Manfaat Liburan Bagi Si Buah Hati

Manfaat Liburan Bagi Si Buah Hati
Liburan yang baik untuk anak tentunya adalah yang menggunakan liburan sebagai salah satu pendekatan dalam menstimulasi perkembangan anak dalam melakukan hal baru sehingga anak merasa gembira, nyaman, bertambah pengalaman yang mencerdaskan emosi maupun intelektual, sehat  fisik maupun mental dan kuat.

Sebuah liburan akan memberikan banyak manfaat bagi buah hati jika dimanfaatkan dengan baik dan benar. Namun, tahukah Anda bahwa liburan yang baik untuk anak tentunya adalah yang menggunakan liburan sebagai salah satu pendekatan dalam menstimulasi perkembangan anak dalam melakukan hal baru sehingga anak merasa gembira,  nyaman, bertambah pengalaman yang mencerdaskan emosi maupun intelektual, sehat  fisik maupun mental dan kuat.

Hal itu dikarenakan liburan merupakan sarana refreshing, melepaskan diri dari aktivitas dan ketegangan walaupun berlangsung sementara, namun setelah berlibur, aktivitas selanjutnya seperti belajar, pasti akan lebih segar dan menyenangkan.  Perlu diingat bahwa menyenangkan anak adalah hal yang sangat penting dilakukan, karena ketika anak senang maka dia dengan mudah dapat menyerap apa yang dia temui. Sehingga secara keseluruhan stimulasi ini sangat mendukung perkembangan otak anak.

Selain itu, liburan juga bermanfaat untuk mempererat komunikasi dalam keluarga. Saat komunikasi berkurang, maka kedekatan dalam hal emosi pun berkurang, dan jika hal tersebut terjadi, maka orangtua seharusnya tidak tinggal diam, dan disinilah peran orangtua sangat dibutuhkan. Jangan sampai kedekatakan keluarga hilang karena rutinitas yang padat. Itu sebabnya, dengan berlibur bersama keluarga, maka kegembiraan yang dialami bersama-sama, membuat hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih dekat dan semakin kuat satu sama lain.

Kedekatan antar anggota keluarga, sebenarnya sudah bisa tercipta sebelum kegiatan liburan tiba, semisal dengan menentukan tempat bersama, agar mereka lebih bersemangat dalam menikmati liburan. Jika langkah sederhana ini dilakukan menjadikan anak memiliki rasa akan waktu liburan tersebut, dengan begitu akan menghindari anak dari rasa bosan.

Banyak yang bisa diambil dengan belibur, dimulai dari mempererat waktu kebersamaan dalam keluarga, ternyata berdasarkan penelitian, liburan juga baik untuk kesehatan. Bahkan para dokter menyarankan untuk berlibur karena memiliki pengaruh terhadap peningkatan kesehatan dan bisa memperpanjang umur. (Inggrid)

Manfaat Mengajak Anak Berlibur :

Berlibur bisa memberikan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh anak. Selain mempererat kebersamaan dalam keluarga, berikut beberapa manfaat berlibur :

  • Menurunkan ketegangan

Kehidupan sehari-hari anak baik di sekolah maupun di rumah dapat memungkinakan mereka alami stres. Itu sebabnya anak butuh liburan, hal itu terbukti melalui adanya Penelitian dari Departemen Psikologi Universitas Tel Aviv. Mina Westman dan Dove Eden yang menemukan perasaan tertekan akan menurun signifikan selama liburan.

  • Menambah Pengalaman

Saat anak diajak berlibur, bisa jadi itu merupakan pengalaman pertama untuk mereka, dimulai dari perjalanan berangkat dimana anak melihat banyak sesuatu yang baru seperti jalanan, tempat wisata sampai kebudayaan di tempat yang akan disinggahi.

  • Menambah Pengetahuan

Berlibur juga dapat menambah pengetahuan. Menyinggahi tempat baru misalnya, mereka diajarkan mengenal nama-nama tempat atau daerah yang dikunjungi.

  • Melatih Rasa Percaya Diri

Berlibur juga dapat melatih rasa percaya diri anak, hal itu didapat dari pengalaman mereka naik pesawat, naik kapal laut, berenang di pantai, dan sebagainya, membuat keyakinan dirinya bertambah. Biarkan anak memuaskan rasa ingin tahunya saat anak menemukan sesuatu yang baru.

  • Belajar Mandiri

Tahukah Anda bahwa orang dewasa yang tidak pernah berpergian pada saat ia masih berusia anak-anak, cenderung memiliki perasaan lebih takut ketika harus melakukan suatu perjalanan. Itu sebabnya, usia balita adalah saat terbaik untuk mengajak anak berlibur, anak-anak yang biasa berpergian cenderung akan belajar meningkatkan tanggung jawab pada dirinya. (Inggrid N/dari berbagai sumber)