Perut Langsing dan Rata, Dengan Yoga!

Perut Langsing dan Rata, Dengan Yoga!
Lima gerakan yoga yaitu bhujangasan, pavana-muktasana, bandha sarvangasana, bandha sarvangasana, dan dhanurasan dipercaya mampu mengecilkan dan memperindah bentuk perut Anda menjadi lebih langsing dan rata. 

Beberapa bulan terakhir kaum urban di kota-kota besar di Indonesia tengah digandrungi salah satu olahraga yang berasal dari India yaitu yoga. Beberapa gerakan yoga diyakini mampu memberikan efek yang positif bagi mereka yang melakukannya secara rutin. 

Salah satu manfaat dari melakukan olahraga yoga adalah dapat mengecilkan bagian perut. Yoga dapat digunakan untuk melatih otot perut. Dengan terus melakukan beberapa gerakan yoga, diyakini dapat memperindah perut Anda sehingga mampu menaikkan rasa percaya diri dengan cara yang lebih alami. 

Lalu, gerakan yoga apa saja yang dapat memperindah bentuk bagian perut Anda? Berikut informasinya, khusus untuk Anda : 

Bhujangasan 


Gerakan yoga bhujangasan atau biasa disebut Cobra Pose, berguna untuk menyembuhkan berbagai masalah di bagian punggung dan pinggang. Pertama-tama ambil posisi push up, setelah itu angkat bagian atas tubuh Anda dengan kekuatan otot punggung dan sekitar tangan. Tahan posisi tersebut sekitar 30 detik, namun jangan memaksa mengangkat terlalu tinggi cukup setinggi hingga Anda merasa sakit. Dengan terlalu memaksakan mengangkat terlalu tinggi, dapat menimbulkan cedera yang serius. 

Pavan-Muktasan  


Gerakan selanjutnya pavana-muktasana atau pavanamukt?sana, diambil dari gabungan tiga kata, yaitu pavana yang berarti ‘angin’, mukta atau mukti yang berarti ‘pembebasan’ atau ‘pelepasan’, dan asana (atau ?sana) yang bermakna sikap tubuh (postur) dalam yoga. Cara melakukannya dengan berbaring, melipat kedua kaki dari lutut. Pegang dan rapatkan jari kedua tangan kemudian bawa kedua kaki hingga menyentuh perut. Angkat kepala hingga hidung mendekat lutut. Tahan nafas kemudian kembali ke posisi semula dan buang napas.  

Bandha Sarvangasana 


Gerakan yoga bandha sarvangasana merupakan salah satu gerakan yoga yang relatif lebih mudah. Gerakan ini dimulai dengan merebahkan diri di atas matras, kemudian berdirikan lutut dengan telapak kaki lurus pada matras. Lalu perlahan-lahan angkat bokong dengan posisi tangan menyatu lurus sejajar dengan telapak kaki pada matras. Tetap bernafas teratur dan tahan selama 30 detik hingga satu menit dengan posisi leher yang rileks. 

Dhanurasan 


Gerakan yoga terakhir yang diyakini mampu mengecilkan dan memperindah bentuk perut Anda adalah gerakan dhanurasan atau biasa disebut Bow Pose. Gerakan ini merupakan salah satu gerakan yoga yang sulit untuk dilakukan karena gerakan ini menuntut kelenturan tulang belakang Anda. Cara melakukannya adalah dengan mengambil posisi push up, lalu tekuk lutut ke atas dan tahan pergelangan kaki dengan kedua tangan Anda. Angkat tubuh Anda ke atas sampai tubuh membentuk lengkungan dengan perut di lantai. Tahan posisi ini selama 30 detik.(Abn/Marini)