Kenali Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya

Kenali Jenis Komedo dan Cara Mengatasinya

Setiap orang pasti menginginkan kulit wajah yang bersih dan sehat agar semakin percaya diri saat beraktivitas. Tetapi, biasanya ada beberapa hal yang dapat mengganggu kesehatan kulit wajah dan membuat diri menjadi resah karena penampilan kurang maksimal, salah satunya komedo. Komedo kerap menjadi masalah bagi banyak orang karena bisa memunculkan masalah lain seperti jerawat. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara mengatasinya agar tidak semakin parah. Karena kalau tidak, bekas jerawat dapat berubah menjadi flek hitam dan sangat mengganggu penampilan.  

Komedo terbagi menjadi dua, yaitu bintik-bintik berwarna putih (whitehead) maupun hitam (blackhead) pada bagian tertentu. Komedo sendiri berasal dari kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. 


Lalu, apa perbedaan antara whitehead dan blackhead? Dan bagaimana cara mengatasi keduanya? Yuk, simak penjelasan berikut ini: 

1. Komedo Whitehead

Komedo whitehead dapat disebut sebagai komedo tertutup. Whitehead berasal dari gumpalan minyak wajah yang berlebih, namun terjadi dibawah permukaan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak. Komedo jenis inilah yang lebih sulit untuk dikeluarkan dan berada di area T (dahi, hidung, dan dagu). 

Komedo biasanya tidak hanya disebabkan oleh sisa make-up dan debu, tetapi juga diakibatkan oleh pori-pori yang besar dan terbuka (yang biasanya dimiliki oleh jenis kulit berminyak). Kondisi pori seperti ini membuat debu dan kotoran mendapatkan tempat tinggal.

Cara mengatasi whitehead yaitu rajin membersihkan wajah. Anda tidak cukup hanya dengan facial wash saja, tetapi juga harus menggunakan milk cleanser sebelum membersihkan wajah dengan facial wash. Selain itu bisa dilakukan dengan facial alami secara rutin yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan komedo. Anda dapat memanfaatkan uapan air garam. Caranya siapkan kain handuk kecil yang lembut, sediakan air panas dengan campuran garam. Kemudian handuk direndam di dalam air uapan, lalu taruh dipermukaan wajah maksimal lima menit. Cara ini bisa membuat pori-pori terbuka, lalu setelahnya ambil komedo dengan kapas. Jika komedo sudah terangkat, jangan lupa untuk menutup kembali pori-pori dengan air dingin agar kotoran dan minyak tidak mudah menempel di pori-pori.  


2. Komedo Blackhead

Komedo blackhead biasa disebut sebagai komedo terbuka yang berupa sekumpulan minyak berlebih dan terkumpul seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam,  namun tidak tertutup oleh epitel kulit. Cara tersebut lebih mudah dibersihkan dibandingkan komedo jenis whitehead. Komedo ini berwarna kehitaman karena teroksidasi oleh udara.
Untuk mengatasi blackhead, Anda hanya perlu rajin membersihkan wajah dengan scrub. Pijat bagian wajah yang terdapat blackhead dengan menggunakan scrub. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air dingin agar pori-pori tertutup kembali. 

Cara mengatasi komedo sebetulnya sangat mudah. Anda harus rajin membersihkan kulit wajah agar terhindar dari segala jenis komedo. Untuk Anda yang memang sudah memiliki komedo whitehead ataupun blackhead pada wajah, ikutilah tips-tips tadi dengan rutin agar kulit kembali bersih dan sehat alami. (Puput/Dwita)