CARA JITU MERAWAT RAMBUT UNTUK PRIA

CARA JITU MERAWAT RAMBUT UNTUK PRIA
Rambut tak hanya menjadi mahkota untuk wanita semata, tapi juga bagi kaum pria. Meskipun demikian, banyak yang belum memahami betul cara perawatannya.
 

Berapa kali seharusnya saya keramas?

Rambut boleh dikeramas dengan sampo ketika sudah benar-benar kotor dan berminyak. Biasanya, jika tidak terlalu kotor dan berminyak, lebih baik mencuci rambut dengan air saja. Cara ini dilakukan demi menjaga teksur dan kelembapan rambut. Mencuci rambut dengan sampo lebih baik dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam waktu satu minggu.


Jenis sampo seperti apa yang seharusnya saya gunakan?

Kenali terlebih dahulu jenis rambut Anda. Setelah itu, gunakan jenis sampo yang sesuai dengan tipe rambut Anda. Hindari sampo yang memiliki persentase kandungan sulfat cukup tinggi, karena bisa membuat rambut menjadi kering.


Apakah saya juga harus menggunakan conditioner untuk perawatan rambut?

Tentu saja. Conditioner merupakan bagian penting dalam proses perawatan rambut karena bisa menjaga rambut tetap lembut dan sehat. Biasakan untuk menggunakan conditioner sehabis keramas dengan sampo. Akan tetapi, sama seperti halnya berkeramas dengan sampo, cukup lakukan sebanyak 2-3 kali dalam waktu satu minggu.


Bagaimana cara menentukan produk styling yang tepat untuk rambut saya?

Perhatikan lebih baik kandungan dalam produk tersebut, agar bisa memilih opsi yang tepat sesuai jenis rambut Anda. Yang harus diperhatikan lagi adalah waktu penggunaan produk tersebut. Jika Anda termasuk seseorang yang tidak bisa menjalankan rutinitas tanpa gel dan wax, ada baiknya hanya menggunakan produk itu dari Senin hingga Jumat saja. Pada akhir pekan, lebih baik membiarkan rambut Anda bebas dari produk tersebut. Cara ini dipercaya bisa menjaga kondisi rambut tetap sehat, sehingga tidak mudah rontok. Jika kerap digunakan dalam periode waktu lama dan terus-menerus, kandungan dalam produk styling itu bisa memengaruhi kesehatan rambut.


Apakah saya harus selalu menggunakan hair dryer?

Hal itu sesungguhnya tidak begitu penting. Tapi tergantung jenis dan gaya rambut Anda. Jika rambut Anda pendek dan halus, tidak perlu menggunakan hair dryer. Jika menginginkan tampilan ramput yang rapi, Anda bisa mengandalkan hair dryer. Meskipun demikian, menggunakan alat bertemperatur panas akan membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering. Frekuensi yang tepat dalam menggunakan hair dryer adalah tiga kali dalam seminggu.


Berapa kali waktu yang tepat untuk memotong rambut?

Untuk menjaga rambut tetap terlihat rapi, lakukanlah setiap 3-4 minggu sekali. Tak perlu ragu untuk menggunakan jasa hair stylist untuk menemukan gaya rambut tepat atau tren yang sesuai dengan bentuk rambut dan kepribadian Anda. (Dicky)