah? Pada dasarnya kulit harus selalu dibersihkan, khususnya kulit wajah yang memang terpapar polusi, radikal bebas terutama wanita yang sering menggunakan make-up. Jadi pembersihan harus dilakukan pada malam hari setelah kita beraktivitas dan pada pagi hari setelah bangun tidur atau lebih dari itu bila diperlukan.

Berikut ini beberapa fakta dan kesalahan pada saat mencuci wajah :

Pembersihan wajah bermake-up hanya dengan sabun wajah

Banyak orang khususnya para wanita yang tidak menyadari kesalahan ini. Untuk mengangkat sisa make-up sebenarnya tidak cukup hanya dengan sabun wajah. Sebaiknya menggunakan milk cleanser terlebih dahulu sebelum menggunakan sabun wajah. Karena make-up dan krim perawatan wajah yang digunakan sebelum make-up seperti pelembab, sunscreen dan alas bedak memiliki bahan dasar lemak, sehingga kita perlu lemak juga untuk mengangkat sisa make-up yang masih menempel pada kulit wajah dan pori-pori. Milk cleanser pun memiliki bahan dasar lemak sehingga dapat mengikat sisa make-up dan kotoran tersebut. Lalu setelah itu dapat menggunakan sabun wajah untuk memaksimalkan pembersihan dan membuang sisa kotoran dan milk cleanser tadi. Setelah dibersihkan dengan sabun dan dikeringkan dapat dilanjutkan dengan pemakaian toner untuk menyegarkan dan mengecilkan pori-pori.

Sabun wajah yang tidak sesuai jenis kulit

Untuk memilih perawatan wajah termasuk sabun wajah harus sesuai dengan jenis kulit kita. Maka dari itu sebelum membeli produk kecantikan sebaiknya kita pahami jenis kulit kita termasuk kulit berminyak, kering atau kulit yang bermasalah. Karena setiap jenis kulit berbeda cara perawatannya dan harus memiliki kandungan yang berbeda pula.

Sabun wajah yang mengandung banyak detergent
Sabun wajah yang mengandung banyak detergent dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Setelah mencuci wajah seringkali terasa ketat dan kering yang akan menyebabkan kulit menjadi dehidrasi dan mudah timbul kerutan.

Mencuci wajah dengan air hangat
Mencuci wajah dengan air hangat memang terasa nyaman, menenangkan dan membuat kuklit kita rileks. Namun sebenarnya memiliki efek yang kurang baik untuk kulit. Air hangat akan membuang lemak atau minyak pada kulit sehingga kulit akan jadi lebih kering, pori-pori membesar dan mudah keriput. Selain itu juga bisa memperlambat perbaikan kulit, seperti bekas-bekas jerawat. Dan air panas dapat memperbesar kapiler dan pembuluh darah sehingga dapat membuat kulit menjadi kemerahan dan iritasi.

Membersihkan wajah secepat kilat
Pada saat mencuci wajah luangkan sedikit waktu untuk pemijatan dan memberi kesempatan bahan aktif yang terdapat pada sabun wajah untuk bekerja dengan baik. Diamkan minimal semenit tapi jangan terlalu lama.

Teralu sering

Jika terlalu sering mencuci wajah, ternyata tidak baik juga karena akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak.

Jadi, mulai sekarang perbaiki cara-cara membersihkan wajah Anda. Walaupun sepele tapi karena kita melakukannya setiap minimal dua kali sehari sehingga menjadi sangat penting untuk kita dapat melakukan pembersihan wajah dengan benar. Dan kulit Anda akan terjaga kecantikannya dan awet muda. (Trisna/Inggrid)