Akibat Olahraga Yang Berlebihan

Akibat Olahraga Yang Berlebihan
Rutin olahraga memang dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar selalu bugar dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Tapi terkadang kita lupa bila sebetulnya olahraga yang berlebihan dapat menimbulkan banyak masalah yang malah dapat membuat tubuh Anda tidak sehat dan rentan akan bahaya penyakit. 

Melakukan olahraga sebenarnya baik dilakukan tiap hari, namun porsi waktu juga harus Anda sesuaikan agar olahraga yang dilakukan mampu menunjang kesehatan tubuh Anda. Sebagian besar dokter dunia merekomendasikan waktu untuk olahraga setiap harinya adalah 30 sampai 50 menit, ukuran waktu seperti ini tergolong normal dan baik sekali untuk Anda lakukan. 

Lalu apa jadinya bila kita kerap kali melakukan olahraga yang berlebihan? Berikut informasinya untuk Anda : 

Gagal Jantung 


Olahraga yang terlalu lama dapat memicu detakan jantung lebih cepat, hal ini yang dikhawatirkan bila Anda melakukan olahraga dalam waktu yang lama.  Terlalu lelah setelah berolahraga dapat membuat jantung menjadi lemah, sehingga dapat meningkatkan resiko kerusakan pada jantung. 

Cedera


Bukan saja orang biasa, atlet sekalipun bila terlalu lama berlatih dapat sangat mudah mengalami cedera. Cedera seperti luka, keseleo sampai patah kaki atau tangan merupakan resiko yang dapat Anda alami bila terlalu lama berolahraga, dan yang banyak terjadi adalah tubuh akan menjadi nyeri. 

Mengalami sulit tidur 


Jika manfaat olahraga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dan nyaman, namun bila olahraga dilakukan secara berlebihan justru dapat menyebabkan insomnia. Karena olahraga yang berlebihan menghasilkan zat kortisol, hal ini yang menyebabkan Anda tidak dapat rileks dan membuat Anda sulit untuk tidur. 

Gangguan menstruasi 


Bagi wanita, melakukan olahraga secara berlebihan dapat menyebabkan berkurangnya lemak dalam tubuh dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat menimbulkan gangguan menstruasi yang rutin dialami kaum wanita setiap bulan, dan bila tidak segera Anda atasi, resiko lain seperti kemandulan juga dapat menghantui Anda. 


Olahraga memang baik untuk kesehatan Anda namun bila porsi yang Anda lakukan tidak sesuai atau berlebihan hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya beberapa masalah baru. Maka dari itu ketahui daya tahan tubuh Anda saat berolahraga. Salam sehat! (Abn/Ing)