Cara Mengatasi Kendaraan Yang Sering Mogok

Cara Mengatasi Kendaraan Yang Sering Mogok
Pernahkah kendaraan Anda tiba-tiba mogok di tengah jalan? Selain memakan waktu, kendaraan mogok membuat Anda mengeluarkan biaya yang tidak sedikit karena harus membawa kendaraan Anda ke bengkel.

Penyebab mogok yang sering terjadi sebetulnya hanya ada 3 faktor, yaitu masalah bahan bakar, masalah pengapian dan yang terakhir adalah masalah pelumas mesin. Ketiga faktor tersebutlah yang merupakan penyebab utama kendaraan Anda dapat tiba-tiba mati di tengah jalan.

Lalu, adakah cara yang mudah dan tepat untuk mengatasi kendaraan yang sering mogok? Berikut adalah beberapa cara yang mungkin dapat Anda coba agar kendaraan Anda tidak mogok lagi:

Rutin Mengganti Oli



Tidak sedikit dari Anda yang kadang tidak peduli untuk rutin mengganti oli kendaraan. Padahal, rutin mengganti oli sangat penting untuk menjaga mesin kendaraan bermotor Anda agar tetap stabil. Mengganti oli secara rutin juga dapat memproteksi mesin bermotor Anda dari berbagai masalah yang mampu mengganggu performa mesin kendaraan bermotor.

Selektif Memilih Bahan Bakar




Selain oli, pemilihan bahan bakar atau bensin juga harus tepat. Hal ini penting agar komponen dalam mesin Anda tidak rusak, akibat bensin yang Anda gunakan tidak sesuai dengan komponen mesin yang ada dalam kendaraan. Walaupun sedikit mahal, cobalah untuk menggunakan bensin dengan kualitas yang baik, karena hal tersebut dapat berpengaruh pada kondisi mesin kendaraan Anda.

Rutin Service Kendaraan





Walau tidak ada masalah berarti, cobalah untuk rutin melakukan perawatan kendaraan Anda. Ini bertujuan agar Anda dapat meminimalisir masalah mesin, jika ternyata ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Rutin melakukan service juga baik bagi mesin karena saat kendaraan Anda di-service, petugas bengkel akan membersihkan komponen mesin dan ini perlu agar mesin kendaraan tetap bersih dan aman saat digunakan.

Menggunakan Oil Additive



Sebagian orang mungkin tidak paham dan tahu apa fungsi dari oil additive, padahal berbagai manfaat dapat Anda dapatkan jika menggunakan oil additive, antara lain:

  • Menjadikan mesin halus dan ringan
  • Melindungi keharmonisan kinerja mesin 
  • Mengurangi penguapan oli, dan masih banyak lainnya

Bukan hanya itu, oil additive juga baik untuk kebersihan mesin kendaraan, karena dapat membersihkan bagian dalam mesin yang kotor akibat pembakaran bahan bakar.

Tidak semua oil additive baik bagi kendaraan, karena itu pilihlah oil additive yang benar-benar teruji dan mampu memberikan bukti. Salah satu produk oil additive yang baik dan sudah teruji untuk kendaraan kesayangan Anda adalah K-Engine Power.




K-LINK Engine Power (KEP)
adalah oil additive yang memiliki kemampuan lebih, bekerja secara mendalam membersihkan seluruh ruang mesin hingga ke celah-celah terkecil, lalu mengikat kotoran dalam ruang mesin, dan selanjutnya dibuang melalui gas buang kendaraan.  Hasil dari proses bekerjanya K-LINK Engline Power dapat terasa dengan meningkatnya performa mesin serta menghasilkan penggunaan bahan bakar minyak yang semakin minim/irit. 

Banyak cara yang dapat Anda lakukan agar mesin kendaraan Anda tetap baik. Namun terkadang, beberapa hal yang sebetulnya penting sering Anda lewatkan sehingga mesin kendaraan Anda rusak dan membuat kendaraan Anda sering mogok. Karena itu, cobalah melakukan langkah-langkah di atas guna mencegahnya. Semoga bermanfaat! (Abn/Marini)