Tips Menghilangkan Kantuk di Siang Hari Saat Puasa

Tips Menghilangkan Kantuk di Siang Hari Saat Puasa
Di siang hari, selain rasa lapar, rasa mengantuk juga banyak menyerang mereka yang sedang   berpuasa. Hal itu jangan sampai terjadi pada Anda sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari selama bulan Ramadhan.

Salah satu hal yang menggangu aktivitas Anda saat menjalankan ibadah puasa adalah rasa kantuk di siang hari. Bisa jadi, hal tersebut dikarenakan stamina atau energi yang terkumpul saat bangun sahur terkikis habis saat siang hari. Selain itu, mengantuk saat menjalankan ibadah puasa salah satunya disebabkan karena aliran oksigen yang tidak lancar mengalir ke otak. Apalagi bagi Anda yang sudah terbiasa mengusir kantuk dengan kopi jelas hal ini sangat menggangu karena Anda tidak dapat melakukannya saat menjalankan ibadah puasa.  

Namun jangan khawatir, kami memiliki cara yang dapat mengusir rasa kantuk tanpa harus   membatalkan puasa. Berikut tipsnya untuk Anda:

Jalan-Jalan 



Saat berpuasa, Anda mungkin enggan bangkit dari kursi atau tempat duduk Anda untuk menggerakan badan Anda. Namun perlu Anda ketahui, semakin Anda terpaku pada satu tempat dan tidak berpindah, maka besar kemungkinan rasa kantuk akan sulit Anda dihilangkan. Sebaiknya, lakukan jalan-jalan disekitar tempat kerja Anda agar kembali bersemangat dan segar kembali. Berjalan-jalan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak, yang membuat saluran pernafasan lebih longgar. Lakukan ini beberapa menit dan rasakan manfaatnya. 

Rileksasi tubuh 



Ketika Anda merasa sangat mengantuk saat bekerja di bulan puasa, jangan memaksakan tubuh Anda untuk tetap bekerja. Karena jika Anda memaksa terus untuk bekerja, hasil kerja yang Anda hasilkan pasti tidak maksimal dan sempurna. Maka kami sarankan Anda untuk istirahat sejenak dan melakukan rileksasi tubuh. Rileksasi tubuh tidak harus menutup mata Anda, karena hal tersebut malah dapat membuat Anda semakin mengantuk. Dengan merileksasi tubuh dapat mengatur nafas Anda, dan hal tersebut dapat  membantu melancarkan sirkulasi udara atau oksigen ke otak. Anda dapat melakukan ini dengan   mendengarkan musik atau hal yang membuat Anda lebih semangat. 

Cuci muka
 



Ketika banyak pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan walau sebentar, namun Anda merasa sangat mengantuk ketika bekerja dan puasa dibutuhkan stimulus lain agar Anda lebih terjaga dan dapat menyelesaikan pekerjaan, salah satu cara yang umum dilakukan adalah mencuci muka. Basuh wajah   ketika wajah terasa kaku, Anda pun akan terlihat lebih segar. 

Temukan hal-hal lucu
 



Jika kepenatan yang membuat Anda sangat mengantuk, cobalah hibur diri Anda agar tidak merasa   mengantuk. Salah satu cara yang tepat adalah mencari hal-hal yang lucu yang dapat membangkitkan semangat Anda kembali. Bercakap-cakap dengan teman Anda atau membaca sesuatu yang lucu dapat menyegarkan kembali tubuh Anda dan mengikis rasa kantuk yang menggangu. 


Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menghilangkan rasa kantuknya saat menjalankan  puasa di siang hari. Cara di atas merupakan cara yang umum dilakukan kebanyakan orang, namun tahukah Anda bila suplemen juga dapat membantu membangun stamina Anda lebih baik.

Mengkonsumsi suplemen saat sahur dapat membantu menjaga stamina Anda saat menjalankan ibadah puasa di siang hari.  K-Link Indonesia memiliki beberapa suplemen yang dapat Anda coba konsumsi untuk menambah stamina Anda saat bekerja dan berpuasa, yang dapat Anda lihat disini.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengatasi rasa kantuk yang mengganggu di siang hari yang dapat berpengaruh pada kinerja Anda bekerja, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa! (Abn)