Fakta menarik mengenai gigi

Fakta menarik mengenai gigi


Ini Fakta Mengenai Mulut Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Pernahkah Anda memikirkan betapa pentingnya keberadaan mulut? Mulut membantu Anda untuk makan, tersenyum, berbicara, membantu pengecapan dan mengunyah sehingga tubuh dapat menelan makanan dan memprosesnya menjadi lebih mudah. Dalam melakukan berbagai tugasnya, mulut dibantu oleh komponen-komponen lain seperti air liur, gigi, gusi, serta berbagai enzim. Oleh sebab itu terdapat beberapa fakta menarik seputar mulut kita yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut faktanya :

1. Dalam mulut terdapat jutaan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut.

2. Dalam fungsinya untuk membantu mengunyah makanan, mulut dibantu oleh air liur dan enzim-enzim untuk menghancurkan makanan. oleh sebab itu  mulut berperan sebagai langkah pertama dalam sistem pencernaan.

3. Tanpa adanya air liur kita tidak mungkin dapat merasakan berbagai jenis rasa. Oleh sebab itu, jika seseorang mengalami mulut kering atau radang mereka kehilangan nafsu makan akibat rasa makanan yang terasa tawar atau hambar

4. Rata-rata satu orang dapat meproduksi 100.000 galon air liur sepanjang hidupnya.

5. Lapisan gigi yang disebut email gigi merupakan substansi yang terkuat yang ada dalam tubuh kita.

6. Lapisan email gigi dapat juga terkikis akibat penumpukan bakteri, plak serta kebiasaan merokok dan konsumsi kafein yang terlalu tinggi.

7. Selain lapisan email terdapat 3 komposisi lain pada gigi kita yakni dentin. Dentin merupakan lapisan yang lebih lembut dari email dan membentuk sebagian besar gigi, lalu pulpa bagaian gigi yang memiliki pembuluh darah dan saraf, serta sangat lembut, dan yang terakhir adalah akar, yang menahan gigi agar tetap di tempat.

8. Gigi sama halnya seperti tulang manusia, mereka mengalami pertumbuhan dan pengeroposan. Hal ini sangat bergantung dari cara perawatan dan asupan nutrisi yang baik dalam menjaga kesehatannya.

9. Sama halnya seperti sidik jari, permukaan lidah setiap orang memiliki alur yang berbeda-beda.

10. Sikat gigi pertama didunia adalah menggunakan akar siwak. Hal ini dilakukan sejak zaman Rasulullah. Dan sampai saat ini banyak sekali penelitian yang menyebutkan manfaat dari akar siwak dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Nah, untuk menjaga agar gigi dan mulut kita tetap sehat sebaiknya bersihkan mulut minimal 2x sehari, gunakan pasta gigi dan sikat gigi sesuai kebutuhan, serta kurangi kebiasaan makan makanan manis, merokok, serta minum kafein.