Siapkan Nutrisi Si Kecil Selama Berpuasa

Siapkan Nutrisi Si Kecil Selama Berpuasa

Walaupun si kecil belum memiliki kewajiban menjalankan puasa satu hari penuh, tapi tidak sedikit yang ingin melaksanakan puasa karena ajaran agama yang ditanamkan. Nah, bagi si kecil yang ingin puasa, para orangtua wajib memperhatikan asupan nutrisi mereka loh. Seperti apakah itu?

Saat ini, seluruh umat muslim diseluruh dunia sedang bersuka cita akan datangnya bulan yang penuh berkah. Seluruh umat muslim berlomba-lomba dalam mengerjakan ibadah guna mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Dalam hukum Islam, seseorang telah berkewajiban berpuasa setelah menginjak akil baliq, namun ada baiknya jika anak-anak yang belum akil baliq diajarkan untuk berpuasa. Hal ini bertujuan untuk menanamkan ajaran agama sejak usia dini.

Pada awal masa belajar puasa, orang tua disarankan untuk mengajarkan puasa beberapa jam saja dulu, misalnya anak diperbolehkan berbuka saat azan dzuhur. Aturan semacam ini dapat dimodifikasi oleh masing-masing orang tua yang dirasa sesuai dengan kemampuan fisik dan aktifitas anak.

Lalu apakah jika anak berpuasa maka akan mengurangi asupan nutrisinya? Dengan berpuasa pasti sedikit banyak akan mempengaruhi asupan nutrisi yang didapat oleh anak. Sebagai orang tua sudah sepatutnya mempersiapkan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, dan sebaiknya tambahkan juga suplemen pada waktu sahur dan berbuka.

Pada prinsipnya pedoman menu untuk anak saat berpuasa sama dengan hari-hari biasa, yaitu berpedoman dengan pola makan dengan menu seimbang. Pola menu seimbang, yaitu menu yang memerhatikan kebutuhan gizi, baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air disesuaikan dengan kebutuhan gizi anak. Kalori sebagai sumber energi untuk aktivitas, dan metabolisme basal. Protein untuk pertumbuhan, vitamin serta mineral sebagai pembangun dan pemelihara kesehatan.

K-Kids Omega merupakan suplemen khusus anak yang mengandung minyak ikan COD, omega 3 (EPA dan DHA), Vitamin A dan Vitamin D. Semua kebaikan dari K-Kids Omega dapat mencukupi kebutuhan nutrisi penting untuk anak yang mulai belajar berpuasa. K-Kids Omega mengandung asam lemak tak jenuh esensial yang memiliki manfaat besar untuk anak-anak. Asam lemak esensial ini tidak dapat dibuat di dalam tubuh melainkan harus didapatkan dari luar tubuh melalui konsumsi sehari-hari. Asam lemak ini dapat menjadi cadangan tenaga bagi si kecil agar tidak merasa lemas selama berpuasa. Kandungan vitamin A dan D yang terkandung di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari anak.

Dengan menambahkan K-Kids Omega selama berpuasa, sistem kekebalan tubuh anak akan selalu terjaga serta si kecil tetap memiliki tenaga untuk melalukukan aktifitas seperti biasa. Berikan K-Kids Omega dengan dosis anak 1-2 softgel sehari dan diberikan pada saat saur dan berbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa, Mitra K-LINK. (Fina/Inggrid)