Tips Aman Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Tips Aman Melakukan Olahraga di Bulan Puasa
Saat menjalankan ibadah puasa, banyak orang beranggapan jika puasa menjadi batasan Anda   melakukan olahraga. Sehingga, tidak jarang orang bermalas-malasan dan tidak berolahraga selama   menjalankan ibadah puasa.

Padahal, saat menjalankan ibadah puasa dibutuhkan pula tubuh yang fit. Dan tubuh yang fit hanya   dapat diperoleh dengan melakukan olahraga secara rutin dan memiliki pola hidup yang sehat.   Dengan melakukan olahraga yang rutin, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa saja   menyerang Anda saat menjalankan ibadah puasa. 

Untuk dapat melakukan olahraga saat menjalankan ibadah puasa, dibutuhkan beberapa cara agar   olahraga yang Anda lakukan aman dan tidak mengganggu ibadah puasa yang Anda jalankan. Berikut   beberapa tips yang dapat  Anda lakukan agar aman melakukan olahraga saat berpuasa. 

Perhatikan waktu berolahraga



Atur waktu berolahraga Anda, jangan melakukan olahraga-olahraga berat seperti futsal, sepakbola,  basket, dan beberapa olahraga lainnya yang membutuhkan gerak lebih banyak saat pagi atau siang hari. Perhatikan waktu berolahraga Anda agar tidak mengganggu ibadah puasa, atau lakukan   kegiatan olahraga berat 1 jam sebelum berbuka. Saat pagi atau setelah sahur, lakukan olahraga   ringan yang tidak menguras banyak tenaga dan gerak otot Anda. Misalnya seperti jalan kaki atau   beberapa gerakan-gerakan olahraga ringan lainnya. 

Penuhi asupan cairan tubuh
  



Selama menjalankan ibadah puasa, otomatis Anda tidak dapat mengonsumsi banyak cairan yang   dibutuhkan oleh tubuh. Agar cairan untuk tubuh Anda terpenuhi selama berpuasa, minumlah air   putih yang cukup saat sahur dan buka puasa. Hal ini penting untuk menjaga tubuh Anda saat   melakukan olahraga. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula dan kafein saat sahur dan berbuka karena hal tersebut dapat membuat Anda mudah kehilangan banyak cairan   dalam tubuh. 

Penuhi karbohidrat saat sahur 



Untuk Anda yang memang tidak bisa lepas dari olahraga, penting bagi Anda untuk memenuhi   kebutuhan karbohidrat tubuh saat sahur. Saat makan sahur, usahakan memilih beberapa makanan  yang mengandung unsur karbohidrat yang tinggi seperti putih telor, kentang, ubi, pisang dan lain   sebagainya. Dengan cukupnya asupan karbohidrat dalam tubuh Anda, maka tubuh Anda akan   memiliki energi yang baik saat Anda berolahraga. 

Konsumsi suplemen

 


Berolahraga membutuhkan banyak gerak yang mengikis keseimbangan tubuh Anda. Karena itu,   dibutuhkan suplemen yang dapat membantu tubuh Anda agar tidak cepat kehilangan stamina  karena kurangnya beberapa asupan yang dibutuhkan oleh tubuh saat menjalankan ibadah puasa.  Cobalah mengonsumsi suplemen untuk menjaga tubuh Anda saat berolahraga selama menjalankan   ibadah puasa. 

Terdapat suplemen kesehatan berkualitas yang dapat membantu Anda menjaga stamina saat Anda   berolahraga selama menjalankan ibadah puasa, antara lain:

  • K-Liquid Chlorophyll, untuk membantu pencernaan karena kurangnya asupan serat selama  berpuasa. Kandungan oksigen dalam darah juga menjadi lebih stabil dimana K-Liquid   Chlorophyll mengikat oksigen, sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan tidak cepat lemas. 
  • K-C Susu Skim, untuk meningkatkan imunitas dan stamina tubuh selama berpuasa, sehingga   tidak mudah sakit. 
  • Organic K-Bio Green, sebagai menu tambahan pengganti asupan serat dan mencukupi   nutrisi-nutrisi yang diperlukan tubuh selama berpuasa.  

Menjalankan ibadah puasa bukan menjadi alasan Anda untuk berhenti berolahraga, sehingga   dibutuhkan beberapa hal yang dapat menjadi solusi agar puasa bukan lagi menjadi halangan Anda   untuk berolahraga. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat, dan selamat menjalankan   ibadah puasa. (Abn/Marini)