Sering Mandi Dengan Air Hangat, Hati-Hati Dampaknya!

Sering Mandi Dengan Air Hangat, Hati-Hati Dampaknya!
Mandi menjadi aktivitas rutin yang dilakukan pada pagi dan sore hari. Namun, beberapa aktivitas  terkadang memaksa Anda mandi lebih dari 2 kali, bisa 3 sampai 5 kali sehari. Mandi menggunakan air hangat memang lebih disukai sebagian orang. Suhu udara yang sangat dingin membuat mandi menggunakan air hangat lebih nyaman ketimbang menggunakan air bersuhu dingin.

Namun tahukah Anda jika terlalu sering mandi dengan air hangat dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita? Terdapat beberapa dampak negatif yang timbul bila Anda terlalu sering mandi menggunakan air hangat. Lalu apa saja dampak buruk tersebut? Berikut rangkumannya:

Berbahaya Bagi Janin



Bagi ibu hamil, disarankan untuk tidak terlalu sering mandi menggunakan air hangat. Suhu panas yang digunakan saat mandi dapat mengganggu kesehatan janin bagi ibu hamil, bahkan sampai pada tingkat ekstrim yaitu dapat menyebabkan kecacatan kelahiran bayi yang dikandung. Itulah mengapa dokter kandungan selalu menyarankan kepada para ibu yang tengah hamil muda untuk tidak menggunakan air hangat saat mandi.

Kualitas Sperma Menurun



Tidak jarang pria juga senang menggunakan air hangat untuk mandi sehari-hari. Namun hal tersebut sebetulnya sangat berbahaya untuk pria, karena kualitas sprema yang dihasilkan akan menurun. Berbeda dengan wanita, untuk hal ini pria sangat mudah mengobatinya. Cukup berhenti mandi menggunakan air hangat saja, maka kualitas sperma akan kembali baik seperti semula.

Kulit Kering



Dampak buruk akibat terlalu sering mandi menggunakan air hangat selanjutnya adalah kulit akan menjadi kering. Mengapa demikian? Saat mandi menggunakan air hangat, pori-pori yang ada di dalam tubuh kita akan terbuka, sehingga kandungan minyak dalam tubuh akan terbawa keluar. Akibatnya, kulit menjadi kasar, kering dan keriput karena kelembapannya berkurang dikarenakan kekurangan kandungan minyak. Solusinya, bagi Anda yang berkulit kering, segera oleskan pada tangan dan kaki Anda setiap habis mandi K-Care Honey and Goat’s Milk Hand & Foot Cream atau K-Care Olive Love Care Hand & Foot Cream bagi Anda yang berkulit normal dan berminyak.

Rambut Rusak



Terlalu sering mandi menggunakan air hangat sangat buruk dampaknya bagi kesehatan rambut Anda.  Keramas menggunakan air hangat atau panas sama saja merusak rambut Anda secara perlahan-lahan. Hal inilah yang biasanya sering dikeluhkan oleh kaum wanita. Pori-pori kulit kepala akan terbuka saat Anda keramas menggunakan air hangat, sehingga akar rambut yang tadinya kuat akan sedikit demi sedikit lepas dan pada jangka waktu yang panjang akan berdampak pada kerontokan.

Efek lain akibat seringnya keramas dengan air hangat adalah rambut Anda menjadi kering. Air hangat yang digunakan untuk keramas dapat membakar protein dalam rambut Anda, rambut yang kurang protein akan sangat kering dan tidak mudah diobati. Untuk mengobati dari luar, cobalah menggunakan secara rutin K-Care Honey & Goat’s Milk Hair Vitamin dan K-Care Honey & Goat’s Milk Conditioner untuk rambut normal dan kering serta K-Care Olive Love Hair Vitamin dan K-Care Olive Love Conditioner untuk rambut berminyak. Agar hasilnya maksimal, konsumsi K-Ayurveda Ayuderme dan K-Liquid Collagen sehingga dapat membantu memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhannya dari dalam.


Membiasakan diri untuk mandi tanpa menggunakan air panas adalah hal yang harus Anda lakukan saat ini. Mandi menggunakan air hangat memang sangat nyaman ketimbang mandi menggunakan air dingin, namun kurangi frekuensinya dan cobalah menggunakan air dingin juga beberapa saat setelah mandi dengan air panas.  Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda dan keluarga. (Abn/Marini)